Connect with us

NASIONAL

5 Jurnalis Kota Depok, Lulus “Uji Kompetensi Wartawan” LKBN Antara 2021

Published

on

FEM Indonesia, Depok – Uji Kompetensi Wartawan kembali digelar Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, jelang akhir tahun ini.

Dari hasil UKW tersebut, menghasilkan kelulusan yang gemilang dari para pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Kota Depok.

Adalah Ketua PWI Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah dari media Republika, Rido Lingga (RRI), Hendrik Rausikiy (Elshinta), Wahyu Saputra (Sederhana), lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Tingkat Utama Dewan Pers yang digelar pada Rabu-Kamis (3-4/11/2021) kemarin.

” Keempat wartawan PWI Depok yang ikut UKW Tingkat Utama lulus cukup memuaskan. Selain itu juga ada satu wartawan yang bertugas di Kota Depok Vini Rizky Amelia (Warta Kota) juga lulus memuaskan UKW Tingkat Madya,” ujar penguji UKW Tingkat Utama, Priambodo.

Sementara Akhmad Munir, selaku Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA mengungkapkan, bahwa Perum LKBN ANTARA menggelar UKW sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN. “Artinya, kita mengetahui bahwa saat ini siapa pun bisa mengaku sebagai wartawan. Oleh karena itu, wartawan harus memiliki sertifikasi kompetensi yaitu melalui UKW. Jadi, UKW sebagai upaya dari Perum LKBN ANTARA untuk turut serta membangun ekosistem jurnalistik nasional yang sehat dan profesional,” kata Munir.

Hal yang sama dikatakan Direktur Keuangan, SDM dan Manajemen Risiko Perum LKBN ANTARA Nina Kurnia Dewi, UKW Angkatan ke-7 merupakan kegiatan UKW yang diharapkan memberikan pengalaman dan kemampuan spesifik atau hard skill bagi para jurnalis.

“Artinya, dengan UKW ini menjadi pengalaman untuk para jurnalis untuk meningkatkan kompetensinya, dan LKBN ANTARA sebagai referensi penyelenggara UKW. Ketika para jurnalis menduduki jabatan struktural di media masing-masing, pewarta cukup membekali kemampuan soft skill,” paparnya.

Sejumlah media yang mengikuti UKW tersebut, di antaranya dari Kantor Berita ANTARA, Republika, RRI, Elshinta, Harian Pakuan Raya, Radar Bogor, Warta Kota, Okezone.com, Tribunnews Bogor dan Pojoksatu.id.

Kemudian sebanyak 34 peserta yang mengikuti UKW dari Jabodetabek. Enam pewarta mengikuti ujian level Utama, enam pewarta level Madya, dan 22 pewarta di level Muda. Sedangkan penguji berjumlah 12 personil, itu termasuk penguji magang yang memberikan penilaian (assesment) kepada peserta UKW.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

NASIONAL

Gerebek PWI, Dandim 0508 Depok Antisipasi Kerawanan Pangan : Solusinya Garap Lahan Tidur!

Published

on

FEM Indonesia, Depok – Dandim 0508 Depok menggerebek kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Jalan Melati Raya 3 Kota Depok pada Senin (4/3). Dalam hal itu, Dandim yang dipelopori Komandan Kodim (Dandim), Letkol Inf Iman Widhiarto bersama jajaranya membeberkan sejumlah hal.

Salah satu yang dibahas secara serius adalah pemanfaatan lahan tidur untuk program ketahanan pangan dari Pemerintah agar menjadi solusi untuk mengantisipasi kerawanan pangan. Rencana yang akan diwujudkan TNI dari Kodim 0508 Kota Depok adalah salah satunya akan menggarap lahan tidur yang cukup banyak di Kota Depok.

Menurut Iman, potensi lahan tidur yang masih cukup luas untuk dikelola salah satunya di pinggir jalan tol. Pemanfaatan lahan tidur untuk tanaman pangan dan holtikultura menjadi program Pemerintah secara nasional, menyikapi kondisi ketersedian pangan dalam negeri. Peningkatan produksi pertanian juga sebagai respon Pemerintah Daerah atas kenaikan harga sembilan bahan pokok atau sembako menjelang Ramadhan 1445 Hijriah.

“Persoalan pangan tidak bisa dianggap sepele. Jika harga terus bergejolak bisa berkembang menjadi isu yang menggangu pertahanan negara. Harga beras naik, sulit dicari, masyarakat bingung, dan muncul kepanikan publik. Ini bisa memicu isu-isu pertahanan negara,” jelasnya.

Lanjut Iman, TNI siap menjalin kerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan). TNI juga bisa ikut berperan sebagai kolaborator, menyatukan berbagai pihak untuk memanfaatkan lahan tidur.

“TNI bukan ahli bertani, tapi kami yang menjembatani dan menyatukan agar lahan tidur bisa diolah. Dengan izin pemilik, kita tanam dengan tanaman pangan untuk memenuhi kebutuhan, terutama untuk warga terdekat dan maksimal memenuhi kebutuhan pangan warga Kota Depok,” tutupnya.

Dalam acara bersama PWI Kota Depok, Dandim 0508 melaksanakan penanaman pohon di taman PWI sebagai simbol dimulainya keseriusan program ketahanan pangan yang dimulai dari memanfaatkan lahan tidur. 

Continue Reading

NASIONAL

Hadiri Fun Walk di Perumahan Vila Dago, Walikota Tangsel Benyamin Davnie : Ini Ikhtiar Jaga Kesehatan

Published

on

FEM Indonesia – Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie mengaku senang dan bahagia melihat antusias masyarakat, khususnya warga perumahan Vila Dago, Benda Baru, Pamulang, yang mengikuti Fun Walk, Ahad (3/3).

Dalam sambutannya yang didampingi tokoh masyarakat Adi Sunaryo, Ketua RW 20 Juni Sukasmono dan Direktur Utama Uninet, Sukoco Halim, Benyamin mengatakan kendati ada ketidaksamaan dalam memilih paslon namun secara keseluruhan situasi wilayah Tangerang Selatan berlangsung kondusif.

“Terima kasih dengan kelancaran Pemilu di wilayah Tangerang Selatan. Hal ini karena masyarakat kita cerdas, modern dan religi, seperti moto kota Tangerang Selatan. Hasilnya, tidak ada gesekan walau ada perbedaan. Namun perbedaan itu hal biasa. Perbedaan itu makanan sehari-hari dan merupakan anugerah,” ujarnya.

Oleh karena itu, Benyamin mengajak masyarakat untuk meneruskan pembangunan yang tengah berjalan agar tercapai sesuai dengan cita-cita, termasuk  tetap berolahraga guna menjaga kesehatan.

“Terima kasih dalam acara pemilu. Ayo kita lanjutkan pembangunan sesuai dengan cita-cita kita. Sekarang kita ikhtiar dengan berolahraga, fun walk untuk menjaga kesehatan. Fun artinya seru, walk artinya jalan, jadi diartikan selamat jalan seru.,” katanya.

Sementara Sukoco Halim menyatakan bahwa kehadiran Uninet di perumahan Vila Dago sebagai bentuk kepedulian pihaknya kepada masyarakat yang membutuhkan layanan internet dengan berbagai kelebihan yang dimiliki. Sehingga menjadi alternative menarik bagi masyarakat yang membutuhkan.

Sedangkan Ketua RW 20 Juni Sukasmono mengatakan kegiatan fun walk ini merupakan bentuk syukur atas terlaksanakannya pesta demokrasi di lingkungan Vila Dago serta relaksasi dari kegiatan pemilu yang cukup menguras tenaga dan pikiran.

Sekedar diketahui, Fun Walk dimulai pukul 08.00 ditandai kibaran bendera start oleh Benyamin Davnie di depan sekolah Al Zahra Indonesia, setelah sebelumnya diadakan senam bersama. Antusias ratusan peserta terlihat dari wajah mereka saat memulai jalan kaki. Terlebih usai fun walk berjarak lebih kurang 6 Km, para peserta dihibur oleh biduan serta dpenarikan doorprice senilai ratusan juta rupiah. [foto/teks : denim]

Continue Reading

NASIONAL

Duo Aviwkila Ingin Lebih Bahagia di “Pelangi Seusai Hujan”

Published

on

FEM Indonesia – Duo Aviwkila yang digawangi oleh Thana Ajeng Purishita dan Uki Diqie Sulaiman kembali merilis single terbaru yang menarik berjudul “Pelangi Seusai Hujan”. Single ini dirilis di bawah Universal Music Indonesia, label rekaman yang menaungi mereka.

Di single ini, Aviwkila kembali menyajikan lagu dengan nuansa pop folk yang manis dan nyaman untuk didengar. Uniknya, kali ini mereka tidak membawakan lagu hasil ciptaan sendiri, namun mereka menggaet Mario G Klau sebagai pencipta untuk single “Pelangi Seusai Hujan” tersebut.

Liriknya menceritakan tentang orang-orang yang akhirnya menemukan yang mereka impikan atau nantikan, walaupun hal itu harus dilewati dengan menerjang badai, namun pelangi itu akan dipertemukan.

“Buat teman-teman yang sedang mengalami hujan atau badai jangan khawatir, hidup itu hanya siklus. Kalau setelah hujan atau badai pasti kalian akan bertemu dengan pelangi kalian. Mau itu orang yang kalian cintai, baik suami, istri, kekasih, ataupun bunga hati kalian, pasti akan dipertemukan dengan sesuatu yang bisa membuat kalian bahagia lagi,” ujar Aviwkila,” di Jakarta, Jum’at (1/3/2024).

Dari departemen suara, aransemen musik yang disajikan juga tidak ribet dan simpel, apalagi alunan gitar akustik dari Uki menjadikan lagu ini menjadi sangat nyaman untuk didengarkan. Hal menarik dalam proses rekamannya, lagu “Pelangi Seusai Hujan” ini diproduseri dan diaransemen oleh Tohpati, sehingga lagu ini di luar referensi dari Aviwkila pada biasanya, sehingga sangat fresh untuk didengar.  

Tidak hanya dalam bentuk audio, Aviwkila juga melepasnya dalam bentuk musik video yang disutradari oleh Prialangga. Cerita musik video dibuat se-relate dan seringan mungkin, intinya ingin menyampaikan setelah hujan menemukan pelangi.

“Kebetulan dalam proses pembuatan melibatkan kuda, itu adalah uji nyali buat kita karena daily basic-nya tidak pernah mengurus kuda. Ada ketakutan sedikit kalau ditendang atau dicium oleh kuda,” cerita mereka.

Lewat lagu ini Aviwkila berharap semoga banyak yang relate dengan lagunya, dan dapat menjadi soundtrack kehidupan dan juga masuk playlist dalam proses menemukan sesuatu yang bisa mengubah hidup siapa saja jadi jadi lebih bahagia.

“Untuk teman-teman yang sedang berada di dalam fase hidup yang berat, kalian coba dengerkan lagu ini dengan lirik-lirik yang positif. Benar-benar setelah hujan akhirnya menemukan pelangi kalian. Semoga lagu ini jadi lagu bucin of the year kalian,” tutupnya.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending