Connect with us

Music

Eddy Law: Cover Lagu Tanpa Ijin di Medsos Bisa Kena Denda 500 Juta dan…

Published

on

FEM Indonesia – Maraknya youtuber yang mengcover lagu-lagu hits tanpa ijin dari sang pencipta lagu dan label membuat pengacara Eddy Law bersuara keras.

Penyanyi dan praktisi hukum ini berujar bahwa para pengcover lagu bisa kena sanksi hukum penjara 3 tahun dan denda 500 juta rupiah.

“Cover-mencover lagu di kanal YouTube itu adalah pelanggaran dan bisa dilakukan upaya hukum perdata dan pidana oleh pemilik lagu, karena semuanya sudah diatur dalam Undang-undang Hak Cipta. Sanksinya 3 tahun penjara dan denda 500 juta rupiah,” kata Eddy Law dikutip dari laman Nagaswara News, Rabu (24/6/2020).

Menurut mantan pengacara Zaskia Gotik itu, tata laksana aplikasi dan pelaksanaan dari perundang-undangan tersebut juga dianggap belum maksimal. Karena masih terjadi persepsi dan tafsiran yang berbeda pada tindak pidana antara diantara penegak hukum.

“Undang-undang Hak Cipta No.28 Tahun 2014 sudah jelas mengenai sosialisasi antar lembaga pemerintahan dengan lembaga kolektif nasional. Begitu juga LMKN dengan para pemegang Hak Cipta dan pemegang hak terkait, yaitu para pelaku pertunjukan,” jelasnya lagi.

Eddy melihat trend medsos YouTube di Indonesia acapkali dianggap membuat orang kebablasan. Terutama dalam mencover karya lagu yang dirilis oleh label musik tempat artis bernaung. Sehingga, kegiatan cover lagu di Youtube berujung kepada penyelesaian kasusnya di pengadilan.

Eddy Law yang baru saja menyelesaikan gelar doktoralnya dalam bidang Hak Cipta di UNDIP Semarang mengharapkan, para YouTubers agar lebih melek hukum. Apalagi selama ini mereka juga bekerja dengan menjunjung kreativitas dan karya cipta.

Music

“Trilogi”, Menandai Kemunculan Lagi Band Bagindas

Published

on

FEM Indonesia – Di masa pandemi yang berkepanjangan dan belum menentu kapan berakhirnya, band Bagindas yang pernah lama tak muncul, kini kembali eksis berkarya dengan mengeluarkan single triloginya.

Menurut Andra sang vokalis Bagindas, grup bandnya menandai akhir tahun 2020, dengan akan langsung merilis 3 single baru yang saling bertautan. Baik lirik, cerita, musikalitas dan temanya.

“Dari trilogi tersebut, kami ingin memberikan sesuatu yang berarti dan bermakna dalam menjalani hidup kepada masyarakat,” ungkap Andra, ditemui di kawasan Bangka, Kemang Jakarta, Kamis (26/11).

Sebelumnya, kata Andra telah rilis duluan beberapa waktu lalu single pertama di pasaran, berjudul “Dari Mata Turun Ke Hati”. Bahkan di akun official YouTube Bagindas, lagu “Dari Mata Turun Ke Hati” telah mencapai 2,8K. Padahal, Bagindas sendiri lama tak berkarya.

“Ini kemunculan karya Bagindas yang luar biasa, karena meski masih dalam situasi pandemi covid-19, kami masih berusaha eksis dan tetap berkarya untuk musik Indonesia dan para fans Bagindas,” jelas Andra.

Adapun single yang kedua dalam trilogi telah di rilis Rabu (25/11) lalu, berjudul “Begitu Dalam” ciptaan Mike Christian, bercerita tentang seorang kekasih yang bertahan dengan kondisi sakit hati.

Lantaran, pasangan kekasihnya mulai seenaknya dan ingin menang sendiri dalam hubungan percintaanya.

Continue Reading

Music

“Terlanjur Kaya” 1 Juta Viewer, Marisha Putri Siapkan Single Baru

Published

on

FEM Indonesia – Tak disangka, single perdana “Terlanjur Kaya” Marisha Putri mendapat respon yang cukup baik dari masyarakat.

Terbukti, sejak tayang di Youtube langsung hingga November telah memperoleh viewers lebih dari 1 juta.

“Jadi tambah semangat untuk next single karena single perdana dilancarkan hingga sekarang melewati 1 juta viewer. Terima kasih buat yang udah nonton dan komen positif di video aku,” tutur Marisha dikutip dari Nagaswara News, Selasa (24/11/2020).

Pada awalnya, penyanyi blasteran Sunda – Malaysia tak menyangka single “Terlanjur Kaya” begitu cepat diterima pecinta musik dancedhut tanah air. Padahal, kondisi pandemi Covid 19 yang merebak, membuat proses promosi agak tertahan.

“Kalau ketemu orang aku selalu ajak untuk nonton ‘Terlanjur Kaya’ dan subscribe YouTube Nagaswara official,” bebernya.

Continue Reading

Music

Merasa Tertantang, Penyanyi Keizo Siapkan Single Baru Era 80n

Published

on

FEM Indonesia – Penyanyi solo, Keizo kembali akan menyiapkan single baru yang berbeda dari biasanya.

Pasalnya, pria yang juga berprofesi MC kondang ini mencoba menyajikan ulang single yang pernah dipopulerkan penyanyi di era 80an, Richie Ricardo.

“Lagu lama Richie Ricardo menceritakan tentang keinginan untuk kenalan dengan sosok yang manis,” beber Keizo dikutip Nagaswara News, Selasa (24/11/2020).

“Meskipun Keizo merasa keluar, dari zonanya, namun Ia coba memberikan kemasan musik yang disebut sebagai genre pop light disco-funk. Dengan metode menantang,” tambah pemilik nama lengkap Hendra Mckeizo ini.

Memahami soal tantangan dan ekspektasi dari masyarakat, Keizo mengaku akan lebih berat menyanyikan kembali lagu yang pernah beken berat.

“Yang istimewa, lagu ini legend, nadanya catchy dan tantangan bagi saya untuk membawakan lagu legend, semoga diterima masyarakat,” pungkas Keizo. Kita tunggu saja kabar selanjutnya…

Continue Reading

Trending