Selebritis

Hari Pers Nasional, Julia Rossie : Bahaya Jika Pers Terlibat Penyebaran Hoax

Redaksi •    11 Februari 2019 | 15:00:24 WIB
Prahara Persatuan Artis Film Indonesia
( Foto:FEM | REDAKSI )

FEM Indonesia – Ragam harapan bertumpu pada media, terlebih jika menyangkut kehidupan orang banyak. Pun dengan Julia Rossie. Artis peran sejumlah sinetron itu mengaku peran pers dalam pembangunan terutama memberikan informasi selama ini tidak kecil. Apalagi di zaman tehnologi seperti sekarang.

“Pers menurut saya salah satu pilar demokrasi dan kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena pers perannya sangat besar dalam memberikan informasi serta pengetahuan kepada masyarakat,” katanya kala disinggung soal Hari Pers Nasional 9 Februari, baru – baru ini.

Tetapi, kepada Femindonesia.com, Julia mengaku was – was pada media yang hanya mengedepankan bisnis semata. Apalagi seiring perkembangan dunia internet, kabar yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya banyak beredar.

“Cuma yang saya khawatirkan kalau pers itu tidak bertanggung jawab dan mendahulukan business serta tidak menjalankan code of conduct-nya. Ini yang berbahaya apalagi terlibat dalam penyebaran hoax dan lainnya yang mengganggu perikehidupan masyarakat,” ucap Julia lagi.

Kendati demikian, ia yakin dan berharap pers saat ini kian dewasa. Sehingga dalam menjalankan tugasnya mengedepankan cek n ricek sebelum menayangkan pemberitaan.

“Saya juga yakin pers kita makin dewasa dan makin professional sehingga kekhawatiran saya mungkin akan mengecil dan hilang secara pasti. Itu pula yang menjadi harapan saya terhadap pers, dengan professionalisme yang tinggi pers akan makin memerankan fungsinya sebagai pilar demokrasi serta menjadi pers nusantara yang bermartabat. Selamat memperingati Hari Pers Nasional, semoga pers kita makin hebat dan terpercaya ke depan,” urai Julia Rossie. [foto : dokumentasi/teks : denim]