Connect with us

Tekhnologi & Gadget

ESRI Indonesia Luncurkan Geoportal, Lacak COVID-19 Secara Real-Time

Published

on

FEM Indonesia – Pusat Dukungan Darurat Geospasial (ESSC) Esri Indonesia, baru-baru ini resmi meluncurkan Geoportal COVID-19.

Hal itu untuk membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam mengambil tindakan pencegahan terhadap penyebaran virus di Indonesia.

Dr Achmad Istamar, CEO Esri Indonesia memaparkan, Geoportal COVID-19 berfungsi sebagai sarana informasi kesehatan bagi masyarakat yang mengintegrasikan informasi dari instansi pemerintah terkait dan memvisualisasikannya pada dasbor pemetaan yang dinamis sehingga dapat menyajikan gambaran yang aktual kepada para pengguna mengenai wabah tersebut saat kasusnya terungkap.


Pemanfaatan teknologi geospasial memang sangat tepat untuk digunakan pada situasi darurat seperti ini. Sejalan dengan apa yang diungkapkan oleh salah satu pembicara di webinar Esri Indonesia “Introducing Onemap.id & Prevention Act in a State of COVID-19”, dr. Fedri Ruluwedrata Rinawan, M.ScPH., Ph.D.

“Sebagai dokter yang mempelajari kesehatan masyarakat dan geospasial, teknologi geospasial sangat membantu dalam memodelkan pergerakan dari faktor utama pandemi ini, yaitu Biological Factor of the Virus, serta aktivitas manusianya atau persebarannya. Oleh karena itu, perlu ada kolaborasi antar berbagai bidang ilmu seperti dokter, ahli teknologi, geospasial, matematika, dan bidang lainnya untuk membantu pemerintah menentukan arah kebijakan terkait pandemi, dan teknologi geospasial merupakan salah satu sarana yang tepat untuk kolaborasi tersebut,” ungkap dr. Fedri dikutip dari siaran persnya pada hari Senin (30/3/2020).

Saat ini, dasbor Geoportal COVID-19 memetakan jumlah kasus yang telah terkonfirmasi dan dalam masa perawatan, jumlah kematian akibat wabah tersebut dan jumlah pasien yang telah sembuh, serta wilayah di mana infeksi COVID-19 terdeteksi.

Dasbor ini juga menampilkan sejumlah dataset penting mengenai fasilitas transportasi yang tersedia, petunjuk peringatan perjalanan dan rumah sakit rujukan utama untuk kasus COVID-19. Seluruh data bersumber dari lembaga pemerintah seperti Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perhubungan. Dasbor juga menampilkan feed twitter langsung dari lembaga pemerintah terkait seperti Kementerian Kesehatan, Organisasi Kesehatan Dunia dan kantor Presiden Jokowi.

“Di saat seperti ini, ketersediaan data dan informasi dari pihak yang berwenang untuk seluruh otoritas lokal dan masyarakat sangat penting dalam merencanakan tindakan pencegahan demi mencegah penularan virus secara lokal. Hal yang paling penting, memiliki portal satu atap untuk seluruh informasi akan menghindari penyebaran informasi yang salah dan berita palsu yang memperparah krisis kesehatan masyarakat ini,” papar Dr Istamar.

Dr Istamar juga menjelaskan bahwa Geoportal COVID-19 dibangun pada pendekatan berbasis inisiatif ArcGIS Hub yang bertujuan untuk mempromosikan keterlibatan dan kolaborasi yang lebih besar antara lembaga-lembaga pemerintah, kelompok-kelompok nirlaba dan para akademisi.

“Mengadopsi pendekatan ini memungkinkan kita untuk tidak hanya menyediakan visualisasi peta tetapi juga data, Application Programming Interface (API), dan layanan yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk membuat aplikasi mereka sendiri tanpa memerlukan keterampilan pemrograman,” katanya.

Dr Istamar menyoroti SiCOVID Hub milik Universitas Indonesia dan COVID-19 Hub milik Universitas Brawijaya Malang sebagai contoh yang luar biasa mengenai bagaimana sejumlah organisasi dapat memberdayakan masyarakat untuk membuat pendekatan inovatif dalam menyelesaikan tantangan yang ditimbulkan oleh COVID-19.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tekhnologi & Gadget

Tehnologi Samsung OLED TV Manjakan Penyuka Home Entertainmen

Published

on

FEM Indonesia – Kendati gadget sudah menjadi kebutuhan namun televise masih sesuatu yang harus ada. Terlebih seiring perkembangan tehnologi yang terus maju, kualitas gambar dengan warna warni akurat, ditunjang dengan audio yang dinamis dan powerful serta desain minimalis yang enak dipandang, semakin menambah pengalaman home entertainmen.

Adalah Samsung yang menghadirkan OLED TV dengan kelebihan yang dimiliki semisal tehnologi display dan suara yang nyaman di dengar.

“Keseruan nonton bareng bersama keluarga atau teman akan lebih seru dengan Samsung OLED TV yang didesain minimalis dan estetik. Ini karena kualitas gambar dengan jutaan warna yang Wow berkat teknologi Full RGB OLED Display yang sudah tervalidasi Pantone. Ditambah lagi, kualitas teknologi suara Dolby Atmos yang menambah seru menonton seperti di bioskop,” ujar Head of Product – AV Business, Samsung Electronics Indonesia, Ubay Bayanudin.

Melalui siaran pers, Ubay menambahkan, selain sebagai perangkat home entertainment, Samsung OLED TV juga memiliki fitur Smart Home yang mampu terhubung dengan berbagai perangkat pintar di rumah.

“Makanya menjadi lebih mudah diatur dengan adanya SmartThings yang terkoneksi dengan Smartphone. Walau terkoneksi dengan banyak perangkat lain, keamanan data tetap terjaga dengan perlindungan Knox,” katanya lagi. 

Diketahui, ketiga rahasia produk ini antara lain tehnologi full RGB OLED Display yang sudah tervalidasi Pantone sehingga dapat menikmati gambar yang realistic. Apalagi telah dilengkapi fitur EyeComfort Mode yang akan menyesuaikan tingkat brightness dan tone warna sesuai kondisi pencahayaan di luar. Pun audio menggunakan sound Wireless Dolby Atmos untuk kualitas 3D surround, dimana suara yang dihasilkan tak hanya dua sisi namun sisi atas, bawah dan belakang dengan fitur Object Tracking Sound+ (OTS+) dan Multi-directional speaker 4.2.2 channel dan output 70 watt akan menghasilkan kualitas suara yang bergerak dinamis mengikuti pergerakan dalam adegan yang ditonton. Ada pula fitur Q-Symphony 3.0 yang berfungsi mengharmonisasikan suara yang dikeluarkan TV dan perangkat Soundbar.

Selain itu Samsung OLED TV pun didukung 4 port HDMI 2.1 sehingga lebih mudah terhubung ke berbagai macam konsol game favorit. Apalagi TV ini sudah diperkuat beberapa fitur gaming yang spesial. Fitur Motion Xcelerator Turbo Pro (4K@144Hz) memungkinkan pengguna menikmati pengalaman gaming dalam visual yang tetap tajam dan jernih bahkan saat memainkan game-game berkecepatan tinggi dalam resolusi 4K. Sedangkan fitur AMD FreeSync Premium akan menyinkronkan frame rate TV dengan GPU secara baik, sehingga dapat menikmati gameplay tanpa efek tearing dan stuttering, serta rendah latency. Sementara panel Game Bar akan membantu memiliki visibilitas yang lebih baik terhadap map dan meningkatkan akurasi dalam permainan. 

Adapun Samsung OLED TV diperkuat Neural Quantum Processor 4K, dimana fitur Multi-View dapat menampilkan hingga 2 layar berbeda dengan suara terpisah yang bisa didengarkan melalui Galaxy Buds.

Sedangkan dengan ke SmartThings, pengguna bisa menjalankan 3D Map View UI dan mengelola berbagai perangkat pintar di rumah serta memeriksa penggunaan daya listriknya. Juga dengan IoT Hub yang sudah built-in di dalamnya sehingga dapat mengelola berbagai perangkat IoT yang ada di rumah.

Melalui website resmi Samsung.com, Samsung OLED TV terdiri dari beberapa pilihan ukuran layar mulai dari 55 inci, antara lain OLED TV S90C dibandrol Rp 24.999.000 (55 inci), Rp 38.999.000 (65 inci), Rp 69.999.000 (77 inci) serta S95C dihargai Rp 43.999.999 (65 inci). [foto : dokumentasi/teks : denim]

Continue Reading

Tekhnologi & Gadget

Penuhi Standar Uni Eropa, Apple Rilis iPhone 15 dengan Prosesor Baru Chip 17 dan USB C

Published

on

By

FEM Indonesia – Apple resmi meluncurkan seri ponsel terbarunya iPhone 15 secara global pada hari Rabu (13/09/23) pada pukul 00:00 waktu setempat.

Untuk isinya kali ini mengalami berbagai perubahan, di antaranya penggunaan USB – C demi memenuhi standar Uni Eropa, Fitur Dynamic Island di semua varian, penggunaan prosesor Baru Chip A17 dan pastinya sudah bisa dual SIM (eSlM) dan memiliki jaringan yang support 5G.

@javasim_id dengan produk yang dihadirkan sangat support dengan teknologi terbaru saat ini. Ada eSlM dengan jaringan SG yang mampu menjangkau hingga ratusan negara di dunia, sehingga kemudahan internet bisa dirasakan oleh customer @javamifi dan @javasim_id.

Keunggulan iPhone 15

iPhone 15 memiliki layar Super Retina XDR berukuran 6,1 inci yang akan memberikan kualitas gambar yang luar biasa yang mendukung teknologi ProMotion yang menawarkan refresh rate hingga 120Hz, sehingga memberikan tampilan yang halus dan responsif.

iPhone 15 ditenagai oleh chip A16 Bionic buatan Apple, yang merupakan salah satu chip paling canggih di pasaran saat ini. Dengan prosesor CPU dan GPU yang kuat, iPhone 15 mampu menghadapi tugas-tugas berat seperti pengeditan video dan bermain game dengan mulus. Chip A16 Bionic juga didukung oleh mesin kecerdasan buatan yang meningkatkan kinerja dan efisiensi baterai.

iPhone 15 dilengkapi dengan sistem kamera Pro yaitu kamera utama 108MP dengan bukaan besar. Ini menghasilkan foto-foto berkualitas tinggi, bahkan dalam kondisi cahaya rendah. Selain itu, terdapat kamera ultra-wide 12MP dan telefoto 12MP, sehingga pengguna memiliki fleksibilitas lebih dalam mengambil gambar dengan berbagai sudut dan jarak. 

Teknologi Deep Fusion dan Smart HDR 4 meningkatkan kualitas gambar lebih lanjut. Mode malam yang diperbarui memungkinkan Anda untuk mengambil foto berkualitas tanpa menggunakan flash. Fitur video ProRes juga memungkinkan untuk merekam video berkualitas cinema langsung dari iPhone 15.[foto : istimewa]

Continue Reading

Tekhnologi & Gadget

Dibandrol 3 Jutaan Rupiah, realme 11 Resmi Dijual Offline maupun Online

Published

on

FEM Indonesia – Melihat antusias positif terhadap kehadiran realme 11 pada Agustus, mulai September smartphone terlengkap dengan pengisian daya 67W tercepat di segmennya ini membuka open sale di seluruh Indonesia, baik online maupun offline, yang bersamaan dengan peluncuran realme C51, realme Buds Air 5 dan realme Buds T300.

Sekedar mengingatkan, seperti dalam rilis yang diterima, realme 11 menawarkan pengalaman menyeluruh melalui beragam spesifikasi serta fitur terbaik dan terlengkap di segmennya. Mulai dari 67W SUPERVOOC Charge, chipset MediaTek Helio G99, memori penyimpanan 256GB, disertai 108MP ProLight Camera dengan 3x In-sensor Zoom serta Glory Halo Design.

“Kami berterima kasih atas antusiasme masyarakat Indonesia yang sangat tinggi akan smartphone terbaru kami sejak kehadirannya pada Bulan Agustus lalu. Mulai hari ini seluruh anak muda di Indonesia bisa memiliki realme 11 dan produk terbaru kami lainnya dari smartphone realme C51 sampai TWS realme Buds Air 5 dan realme Buds T300 yang tidak kalah menarik. Rangkaian produk terbaru dari realme ini akan membawa pengalaman para pengguna ke tingkat yang lebih baik melalui perpaduan teknologi dan desain yang leap-forward,” urai Marketing Director realme Indonesia, Michonne Wang di Jakarta, Senin (4/9).

Ia menambahkan selain menghasilkan detail dan ketajaman yang lebih baik, kamera pada smartphone seharga 3 jutaan rupiah ini juga mampu menyajikan keakuratan warna yang sangat baik antara hasil foto dengan subjek aslinya. 

Di sisi lain, realme 11 hadir dengan Glory Halo Design sehingga memberikan identitas berbeda layaknya mahkota jam tangan kelas atas yang sangat klasik namun tetap elegan. Panel bodi belakang smartphone ini juga tampil memukau dengan Starlight Texture dan S-shaped Shadow, membedakan smartphone ini dengan pesaing lain di rentang harga yang sama. Pun dengan kehadiran NPC semakin melengkapi realme 11 yang memberikan jaminan 48 bulan jaminan kelancaran untuk smartphone ini.

Serta turut menghadirkan layanan purnajual Leap Up Service pada setiap pembelian realme 11 Series meliputi gratis pemasangan stiker bergambar edisi khusus, perpanjangan masa pergantian produk serta gratis penggantian screen protector. 

Sementara itu, bersamaan dengan open sale realme 11, sejak 28 Agustus, Erajaya mengadakan Gadget Fair di Mall Panakukkang Makassar. realme juga menyiapkan promo khusus selama acara berlangsung, di mana 100 pembeli pertama yang membeli produk realme apapun dengan minimum pembelian Rp 2 juta dapat mendapatkan gift box berisi hadiah menarik. [foto : dokumentasi/teks : denim]

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending