Seni Budaya

Pertunjukan EKI Dance Company, Inspirasi Cinta Untuk Indonesia

Redaksi •    21 November 2018 | 14:28:32 WIB
Prahara Persatuan Artis Film Indonesia
( Foto:FEM | REDAKSI )

FEM Indonesia - Eksotika Karmawibhangga Indonesia (EKI) Dance Company  akan menggelar pentas seni pertunjukan “EKI Update 4.0” pada tanggal 23 - 25  November 2018 di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Bertema mewarnai EKI Update 4.0 kali ini adalah #WeSingWeDanceWeLove. Yang disetiap malam akan ada 7 nomor tarian dan nyanyian, serta sebuah mini musikal yang memotret tema tersebut.
 
Tarian yang ditampilkan akan beragam seperti tari etnik kekinian "Arjuna-Srikandi” serta tarian dengan genre jazz hingga yang berkolaborasi dengan film. Seluruh sajian ini memiliki satu benang merah, yaitu cinta, yang disajikan dari berbagai perspektif. EKI Dance Company bakal menampilkan mini musikal EKI Update 4.0 yang bertajuk  “Ada apa dengan Sinta". 

Rusdy Rukmarata, koreografer dan anggota Dewan kesenian Jakarta akan menyutradarai pagelaran musikal yang mengisahkan tentang usaha perjodohan antara anak-anak dari dua keluarga kaya raya, dimana  anak mereka masing-masing telah mempunyai pilihan lain. Cerita cinta yang berlatar untuk memperbesar bisnis kedua keluarga ini harus berhadapan dengan pilihan hati.
 
“Tema cinta menjadi dominan dalam EKI Update 4.0 untuk memberi warna lain dalam narasi yang berkembang di masyarakat. Belakangan ini narasi yang berkembang seolah olah hanya ekonomi dan politik yang paling penting.  Melalui pentas ini menyadarkan bahwa sesungguhnya cinta lah yang memegang peranan penting  dalam hidup kita,” ujar Aiko Senosoenoto selaku produser EKI Update 4.0 dalam keterangan persnya, Rabu (21/11/2018).
 
EKI Update merupakan ajang rutin yang digelar EKI Dance Company untuk menemui penggemar seni pertunjukan dengan menyajikan karya-karya terbaru garapan koreografer EKI Dance Company, baik yang senior maupun yang terbilang koreografer muda. Melalui EKI Update juga, EKI Dance Company berusaha menyuarakan sikap atau pendapat seputar feomena kehidupan melalui karya. Untuk itu, selalu ada tema yang berbeda dalam setiap penyelenggaraan EKI Update.
 
Pada EKI Update 1.0 mengusung tema #EtnikKekinian. Kemudian tema #InArtWeUnite pada EKI Update 2.0 serta pada EKI Update 3.0 dihadirkan tema  #LifeKidsJamanNow.
 
“Serupa dengan pertunjukan EKI Update sebelumnya, seluruh keuntungan dari penghasilan penjualan  tiket didonasikan kepada Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Jakarta,” tandas Rusdy Rukmarata yang juga merupakan anggota Dewan kesenian Jakarta.