Seremonial

Deklarasi SEPI, Suara Emak Peduli Indonesia Dukung Jokowi Maruf dan Tangkal Hoax

Redaksi •    27 November 2018 | 14:54:16 WIB
Prahara Persatuan Artis Film Indonesia
( Foto:FEM | REDAKSI )

FEM Indonesia - Sekumpulan perempuan yang mengatasnamakan diri Suara Emak Peduli Indonesia (SEPI) mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin di Pemilu 2019 nanti.

Deklarasi mengajak dan menghimbau kaum perempuan atau emak emak agar menjadi contoh baik bagi anak cucunya. Selain itu, mengajak agar tidak mudah termakan hoax alias isu bohong yang kadang ramai di medsos.

“Kami ibu-ibu atau emak-emak yang peduli Indonesia, datang dari berbagai kalangan dan bukan dari orang-orang politik ingin menyuarakan mengajak agar emak-emak seperti kami mampu dan bisa menjadi contoh yang baik kepada para penerusnya,” ujar Aini Gebse S.E. selaku ketua Suara Emak Peduli Indonesia, usai acara deklarasi di Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Selatan, Senin (26/11/2018).

Aini Gebse menambahkan bahwa deklarasi dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf juga dilakukan karena pihaknya merasa prihatin dengan kondisi bangsa saat ini yang diisi dengan fitnah, ujaran kebencian, hingga hoaks. Ia juga melihat, pasangan Jokowi-Ma'ruf juga diyakini dapat menjaga keutuhan bangsa dengan terus menjaga ideologi bangsa dan Pancasila. Dan tidak ada pilihan lain selain mempertahankan kepemimpinan Jokowi di Pemilu 2019.

"Kami melihat sosok bapak Jokowi terus memperjuangkan Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia. Kami percaya bahwa Jokowi mampu dan bisa membangun mental daripada kebudayaan dan layak meneruskan dua periode," tegas Aini.

Selain itu, Aini sebagai ketua SEPI telah memperhatikan kerja pemerintahan Jokowi sudah cukup memperlihatkan hasil, seperti pembangunan infrastruktur dan kesejahteraan bagi rakyat. Karena itu, Jokowi dinilai perlu dilanjutkan untuk periode kedua pada 5 tahun mendatang. "Di sinilah kenapa kami mendukung Bapak Jokowi untuk kembali menjadi presiden dua periode. Ada banyak capaian yang sudah dilakukan pada periode pertama,” tambahnya.

Sementara itu wakil ketua SEPI, Lia Kaniasari menambahkan bahwa deklarasi tak hanya berhenti disini saja tapi pihaknya sudah dan terus akan menjalankan pembinaan-pembinaan kepada kaum perempuan milenial untuk bisa dirangkul bersama menyuarakan kebaikan. “Disini kami melakukan pembinaan bukan seperti orasi karena kita malah membantu program-program mereka karena jaman sekarang mereka ngga mau protek tapi harus membantu dan berkawan dulu dengan pendekatan seperti seorang ibu,” papar Lia Kaniasari.

Lia juga menambahkan, bahwa kaum emak emak sebagai perempuan yang melahirkan generasi bangsa tidak menginginkan generasinya kehilangan jati diri bangsa yang dulu sangat terkenal dengan kesantunan dan keadaban. 

Dalam acara deklarasi tersebut, turut hadir perwakilan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin. Relawan SEPI yang hadir juga sempat memamerkan sejumlah sayur-mayur dan bahan pokok lainnya yang dianggap kerap dijadikan bahan kampanye untuk menjatuhkan pemerintahan.