Music

Sah! Trio Macan Nyanyikan “Karena Su Sayang” Atas Ijin Penciptanya, Near

Redaksi •    06 November 2018 | 10:48:42 WIB
Prahara Persatuan Artis Film Indonesia
( Foto:FEM | REDAKSI )

FEM Indonesia - Dari tanah Flores nun jauh disana muncul sebuah lagu yang lagi nge hits berjudul “Karena Su Sayang”. Lagu yang lagi heboh di jagad maya dalam beberapa pekan ini juga viral di mana mana. Adalah penciptanya Near, sosok pria bersahaja asal Flores, Nusa Tenggara Timur. 

Dan kini Trio macan sah resmi dapat ijin menyanyikan lagu tersebut dalam irama dangdut koplo. Meski beberapa artis penyanyi beken telah menyanyikan duluan dalam berbagai versi.

“Trio Macan merilis lagu ini dalam versi dangdut dan tentu saja atas se-ijin penciptanya, Near dari Flores,” begitulah kata Agi sang produser label Pro Aktif saat jumpa pers Trio Macan di studio Harper, Asem Baris, Tebet, Jakarta, Rabu (31/10/2018) lalu.

Menurut Agi, Trio Macan nggak pernah gegabah saat menyanyikan lagu Karena Su Sayang. Meski pihaknya tahu sudah beberapa penyanyi telah meng-cover duluan lagu itu, lalu di unggah di youtube, tanpa seijin resmi dari penciptanya. “Ini yang dirisaukan sang pencipta, atas pelanggaran etika dan tata aturan dalam undang-undang hak cipta. Kerisauan ini disampaikan langsung saat kami tim Proaktif Musik, label yang menaungi Trio Macan ketemu langsung dengan Near di Flores. Jadi asal tau saja, banyak cover version yang beredar di dunia digital dan sosmed atas lagu tersebut, nggak semua mendapatkan ijin penciptanya,” papar Agi. 

Agi juga menjelaskan, begitu mendapatkan ijin dan legitimasi dari penciptanya setelah pertemuannya dengan Near, artis Trio Macan langsung tancap gas menggarap lagu ini dalam versi dangdut yang di aransemen dipercayakan DonKinol sang musisi sekaligus arranger senior dan dibawah arahan vocal Ari Kunci.

Sementara itu Caca salah satu personil Trio Macan mengungkapkan senang bisa menyanyikan lagu yang lagi viral di medsos. "Kami bertiga sangat beruntung bisa membawakan lagu ini atas seizin dari penciptanya dan kami sangat yakin lagu ini akan meledak di pasaran," kata Chacha di angguki Lia dan Dara.

Di YouTube, lagu 'Karena Su Sayang' yang dinyanyikan Near sendiri sudah dilihat sebanyak 40 juta kali lebih dan kini giliran Trio Macan yang menyanyikan dengan versi dangdutnya yang lebih menarik, tandas Agi. [teks/foto: musasan]