Seremonial

Rayakan Ultah ke 32, Al Izhar Ajak Peduli Lingkungan

Redaksi •    13 Maret 2019 | 13:06:25 WIB
Prahara Persatuan Artis Film Indonesia
( Foto:FEM | REDAKSI )

FEM Indonesia – Dunia pendidikan tanpa diiringi dengan karakter dipastikan akan menemui kendala suatu saat. Terlebih di era globalisasi sekarang ini. Namun upaya pendidikan karakter bagi siswa telah dilakukan Perguruan Islam Al Izhar Pondok Labu sejak tahun lalu, seperti peduli terhadap lingkungan. Penerapan karakter peduli lingkungan diwujudkan melalui acara pameran Al Izhar Peduli Lingkungan. Diharapkan melalui pendidikan karakter tersebut, dapat mengubah tingkah laku individu menuju arah hidup yang lebih baik.

“Sosialisasi Al Izhar peduli  lingkungan harus terus menerus dilakukan agar semua stakeholder di Al Izhar benar-benar paham terhadap kerusakan lingkungan yang terjadi khususnya kepada guru-guru dan pengurus Al Izhar agar memulai dari keluarga sendiri untuk mengurangi penggunaan bahan plastik, memilah sampah, membersihkan sampah sebelum dibuang, mengolah sampah organik menjadi pupuk dan lain – lain,” ujar Wakil Ketua Yayasan Anakku, Emil Arifin.

Diteruskan, pada program Al Izhar Peduli Lingkungan, aksi yang dilakukan antara lain membawa botol minum pribadi untuk mengurangi sampah botol plastik, membawa tempat makan pribadi untuk mengurangi kemasan plastik atau Styrofoam dan membawa tas kain.

Aksi bersama pengurangan sampah plastik melibatkan murid, guru, staff non guru dan orang tua murid,” tambahnya.

Emil juga mengaku pendidikan karakter melalui peduli terhadap lingkungan ini mendapat respon positif dan berharap bisa menular pada masyarakat sekitar sekolah.

Program peduli lingkungan juga memunculkan Pasukan Hijau yang terbentuk saat perayaan HUT RI 2018 yang bertugas untuk mensosialisasikan kepada warga Al Izhar untuk bergerak membersihkan sampah di lingkungan sekolah,” imbuhnya. [foto : dokumentasi/teks : denim]