Connect with us

Berita Ekonomi

Denpasar Bali Dinobatkan Kota Terinovatif se-Indonesia di Ajang Innovative Goverment Award 2019

Published

on

FEM Indonesia – Pemerintah Kota Denpasar, Bali, kembali meraih penghargaan tingkat nasional, dan meraih peringkat pertama dibidang inovasi untuk kategori pemerintah kota se-Indonesia yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri dalam ajang Innovative Goverment Award 2019.

Penghargaan ini semakin menegaskan bahwa Kota Denpasar sebagai kota inovatif dan menyandang gelar sebagai kota terinovatif di Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo kepada Walikota Denpasar, IB. Rai Dharmawijaya Mantra pada acara anugerah  Innovative Government Award (IGA) 2019 di Hotel Borobudur Jakarta Pusat, Senin malam (7/10).


Penghargaan ini menjadikan Denpasar sebagai satu satunya daerah di Bali yang meraih penghargaan IGA, dan nantinya Denpasar akan mendapatkan dana insentif sebesar Rp. 9 miliar   

“Syukur di kompetisi IGA Award 2019 ini Kota Denpasar mampu meraih peringkat pertama dalam bidang pemerintahan kota terinovatif. Ini menjadi buktibahwa pelayanan Pemkot Denpasar semakin cepat, transparan, efisien dan inovatif.  Semoga Inovasi tersebut  dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” ujar Walikota Rai Mantra usai menerima penghargaan dalam keterangan siaran persnya pada hari Rabu (8/10/2019).

Rai Mantra berharap, kedepan secara keberlanjutan dapat menghadirkan inovasi-inovasi yang mampu mempermudah pelayanan bagi masyarakat Kota Denpasar.   “Untuk itu, kami mendorong OPD agar dapat terus berinovasi, serta berharap Inovasi harus terus lahir di Kota Denpasar,” lanjutnya.

Innovative Government Award (IGA) merupakan penghargaan tertinggi  yang diberikan kepada pemerintah daerah sebagai apresiasi atas inovasi yang telah berhasil dilakukan. Penghargaan juga agar dapat mendorong kompetisi positif antar pemerintah provinsi dan juga pemerintah kabupaten/kota dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Hingga saat ini, Pemkot Denpasar memiliki berbagai inovasi. Inovasi yang pertama dibuat Pemerintah Kota Denpasar dalam masa kepemimpinan Walikota Rai Mantra dan Wakil Walikota, I GN Jaya Negara adalah Sewaka Dharma. Inovasi ini  dibentuk pertama untuk merubah mindseat PNS dari dilayani menjadi melayani. “Sewaka Dharma itu berarti melayani adalah kewajiban,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Rai Mantra juga menjelaskan bahwa motto Sewaka Dharma menjadi pondasi awal dalam membangun inovasi fisik berikutnya, yakni dengan membangun Gedung Sewaka Dharma dengan konsep pelayanan terpadu satu pintu. Inovasi terus dilakukan untuk membantu dan bermanfaat kepada masyarakat, diantaranya mall pelayanan publik, Pengaduan Rakyat Online (Pro Denpasar), Revitalisasi Pasar Tradisional, Penataan Sungai, inovasi Damakesmas dan call center serta berbagai inovasi lainnya. “Tidak hanya inovasi, tetapi kita mengajak masyarakat untuk mandiri dan bersama membangun Kota Denpasar,” kata Rai Mantra.

Dalam penyerahan penghargaan tersebut, Rai Mantra juga didampingi Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Selly Dharmawijaya Mantra, Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara serta pimpinan OPD terkait lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

PLTA Batang Toru Adalah 12 Juta Batang Pohon dan Berkomitmen Melindungi Orang Utan

Published

on

FEM Indonesia – Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batang Toru menyatakan kembali komitmennya melindungi orangutan yang di luar kawasan konservasi dan kawasan sekitar area kerja PLTA di Tapanuli Selatan Sumatera Utara.

PLTA Botany Toru merupakan solusi energi bersih yang merupakan bagian darl komitmen Indonesia mengenai perubahan ikllm pada Perjaniian Paris (Paris Agreement) 2015. PLTA Batang Toru juga berkomltmen melindungi orangutan di kawasan proyeknya.

Hal itu sebagai upaya agar perlindungan orangutan lebih efektif dan PLTA Batang Toru bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan kelompok-kelompok lingkungan hidup termasuk organisasi internasional PanEco.

Langkah~langkah nyata yang diambil PLTA Batan Toru dipaparkan pada konferensi pers di Jakarta, Minggu, 22 September 2019 kemarin di SEIA, Sudirman, Jakarta.

Hadir sebagai pembicara dalam konferensi pers tersebut adalah Communications and ExternaI Affairs Director PT. North Sumatera Hydro Energy (NSHE) Firman Taufick, Senior Adviser on Environment and Sustainability PT. North Sumatera Hydro Energy (NSHE) Agus Djoko Ismanto, Biodiversity Expert of NSHE Barita Manullang, dan pengamat lingkungan hidup Emmy Hamd.

“Kami siap membantu jika dibutuhkan. Selama ini PLTA Batang Toru juga terus berkoordinasi dengan BKSDA, kelompok-kelompok lingkungan hidup dan masyarakat,” kata Firman Taufick.

Kehadiran PLTA Batang Toru sangat penting untuk lingkungan hidup terutama menjaga kelestarian bumi dari ancaman perubahan iklim. Proyek ini merupakan bagian dari upaya nasional da|am mengurangi pemanasan global melalui pengurangan emisi karbon, suatu implementasi dari Perjanjian Paris yang diratifikasi oleh Pemerintah Indonesia dalam UU No.16/2016.

Pembangkit listrik tenaga air Batang Toru dalam siaran persnya bahwa diatur untuk berkontribusi pada pengurangan emisi karbon sebesar 1,6 2,2 MTon per tahun atau 4% dari target nasional dari sektor energi, setara dengan 12,3 juta pohon.

Agus Djoko lsmanto mengatakan ada beberapa langkah nyata yang dilakukan PLTA Batang Toru dalam melindungi orangutan. Langkah-langkah itu di antaranya membentuk tim monitoring bersama. Melaksanakan kebijakan zero toleran terhadap perburuan kepada seluruh pekerja pengaman satwa yang hasilnya zero accidence satwa di areal proyek.

Kegiatan monitoring sedang diperkuat untuk menerapkan SMART Patrol. Smart Patrol akan memiliki call center, dan petugas maupun relawan dapat melaporkan secara real time. Setiap kejadian dapat dilaporkan langsung disertai foto atau video.

Selain itu, PLTA Batang Toru merekrut ahli orangutan, dan melakukan pengkayaan tanaman pakan di areal kcridor. Selanjutnya direncanakan perusahaan akan mendukung upaya penanganan konflik satwa di luar areal PLTA antara Iain dengan mendukung rehabilitasi kebun yang terganggu oleh satwa. Selain itu untuk menghubungkan habitat yang terpisah dibangun jembatan perlintasan satwa arboreal.

“PLTA Batang Toru juga melakukan pendidikan masyarakat mengenai bagaimana menangani orangutan ketika sedans turun di kebun sehingga \idak terjadi penembakan lagi. PLTA Batang Toru juga siap bekerja sama dengan pihak-pihak Iain untuk menyelamatkan orangutan sebagaimana telah disepakati dalam komitmen kerja sama pelestarian ekosistem,” kata Agus.

Menurut Barita Manullang, habitat orangutan Tapanuli tidak terganggu dengan kehadiran PLTA Batang Toru. Habitat orangutan Tapanuli tersebar di hutan-hutan dalam ekosistem Batang Toru seluas 165 ribu Ha, sebuah wilayah yang lebih luas dibandingkan dengan wilayah DKI Jakarta. Orangutan selalu bergerak berpindah tempat dengan daerah jelajah yang bervariasi antara 800 3.000 ha. Sedangkan luas tapak struktur bangunan PLTA Batang Torn adalah 122 ha atau 0,07% dari total kawasan ekosistem Batang Toru. Dengan demikian, luas areal proyek Iebih kecil dibandingkan dengan kebutuhan habitat bagi satu individu orang utan.

Emmy mengatakan upaya menjaga kelestariaan orangutan dan pembangunan PLTA Batang Toru jangan dibenturkan karena keduanya bisa saling harmoni untuk kelestarian lingkungan. PLTA Batang Toru berada di kawasan Area Penggunaan Lain (APL) yang sudah ditetapkan sejak 2004.

Proyek ini juga mempunyai dampak positif terhadap lingkungan yang luar biasa besar jika dibandingkan dengan perkebunan maupun pertambangan emas yang ada di sana. Penanganan orangutan di kawasan ini harus dengan strategi perlindungan satwa Iangka yang berada di luar kawasan konservasi. Kegiatan ekonomi masih dapat dilakukan dengan dampak minimal terhadap orang utan, bukan dengan melarang kegiatan ekonominya.

Continue Reading

Ekonomi

GBK MANDIRI ! SEE FEST 2019 Pameran Terbesar Kemasan Festival Outdoor Berbudaya Kreatif

Published

on

FEM Indonesia – Untuk pertama kalinya, festival outdoor terbesar di Indonesia, Mandiri lndonesia Senayan Festival (ISEE FEST) 2019, akan digelar di Gelora Bung Karno (GBK) pada 27 September sampai 6 Oktober 2019.

Pameran akan meliputi dari Plasa Sudirman, PlasaTimur, Parkir Timur, Plasa Tenggara, Parkir Selatan, dan Ring Road yang akan menyambut 100.000 pengunjung selama 10 hari berturut-turut penyelenggaraan.

l SEE Fest didapuk sebagai festival outdoor pertama di Indonesia dengan konsep ”Hybrid Festival” yang menghadirkan beragam fitur, antara lain produk kreatif, kuliner, kegiatan luar ruang, travel dan pameran budaya dari dalam dan luar negeri yang dapat menjadikannya sebagai salah satu pilihan destinasi keluarga sepanjang pekan.

Berkonsep event berbelanja outdoor, lSEE FEST 2019 tak cuma menawarkan tenant dengan beragam promo menarik, namun juga wahana berbagai keseruan aktivitas dan hiburan menarik bagi siapapun yang datang. Berbagai section akan menampilkan berbagai kegiatan pendukung diantaranya Outdoor Adventure, Culture Festival, GBK Race, Country Paviliun, dan masih banyak lagi.

Menurut pihak penyelenggara Amara Group, Ernst Remboen gelaran Perdana Mandiri I SEE Fest 2019 akan mengangkat tema ”Experience the Ambience”dengan menghadirkan bermacam-macam promo dari produk-produk favorit dan aktivitas untuk keluarga. Mandiri l SEE Fest jika dilafalkan juga bisa diartikan sebagai “saya datang untuk melihat festival” artinya menjadi ajakan bagi publik untuk datang dan berkunjung di pameran ll SEE Fest 2019.

“Gelora Bung Karno Jajarta, merupakan venue yang paling tepat untuk menggelar acara ! SEE Fest karena lokasinya yang terletak di jantung ibukota Jakarta. Hal ini sekaligus menjadi branding bagi Gelora Bung Karno, sebagai venue kebanggaan Indonesia yang dapat memfasilitasi public untuk dapat menikmati ruang outdoor,” papar Ernst.

Salah satu wahana yang menarik yakni Avenue of the World. Di area ini terdapat pavilion dari beberapa negara yang mengekpos budaya, heritage, dan destinasi populer di sana. Akan ada 250 booth tenant yang tampil dari berbagai produk yang menampilkan ciri khas masing-masing sesuai temanya.

Selain aktivitas belanja, lSEE FEST 2019 akan menggabungkan aktivitas menarik sesuai minat dan hobi pengunjung. Dari sekian banyak kegiatan di festival tersebut, salah satunya yakni “Republic Community’. Ini konten hiburan musik yang kami harapkan akan memberikan ruang lebih bagi musisimusisi untuk menyajikan kedekatan khusus pada para fans atau komunitasnya. Tak ketinggalan, para musisi ini aktif menggaungkan semangat persatuan dalam bingkai Pancasila selama gelaran festival.

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 4 panggung musik disiapkan selama festival dengan puluhan artis, dan musisi ternama. Sederet bintang tamu yang rencananya akan memeriahkan panggung musik I SEE FEST antara lain Andra and The Backbone, Ada Band Reunion, Atta Halilintar, Tony Q, Type X, PMR, The Groove, Gugun Blues Shelter, Pinkan Mambo, Coklat, Padi Reborn, Endah and Resha, HIVI, Disko pantera, dan Jason Ranti dan masih banyak lagi.

MAPCLUB Big Branded Bazaar juga akan hadir selama 10 hari. Berbagai kategori andalan dari MAP seperti Department Store, Fashion, Sports, Footwear, Kids, Travel & Lifestyle, serta Food & Beverage menyuguhkan penawaran spesial dengan diskon hingga 90%. Dalam Bazaar ini, Nasabah Mandiri Kartu Kredit juga akan mendapatkan keuntungan tambahan seperti additional discount 10%, tambahan discount hingga 50% dengan fiesta point, serta cicilan 0% hingga 6 bulan.

Terlebih, ISEE FEST juga semakin meriah dengan dihadirkannya Mandiri Karnaval. Mandiri Karnaval juga ditujukan sebagai ajang untuk menyosialisasikan sejumlah program dan produk anyar Bank Mandiri.

“Ini jadi bagian dari persembahan istimewa ulang tahun Bank Mandiri yang ke-21. Karnaval Mandiri akan diramaikan ribuan orang, terdiri dari jajaran direksi dan karyawan Bank Mandiri di kantor pusat, serta kantor-kantor cabang dan perwakilan anak perusahaan Bank Mandiri di wilayah DKI Jakarta, Serang, Tangerang, Bekasi, dan Bogor,” terang Rohan Hafas, Senior Vice President Corporate Secretary Group PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Selanjutnya, ada Street Food Arcade. Sesuai namanya, area ini bakal memanjakan lidah pengunjung dengan ragam sajian lezat. Mulai dari makanan yang sedang dicari di Jakarta, sampai luar negeri, semua bakal ada di sini.

Sementara itu, di area Outdoor Adventure, pengunjung bisa mendapati perlengkapan olahraga outdoor adventure. Yang unik, area ini juga menyediakan tempat khusus untuk wall climbing, dan skate park. Tiga area lain yang tak kalah menarik yaitu Mini Racing Area, Playground at The Park, dan Festival Durian

Dan, bagi penggemar otomotif jadul atau pehobi modinkasi motor, bisa langsung ke area Parjo Movement. Selama 3 hari mulai tanggal 27 sampai 29 September, Parjo (Pasar Jongkok Otomotif) menjadi ajang para incaran Modif Mania baik yang masih pemain baru modifikasi maupun lawas untuk saling beradu kreativitas. “Selain memamerkan karya modifikasi, kami juga akan berbagi ilmu dan tips mendalami ilmu modifikasi mulai dari aksesoris sampai daleman mesinnya,” ujar Gusno dari Parjo

Parjo memang dalam setiap kesempatan event-eventnya selalu menampilkan keunikan yang selalu ditunggu penggemarnya. Di sinilah para pehobi modifikasi menemukan ide-ide unik, termasuk memperoleh beragam aksesoris kendaraan yang sulit ditemukan di toko spare part biasa. Bahkan, ini menjadi ajangjualan motor-motor modif dengan harga fantastis. ISEE FEST merupakan ajang yang special disuguhkan untuk kalangan hobbies, mulai dari fashion, travelling, kuliner, music otomotif dan outdoor sport.

Jam buka festival pada Senin -Jumat mulai pukul 15.00 22.00 WIB, Sabtu mulai pukul 09.00 00.00 WIB. dan Minggu mulai pukul 07.00 WIB, dengan harga tiket masuk Rp. 25.000 untuk Senin Jumat dan Rp. 35,000 untuk Sabtu dan Minggu.

Continue Reading

Ekonomi

Platform Offline Dari India “magicpin” Social Media dan Perdagangan Pertama Rilis di Indonesia

Published

on

FEM Indonesia – magicpin, Platform ritel offline terbesar India kini telah meluncurkan bisnis operasinya di Indonesia.

Dengan cara menggabungkan aktivitas sosial dan rewards untuk mendorong perdagangan offline dan telah bertumbuh 4 kali lipat dalam 12 bulan terakhir untuk mencapai omzet penjualan sebesar US$ 0,5 miliar di toko toko offline.

Melalui magicpin, para pengguna di Jakarta sekarang bisa mendapatkan rewards dari transaksi belanja offline mereka, pengguna dapat mengetahui aktifitas orang-orang yang mereka ikuti dan orang-orang yang berada di sekitar mereka, mencari tahu tempat hang out dan rewards yang mungkin mereka dapatkan di tempat tempat yang ditawarkan khusus oleh magicpin.

Jakarta menjadi tempat peluncuran pertama magicpin di luar India. Di India, magicpin sudah beroperasi di lebih dari 50 kota, dan dengan diluncurkan operasinya di Indonesia, magicpin bertujuan meningkatkan jumlahnya menjadi lebih dari 100 kota pada akhir tahun 2019.

Dengan perpaduan yang unik antara sosial life dan rewards, magicpin bertujuan untuk memberikan lebih banyak keuntungan, pengalaman menarik dalam menggunakan aplikasi magicpin.

Co-Founder dan CEO magicpin Anshoo Sharma mengatakan bahwa Indonesia adalah market pertama kami di luar India, sebagai platform yang menggabungkan sosial life dan rewards, Indonesia menjadi pilihan pertama karena kekayaan ekosistem ritel dan outlet juga pengguna sosialnya yang banyak contohnya Instagram.

“Kami sudah memulai dengan 50.000 outlet di Jakarta dan kami percaya akan adanya potensi yang dapat berkembang dengan pesat di Indonesia. magicpin adalah platform social media dan perdagangan pertama di Indonesia, dan kami sedang menuju target penjualan yang melebihi USD 100.000.000 sampai akhir Desember 2019. Misi kami adalah untuk membantu outlet kecil maupun outlet besar dengan memberikan peluang bisnis baru dan pelanggan repeater dari smartphone mereka,” beber Anshoo Sharma

“Kami sangat mengutamakan rekan bisnis maka dari itu, mereka bisa menentukan nilai investasi pemasaran atau marketingnya mulai dari Rp 100.000 sampai dengan Rp 10.000.000  dan magicpin akan membantu memenuhi target yang mereka inginkan. Kami memberikan keuntungan yang serupa dengan apa yang dilakukan oleh google-ad untuk bisnis online, tapi kami tidak berhenti hanya dengan klik saja, bahkan kami memberikan pengunjung baru dan pendapatan kepada outlet offline yang bekerjasama dengan magicpin,” tambah Anshoo Sharma.

Dimulai dengan Jakarta, magicpin akan mengembangkan bisnisnya di 10 kota besar di Indonesia dan saat ini sedang membentuk tim yang kuat. Diluncurkan pada tahun 2015 dengan dukungan dari Lightspeed Venture Partners (Investor Snapchat), magicpin mendapatkan popularitas dengan cepat karena memiliki tujuan untuk membantu mengembangkan bisnis kecil yang sesuai dengan kebutuhan pemasaran mereka.

Serta Dikelola oleh tim manajemen yang memiliki pengalaman lebih dari 200 tahun, tujuan pokok magicpin adalah untuk memudahkan orang dalam merasakan ’magic’ disekitar mereka – dimulai dari pengguna magicpin, tempat hangout, produk, pengalaman, keuntungan, permainan, fashion, makanan, beauty, keperluan sehari-hari, hotel, tempat fitnes, alat elektronik, dan apotik.

Untuk setiap transaksi, pengguna mendapatkan rewards berupa magicpin points yang dapat digunakan untuk memperoleh layanan dan pengalaman dengan harga spesial.

Continue Reading

Trending