Movie & TV

Program Baru RTV, Manjakan Anak & Pemirsa Indonesia

Redaksi •    01 April 2017 | 17:20:43 WIB
Prahara Persatuan Artis Film Indonesia
( Foto:FEM | REDAKSI )

FEM Indonesia - Perkembangan dunia penyiaran membuat pilihan program acara semakin bervariasi. Pemirsa dengan berbagai kalangan usia, termasuk anak-anak menghabiskan sebagian waktunya untuk menonton televisi. Oleh sebab itu, televisi juga turut berperan dalam tumbuh kembang anak.
 
Prinsip kehati-hatian sangatlah penting dalam membuat sebuah tayangan, karena televisi memiliki kewajiban moral untuk menyajikan tayangan yang tepat dan sesuai untuk perkembangan anak. Tidak jarang, banyak hal yang negatif dan kurang pantas ditonton oleh anak-anak sehingga timbul dampak yang kurang baik.
 
“RTV sejak awal sangat peduli tentang hal ini. Kami berkomitmen untuk menyajikan tayangan yang layak ditonton oleh anak agar tidak berdampak buruk bagi tumbuh kembangnya. Program anak RTV tidak hanya tontonan yang bermanfaat dan ramah anak, namun juga edukatif dan penuh kreativitas”, demikian Artine S. Utomo, Direktur Utama RTV pada jumpa persnya yang digelar beberapa waktu lalu di JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan.
 
Berbagai program anak RTV telah mendapat apresiasi dari stakeholder. Di antaranya: Fun Time meraih penghargaan sebagai “Program Anak Terbaik 2016” di Ajang KPI Award 2016. Cocomong menjadi Nominator “Program Animasi Asing Terbaik dalam “Malam Apresiasi TV Ramah Anak KPI 2016”.
 
Olimpiade Indonesia Cerdas mendapatkan apresiasi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam “Anugerah Peduli Pendidikan 2015”. Syamil & Dodo menjadi Nominator “Program Anak Terbaik Anugerah KPI 2014”. RTV saat ini juga menayangkan beragam program anak lainnya yaitu Cloud Bread, Pororo, Robocar Poli, Toyo, Chugginton, Rainbow Ruby, Jungle Book, Diva The Series. 
 
Di bulan April mendatang, RTV juga akan memberi sajian unggulan terbaru produksi inhouse yakni Dubidubidam, dan Fun Time yang menambah durasi menjadi 60 menit. Selain itu ada pula program baru Hi-5, Rainbow Ruby, Regal Academy dan Winx Club dengan banner Super Girly.
 
Untuk pemirsa penggemar Mega Aksi dan Mega Korea, RTV akan menghadirkan tayangan Mega Aksi Darah dan Cinta yang dibintangi aktor kawakan Ari Wibowo, Preman Kampus yang dibintangi oleh Roger Danuarta serta Mega Korea She Was Pretty dan Doctors.
 
Inilah Program anak RTV:
 
FUN TIME
Tayang: Mulai 03 April 2017, Setiap hari Senin-Rabu, pukul 16.30 WIB
 
Program magazine anak berdurasi 60 menit yang dibawakan oleh 3 host yang atraktif, lucu, dan pintar dalam menyampaikan informasi yakni Chira, Didi dan Khodijah. “Fun Time” berkonsep unik, penuh kreativitas serta mengajak pemirsa untuk berinteraksi langsung dan menambah wawasan. Di program yang pernah meraih penghargaan sebagai “Program Anak Terbaik 2016” di Ajang KPI Award 2016 ini, anak-anak diajak untuk meng-explore tempat-tempat unik, seru dan bersejarah.
 
DUBIDUBIDAM
Tayang: Mulai 06 April 2017, Setiap hari Kamis dan Jumat, pukul 16.30 WIB
 
Saat ini hampir tidak ada program televisi yang fokus terhadap pelestarian lagu-lagu anak Indonesia, serta melibatkan anak dan sekolah untuk menampilkan berbagai karya dan kreativitasnya. RTV berusaha mengisi kekosongan tersebut dengan menghadirkan sebuah program bertajuk “Dubidubidam”.
 
Dibawakan dengan ceria oleh Cleopatra dan Jane, keduanya menggawangi acara ini sambil menyanyikan lagu-lagu anak dengan merdu dipadu dengan koreografi tarian yang dinamis. Anak-anak usia TK sampai dengan SD akan diundang sebagai penonton di studio dan ikut bernyanyi serta menari bersama.
 
Hi-5
Tayang: Mulai 10 April 2017, Setiap hari Senin-Jumat, pukul 16.00 WIB
 
Hi-5 merupakan sebuah grup musik pop asal Australia. Hi-5 menjadi program televisi anak-anak kisaran usia 2-8 tahun. Dalam program ini anak-anak akan disuguhkan permainan yang mengusung pendidikan. Dimana anak-anak akan diajak benyanyi, menari sambil belajar sehingga mampu merangsang pemikiran anak-anak untuk menjadi lebih aktif dan kreatif. ​Dengan style pakaian unik yang memiliki corak dan warna yang terang, tentu akan menambah keceriaan pada anak-anak yang menontonnya.
 
SUPER GIRLY : RAINBOW RUBY
Tayang: Setiap Sabtu dan Minggu pukul 16.00 WIB
 
Animasi “Rainbow Ruby” adalah kisah seorang gadis kecil yang pandai dan memiliki kemampuan khusus yaitu dapat pergi ke Rainbow Village (Desa Pelangi), suatu tempat yang dihuni oleh berbagai macam mainan yang dapat hidup. Ruby menjadi pahlawan yang menginspirasi dan mengajarkan kepada teman-temannya bahwa siapa saja dapat mewujudkan impiannya masing-masing.
 
 SUPER GIRLY: REGAL ACADEMY
Tayang: Mulai 22 April 2017, Setiap Sabtu dan Minggu pukul 17.00 WIB
 
Kisah animasi seorang gadis remaja bernama Rose dari bumi yang menemukan sebuah kunci untuk memasuki Negeri Dongeng. Di Negeri Dongeng Rose menemukan sekolah bergengsi bernama Regal Academy. Di sekolah ini Rose berpetualang bersama teman-temannya yang juga merupakan keturunan dari tokoh-tokoh dalam dongeng seperti “Cinderella”, “Rapunzel”, “Beauty dan The Beast”.
 
SUPER GIRLY: WINX CLUB
Tayang: Mulai 22 April 2017, Setiap Sabtu dan Minggu pukul 18.00 WIB
 
Kisah animasi 6 peri yaitu Bloom, Flora, Stella, Aisha, Musa dan Tecna yang merupakan jelmaan 6 gadis sekolah. Di dalam kehidupan sehari-harinya “Winx Club” sering menghadapi petualangan menghadapi kejahatan dan mengungkap misteri. Bagaimana mereka menghadapi kejahatan dan mengungkap misteri dalam kehidupan sehari-hari? Saksikan petualangan mereka di RTV.
 
PROGRAM UNGGULAN RTV LAINNYA:
MEGA AKSI: DARAH DAN CINTA
Tayang: Setiap Selasa-Jumat pukul 22.00 WIB
 
Sinetron ini bercerita mengenai Jhon (Ari Wibowo), seorang pembunuh profesional. Walaupun berprofesi sebagai pembunuh, Jhon memiliki sifat yang baik dan sangat bertanggung jawab. Keputusan Jhon untuk meninggalkan dunia hitam menjadi bumerang bagi dirinya karena Paman Tisna (bosnya), tidak menerima keputusan Jhon dan malah membuat rencana untuk membunuh Jhon. Pertarungan Jhon dengan mantan bosnya pun terus terjadi.
 
MEGA AKSI: PREMAN KAMPUS
Sinetron ini bercerita mengenai persahabatan antara Galang, Gio, dan Guntur dalam menghadapi roda kehidupan masa remaja. Selain percintaan, juga terdapat kisah aksi antara mereka bertiga yang harus berhadapan dengan kumpulan gangster yang dendam terhadap Galang. “Preman Kampus” dibintangi aktor dan aktris Roger Danuarta, Zack Lee, Erwin Cortez dan Fanny Febriana.
 
MEGA KOREA: SHE WAS PRETTY
Tayang: Mulai 03 Mei 2017, Setiap Senin-Minggu pukul 13.00 WIB
 
MEGA KOREA: DOCTORS
Tayang: Mulai Mei 2017