Warning: session_start(): open(/tmp/sess_97djf3ub0nosf2b3h74g0pcte0, O_RDWR) failed: Disk quota exceeded (122) in /home/beritanu/public_html/femindonesia.com/media1_read.php on line 3
Kopi Kapal Api Sokong Socio Preneur Lewat #BuatNyataTujuanmu
Lifestyle

Kopi Kapal Api Sokong Socio Preneur Lewat #BuatNyataTujuanmu

Redaksi •    13 Maret 2019 | 13:33:43 WIB
Prahara Persatuan Artis Film Indonesia
( Foto:FEM | REDAKSI )

FEM Indonesia – Demografi yang dimiliki Indonesia menjadikan negara ini mempunyai kekayaaan melimpah. Namun bila tak dikelola dengan baik maka secara langsung bakal meningkatkan angka pengangguran. Tetapi Direktur Pengembangan Pasar Ditjen Binapenta & PKK Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Republik Indonesia (RI) Roositiawati mengatakan angka pengangguran justru turun lantaran kontribusi para socio enterprise yang tumbuh di tanah air dalam 5 tahun belakangan.

“Angka pengangguran mengalami penurunan menjadi 5,3% atau 6,8 juta selama lima tahun terakhir. Bahkan angkatan kerja Indonesia sudah mencapai 131 juta yang didominasi oleh kaum muda. Kita mampu turunkan angka pengangguran, itu berarti bahwa tidak hanya sektor formal yang bergerak untuk menyerap tenaga kerja tetapi juga tumbuhnya entrepreneur dan socio preneur,” kata Roositiawati saat Coffee Talk di Grand Hyatt, Jakarta, belum lama ini.

Hal senada diungkapkan Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI Muhammad Hanif Dhakiri. Ia mengatakan socio preneurs dapat menjadi agen perubahan dan memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Seorang socio preneur harus jeli dalam melihat dan menciptakan peluang. Mereka juga harus memiliki komitmen dan upaya penuh terhadap pemberdayaan masyarakat sekitar agar dapat menciptakan perubahan, yang berbuah pada kesejahteraan bersama,” ujarnya dalam pesan tertulis yang dibacakan Roositiawati.

“Dalam menjalankan socio preneurship dibutuhkan motivasi, kerja keras, inovasi dan kreativitas sesuai perkembangan zaman, tanpa melupakan tujuan utama yaitu memberikan kebaikan dan menciptakan dampak sosial yang positif,” tambah Hanif.

Roositiawati pun menyebutan pemerintah ikut berkontribusi pada pertumbuhan generasi millenials sebagai entrepreneur. Namun anak-anak millenial yang memilih menjadi entrepreneur masih banyak terjadi di kota-kota besar, sedangkan di kota-kota kecil masih banyak yang konvensional dengan memilih bekerja di perusahaan atau kantor.

“Indonesia kan luas, punya heterogeneous background. Meski kita bicara tentang industri 4.0 tetapi msih ada industri 1.0 di kawasan Indonesia timur. Jadi bagaimana pemerintah menyikapi heterogeneous background, tetapi terutama di kota-kota besar. Dengan tumbuhnya entrepreneur di anak-amak muda milenial ini kita tetap harus men-encourage mereka,” katanya lagi.

Karenanya, kata Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Triawan Munaf, pihaknya memberikan dukungan penuh pada gagasan program dan gerakan socio-preneur Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu. Terlebih jumlah dan kualitas generasi muda Indonesia yang bergerak di bidang sociopreneurship terus memperlihatkan pertumbuhan yang positif.

“Hanya saja, banyak potensi dan pencapaian mereka belum terwadahi dengan baik. Diperlukan ekosistem yang lengkap agar pengembangan usaha mereka dapat berlangsung secara berkelanjutan, kompetitif dan masyarakat dapat betul-betul merasakan manfaat sosial dari inovasi yang dilakukan,” jelasnya secara tertulis.

Di tempat yang sama, Chief Marketing Officer PT Kapal Api Global Christeven Mergonoto mengatakan sejak 2018 pihaknya fokus untuk mengembangkan kewirausahaan sosial di Indonesia serta erkomitmen membuat wadah bagi para pengusaha sosial muda agar mendapatkan akses ke ekosistem yang mendukung seperti bimbingan yang tepat dari para profesional di bidangnya.

“Selaras dengan nilai-nilai luhur yang diemban oleh Kapal Api, program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu menjadi bentuk nyata komitmen kami dalam mencari insan socio preneur yang berpotensi mendukung penguatan sosial-ekonomi masyarakat. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung Program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu selama ini,” tuturnya.

Dalam bincang santai ini hadir pula Marketing Manager PT Santos Jaya Abadi Johnway Suwarsono, Chief Executive Officer(CEO) PT Tristar Service Indonesia Iwan Murty dan Co-Founder Evoware David Christian. [foto /teks : denim]


Warning: Unknown: open(/tmp/sess_97djf3ub0nosf2b3h74g0pcte0, O_RDWR) failed: Disk quota exceeded (122) in Unknown on line 0

Warning: Unknown: Failed to write session data (files). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/tmp) in Unknown on line 0