Seremonial

Tokoin Hadir Untuk Menopang UMKM

Redaksi •    06 Maret 2019 | 22:44:57 WIB
Prahara Persatuan Artis Film Indonesia
( Foto:FEM | REDAKSI )

FEM Indonesia – Usaha Mikro, Kecil, Menengah atau UMKM terus bergeliat sebagai salah satu usaha yang menopang sektor ekonomi tanah air. Bersamaan dengan itu platform berbasis blockchain pun bermunculan. Salah satunya, Tokoin, yang belum lama ini resmi diluncurkan di sebuah hotel di Jakarta.

Dalam peluncuran yang disertai penandatanganan MOU dengan para partner tersebut, Tokoin sudah memperolah support dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perdagangan, utamanya membantu UMKM memaksimalkan pertumbuhan usaha melalui layanan tehnologi.

Bertajuk The Golden Era of MSME Massive Revolution, peluncuran Tokoin dihadiri Kepala Subdit untuk Amerika dan Eropa Bachtiar Pangaribuan mewakili Kementerian Perdagangan dan Chief Executive Officer Tokoin, Reiner Rahardja.

Reiner mengatakan lewat kerjasama ini, pihaknya ingin UMKM berkembang. Terlebih di era tehnologi seperti sekarang.

“Kami yakin bahwa inklusi ekonomi akan tercipta dengan kemitraan bisnis yang berpihak pada kinerja UMKM. Kami akan menjadi penghubung UMKM dengan institusi yang bisa menyediakan fasilitas pengembangan bisnis,” jelasnya.

Di tempat yang sama, salah satu partner Tokoin, Shuttle One, melalui Hongzhuang Lim selaku CEO Suttle One & XSQ Digital menyatakan penandatangan kerjasama dilakukan lantaran memiliki kesamaan visi dalam mengembangkan usaha UMKM lewat tehnologi.

“Internet infrastructure has to improve for things to get better. The market gap needs to be filled and the blockchain brings us the solution,” katanya. [foto : dokumentasi/teks : denim]