Warning: session_start(): open(/tmp/sess_jio26n9kf2gin3o8cof2nualu6, O_RDWR) failed: Disk quota exceeded (122) in /home/beritanu/public_html/femindonesia.com/media1_read.php on line 3
Wabah DBD, Julia Rossie : Kita Belum Jadi Produsen Sehat
Selebritis

Wabah DBD, Julia Rossie : Kita Belum Jadi Produsen Sehat

Redaksi •    19 Februari 2019 | 11:46:20 WIB
Prahara Persatuan Artis Film Indonesia
( Foto:FEM | REDAKSI )

FEM Indonesia – Musim penghujan masih berlangsung dan ragam penyakit menghantui masyarakat. Salah satu penyakit yang kini di waspadai adalah demam berdarah dengue alias DBD. Penyakit yang dibawa nyamuk ini menjadi momok menakutkan. Bagaimana tidak, penderita DBD tidak mengenal usia. Terlebih pada musim hujan, selalu terjadi peningkatan penderita DBD tak hanya di satu daerah tetapi beberapa daerah di Indonesia. Bahkan penyakit tersebut telah memakan korban tewas.

Menyoroti penyakit DBD yang mewabah, artis Julia Rossie mengayatakan bahwa penyakit ini semakin meluas di berbagai daerah lantaran terjadi perubahan iklim. Sehingga kesimbangan alam dan lingkungan terganggu.

“Perubahan siklus alam karena berbagai sebab seperti kerusakan lingkungan mengubah segalanya termasuk keseimbangan lingkungan. Musim pun bergeser serta berbagai gejala alam terjadi yang sebelumnya tidak kita jumpai. Angin puting beliung, curah hujan yang luar biasa mengakibatkan banjir dan lain - lain. Termasuk demam berdarah mungkin salah satu dari akibat keseimbangan lingkungan yang rusak oleh ulah manusianya,” kata Julia.

Selain itu, lanjutnya, masih ada kekurangsadaran arti pentingnya kesehatan di masyarakat. Tak hanya perilaku keseharian namun juga sesuatu yang berkaitan dengan itu.

“Masyarakat kita belum memiliki perilaku sehat dan sanitasi serta drainase yang kurang diperhatikan bisa mengakibatkan wabah terjadi. Intinya masyarakat serta masing - masing individu belum menjadi produsen orang sehat,” jelasnya.

Padahal, kata Julia Rossie, untuk mengurangi atau bahkan terhindar dari DBD, dapat di antisipasi oleh masyarakat di lingkungan tempat mereka tinggal. Sebab itu perlu kesadaran diri tentang kebersihan.

“Bukankah menghindari demam berdarah harus mengetahui sebabnya dan menghindari sebab itu ? Nyamuk dengue suka di air yang menggenang dan bersih. Tentu masing - masing keluarga harus selalu mewaspadai itu,” tegasnya belum lama berselang pada Femindonesia.com [foto : dokumentasi/teks : denim]


Warning: Unknown: open(/tmp/sess_jio26n9kf2gin3o8cof2nualu6, O_RDWR) failed: Disk quota exceeded (122) in Unknown on line 0

Warning: Unknown: Failed to write session data (files). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/tmp) in Unknown on line 0