FEM Depok

Jalan Tol Cinere Jagorawi Seksi 11 Cisalak Kukusan UI Akhirnya Difungsikan

Redaksi •    03 Juni 2019 | 20:04:10 WIB
Prahara Persatuan Artis Film Indonesia
( Foto:FEM | REDAKSI )

FEM Depok - PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) selaku pengelola Jalan Tol Cijago akhirnya membuka jalan Tol Cijago Seksi II secara uji coba fungsional dan gratis pada Senin (3/6/2019). Benarkah?

“Tol akan digratiskan dan uji coba akan diberlakukan selama arus mudik dan arus balik lebaran. Diharapkan dapat mengurangi kemacetan di ruas Jalan Margonda dan Jalan Juanda,” ujar Direktur PT TLKJ, Hilman Muchsin dalam siaran rilisnya pada Minggu (2/6/2019).

Menurut Hilman, pengoperasian jalan tol fungsional itu dilaksanakan selama tujuh hari mulai H-2 hingga H+4 Lebaran atau pada 3 Juni hingga 10 Juni 2019. “Kami telah mendapat persetujuan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) untuk pengoperasian fungsional selama tujuh hari mulai Senin 3 Juni 2019 pukul 14.00 WIB hingga 10 Juni 2019 pukul 14.00 WIB,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga sudah mendapat ijin dari Satlantas Polresta Depok. “Pihak Satlantas Polres Depok juga akan membantu kelancaran lalulintas di pintu masuk maupun pintu keluar Jalan Tol Cijago Seksi II. Dan Pembayaran Rp 4.500 hanya diberlakukan jika melanjutkan perjalanan ke arah Jalan Tol Cijago Seksi I dan juga dari arah sebaliknya,” tambah Hilman.

Jadi kendaraan dari arah Jagorawi menuju Margonda dan Kukusan, transaksi dilakukan di Gerbang Tol (GT) keluar (off ramp pay) yaitu di GT Cisalak 2 (eksisting), GT Margonda 2, dan GT Kukusan 2. Untuk arah sebaliknya yakni dari Kukusan dan Margonda menuju ke Jagorawi, transaksi dilakukan di GT masuk (on ramp pay) yaitu di GT Kukusan 1, GT Margonda 1, GT Cisalak 1, dan GT Cisalak 3.

“Sementara GT Cisalak 4 dan GT Margonda 3 yang melayani kendaraan dari arah Jalan Raya Bogor ke Kukusan dan Margonda tidak difungsikan. Selain itu, terdapat dua GT lain yang juga tidak difungsikan yakni di GT Margonda 1 (off ramp) dan GT Cisalak 3 (off ramp),” jelas Hilman.

Diutarakan Hilman, pihaknya juga telah menyiapkan kelengkapan jalan tol termasuk pemasangan marka, rambu, reflektor, serta petugas di lapangan selama pengoperasian uji coba fungsional. “Secara keseluruhan Jalan Tol Cijago Seksi II Jalan Raya Bogor-Kukusan siap digunakan,” tandas Hilman.