Connect with us

Lifestyle

Komunitas SaveJanda Protes, Kata Janda Diganti Prelove Partner

Published

on

FEM Indonesia –  Kembali penggunaan kata janda yang kurang tepat digunakan untuk menambah riuh ruang media sosial oleh seorang figur publik.

Kali ini kata sakti, yang akan cepat menarik perhatian warga netizen dan menimbulkan pro dan kontra tersebut, tertuang dalam cuitan Henry Manampiring, penulis buku non-fiksi terkenal di kalangan muda seperti Filosofi Teras dan The Alpha Girl’s Guide.

Dalam cuitannya di platform Twitter, Henry melalui akunnya @newsplatter berkata, “Istilah janda dan duda sebaiknya diganti preloved partner”. Setuju?”. Sontak cuitan Henry tersebut disambut marak oleh warga netizen, termasuk tuaian kemarahan yang diterima oleh Henry dari para aktivis perempuan, khususnya janda.

Mutiara Proehoeman yang merupakan founder dari komunitas Save Janda, membalas cuitan Henry melalui akun @proehoeman, “Hai Henry, di saat kami dan teman-teman di @SaveJanda sedang berusaha untuk meminimalisir stigma janda di masyarakat, anda justru menambah beban kami atas apa yang sedang kami perjuangkan. Preloved sama saja kata kerennya untuk bekas #lawanstigmajanda”.

Myrna Soeryo praktisi humas, content creator isu pemberdayaan perempuan sekaligus satu satu co-founder komunitas Save Janda pun bersikap bahwa hal itu sangat memprihatinkan bahwa kembali kata janda dipergunakan oleh seorang figur publik untuk menarik perhatian di ranah media sosial.

“Janda seolah sudah menjadi kata sakti, agar segera dapat meraih popularitas dari warga netizen, tanpa memperdulikan stigma negatif yang terbentuk serta semakin membebani mental seorang janda dalam menjalani hidupnya,” ujarnya

“Kalau kita merujuk kepada KBBI, jelas bahwa kata janda hanyalah sebuah status dan tidak ada makna negatif di balik kata tersebut. Namun, karena pandangan misogini serta tatanan sosial patriarki, kata janda banyak dilekatkan dengan padanan kata yang bermakna negatif sehingga membentuk persepsi tidak baik di mata masyarakat terhadap kata janda. Sangat disayangkan seorang penulis buku terkenal yang memiliki perhatian besar terhadap isu-isu kesetaraan perempuan, justru juga bisa membuat pernyataan yang salah mengenai kata janda dan ikut serta menambah pembentukan persepsi negatif terhadap janda,” tambah Myrna.

Menurutnya, berdasarkan data dari mesin pencarian Google, dalam waktu hanya 0.49 detik, ada 31.800.000 pencarian terhadap kata janda. Suatu angka pencarian yang fantastis sehingga membuat banyak tulisan di media daring menggunakan kata janda.

Hal ini juga dialami oleh komunitas Save Janda, di mana akun resmi Instagram @save_janda juga dipalsukan oleh akun lain yang menirukan nama akun resmi tersebut, tetapi malah berisikan foto-foto perempuan tak senonoh.

“Sudah saatnya, kita bersama-sama menghentikan pembentukan stigma negatif terhadap kata janda. Banyak janda-janda muda di daerah-daerah yang kesulitan mencari nafkah akibat stigma negatif tersebut. Dagangannya menjadi tidak laku, hanya karena ia berstatus seorang janda. Atau ia dijauhi oleh tetangga-tetangga perempuannya, karena takut suaminya bakal direbut karena janda dianggap sebagai pelakor (perebut laki orang), hanya karena ia berstatus janda. Justru sebagai anggota masyarakat yang baik, kita harus membantu para janda ini agar dapat menjadi perempuan yang berdaya sehingga mereka dapat memberikan penghidupan yang layak bagi keluarganya. Sehingga tidak ada lagi seorang janda pun yang takut diberi label kata janda, karena janda hanyalah sebuah status,” tandas Myrna.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lifestyle

Mariah Carey Makin Kece Pakai Perhiasan Buatan Indonesia

Published

on

FEM Indonesia – Wanita dan perhiasan bagai tak terpisahkan. Dengan mengenakan perhiasaan, semisal anting, gelang maupun kalung, penampilan wanita yang memakainya dipastikan tampak anggun, terlebih dikenakan sebuah acara.

Ini pula yang dilakukan penyanyi Mariah Carey yang belum lama hadir dalam acara Good Morning America. Diva asal Huntington New York itu mengenakan anting emas buatan Indonesia.

Hal tersebut diakui Creative Director dari UBS Gold, Erwin Suganda. Kata Erwin, Mariah Carey bukanlah biduan pertama yang memakai perhiasan UBS Gold.

“Sebagai brand perhiasaan asal Indonesia, kami sangat bangga melihat koleksi UBS Gold makin di lirik para selebritis Hollywood. Apalagi, kedua perhiasaan yang dikenakan Mariah Carey dan Carrie Underwood murni buatan anak bangsa,” jelasnya.

Erwin menambahkan anting dengan sentuhan emas yang dipakai Mariah Carey yang dipadu batu zirconia menampakkan karakter penyanyi lagu Hero, Vision of Love hingga We Belong Together ini kian elegan serta mempesona. Terlebih bentuk lingkaran pada anting-anting memiliki makna infinity dan didefinisikan sebagai kreatifitas yang tiada henti dari seorang musisi.

“UBS Gold akan terus memberikan inovasi baik secara customer experience lewat penggunaan produk perhiasan emas maupun logam mulia. UBS Gold memiliki visi sebagai Brand Lokal yang Berkelas Dunia, oleh karena itu sebuah kebanggan bagi bahwa perhiasan emas kami bisa dikenakan oleh musisi internasional. UBS Gold percaya produk perhiasan karya anak bangsa ini sangat berharga dan dapat bersaing di kancah Internasional,” urainya.

Sementara, sambung Erwin, Carrie Underwood telah memakai perhiasaan UBS Gold kala menghadiri Academy of Country Music Awards 2020. Kemudian kali kedua mengenakan anting-anting warna yellow gold dan white gold dengan motif ragam Indonesia ketika membawakan salah satu lagu dari Album Gift. Album Underwood ini merupakan hadiah Natal special yang dikemas secara mewah dan indah. [foto : @thearchshow/teks : denim]

 

Continue Reading

Lifestyle

Pepsodent Active Defense Mouthwash, Bantu Kurangi Virus SARS-CoV-2

Published

on

FEM Indonesia – Teknologi cetylpyridinium chloride (CPC). ternyata efektif mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 hingga 99,9% dengan waktu kontak 30 detik.

Hasil uji awal menunjukkan bahwa penggunaan mouthwash dengan teknologi CPC berpotensi memiliki peran penting untuk melengkapi anjuran 3M sebagai langkah pencegahan untuk membantu mengurangi transmisi COVID-19, saat digunakan sesuai dengan aturan pada kemasan.

CPC juga dikenal efektif mengatasi berbagai penyakit dan masalah mulut lain dengan sifat anti virusnya.

“Di tengah situasi pandemi yang masih mengkhawatirkan, studi awal kami menunjukkan hasil yang menjanjikan. Teknologi CPC yang kami gunakan telah dikenal oleh industri perawatan gigi dan mulut karena kemampuannya dalam mengurangi bakteri, mencegah plak gigi dan peradangan gusi–tanpa mengganggu keseimbangan bakteri baik di dalam rongga mulut,” jelas Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc. selaku Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation, dalam keterangan siaran persnya, di Jakarta, Selasa (8/12/2020).

Mirah menambahkan, Pepsodent Active Defense Mouthwash yang mengandung CPC dapat merawat kesehatan gigi dan mulut sekaligus menjadi cara tambahan yang potensial untuk membantu mengurangi transmisi COVID-19.

drg. Tritarayati, SH, MHKes selaku Ketua Komite Kesehatan Gigi dan Mulut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menuturkan bahwa tengah ketidakpastian mengenai kapan virus ini akan terkendali, ternyata masih banyak masyarakat yang salah paham mengenai risiko penularan COVID-19.

Selain di saluran pernafasan, banyak riset menunjukkan bahwa virus SARS-CoV-2 juga terdapat di rongga mulut orang yang terinfeksi, terutama di air liur . Hal ini harus kita waspadai karena di dalam 1 ml air liur terdapat lebih dari 1 juta partikel virus.

“Sementara, data terbaru dari CDC menunjukkan bahwa lebih dari 50% penyebaran virus SARS-CoV-2 berasal dari kasus konfirmasi tanpa gejala yang berada di sekitar kita,” kata drg. Tritarayati

Unilever telah mempubilkasikan hasil penelitian sebelumnya tentang efek mouthwash yang mengandung CPC pada pengganti virus corona di platform riset biologi Biorxiv , yang juga memperlihatkan bahwa Pepsodent Active Defense Mouthwash yang mengandung 0,07% CPC bekerja efektif mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 hingga 99,9% dengan menargetkan dan menghancurkan selubung lipid dari virus tersebut.

Dalam studi yang membandingkan produk ini dengan produk mouthwash yang mengandung etanol, campuran enzim, dan zinc sulfat ini, hanya teknologi CPC yang hingga saat ini menunjukkan hasil yang konsisten dan positif.

Continue Reading

Ekonomi & Bisnis

“Harbolnas 2020”, Zalora Gandeng Nicholas Saputra, Baim dan Paula

Published

on

FEM Indonesia – Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS) yang bulan ini jatuh pada 12 Desember atau 12.12 juga diikuti Zalora. Malah pesta diskon terbesar akhir tahun dengan promo dan hadiah menarik telah Zalora mulai 1 hingga 17 Desember 2020.

Sedangkan pada 12 Desember, hadiah ratusan juta rupiah serta diskon sampai 90% akan berlangsung dengan gratis ongkir dan cashback tanpa batas. Hal ini diungkapkan CEO Zalora, Anthony Fung.

“9 tahun sudah Zalora selalu berpartisipasi dalam perayaan 12.12 HARBOLNAS, kami selalu bersemangat menyiapkan pesta diskon terbesar di akhir tahun ini karena antusiasme masyarakat yang memang terus meningkat setiap tahunnya. Berbeda dari biasanya, selain diskon hingga 90% kami juga menyiapkan voucher tambahan hingga lebih dari 40% pada saat flash sale, gratis ongkir dan cashback tanpa batas yang tidak bisa dilewatkan,” paparnya dalam rillis belum lama ini.

Bahkan untuk menarik perhatian konsumen, pihaknya telah mengajak selebritas untuk meramaikan HARBOLNAS tersebut dengan menawarkan hadiah yang wah.

“Semakin menariknya lagi, kami siapkan hadiah hingga ratusan juta rupiah yang diramaikan oleh Nicholas Saputra, Baim Wong, juga Paula Verhoeven,” tambah Anthony.

Disebutkan kehadiran Nicholas Saputra akan dilangsungkan pada 12.12. Saat itu konsumen berkesempatan belanja, berinteraksi serta mendapatkan hadiah langsung melalui Instagram Live @zaloraid. Sementara Baim Wong dan Paula Verhoeven akan menemani konsumen sejak 1 hingga 17 Desember melalui YouTube Baim Paula. Ratusan hadiah berkesempatan diperoleh konsumen hanya dengan berbelanja minimal tiga ratus ribu rupiah.

Tidak hanya itu, pada 12.12, Zalora juga telah menyediakan kejutan hadiah dari Game Collect & Win dan Social Media Giveaway. Selain itu guna memudahkan pembayaran, Zalora memberikan opsi lain yakni Kredivo, selain melalui Cash on Delivery, Bank Transfer Virtual Account, Kartu Kredit, Zalora wallet atau store credit dan GoPay. Untuk lebih jelas detail dapat dilihat di sosial media/website/aplikasi Zalora atau https://www.zalora.co.id. [foto : dokumentasi/teks : denim]

 

Continue Reading

Trending