Connect with us

NASIONAL

Ciptakan Aplikasi “MAJA”, Mahasiswa FTUI Raih Juara di Festival Nuklir Nasional

Published

on

FEM Indonesia, DepokPriscilla Tiffany, mahasiswi Departemen Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), baru-baru ini menjadi sorotan publik.

Pasalnya, Priscilla meuangkan sebuah ide yang luar biasa, adalah mencoba mengembangkan nuklir sebagai sumber energi primer lewat sebuah aplikasi.

Mahasiswa angkatan 2021 ini menuangkan idenya dalam sebuah paper berjudul “Youth for Nuclear Energy (YNE): Pemanfaatan Teknologi untuk Edukasi Menuju Target Implementasi Energi Nuklir 2050”.

“Dari permasalahan lingkungan yang ada dan minimnya ketertarikan masyarakat terhadap nuklir, saya menggagas sebuah aplikasi bernama Maja. Maja merupakan potongan (dari) kata remaja. Aplikasi ini dikembangkan dengan target para remaja Indonesia sebagai penggunanya,” ujar Priscilla dalam keterangan siaran persnya, belum lama ini.


Ia melanjutkan, aplikasi Maja juga bisa bermakna singkatan dari “mainin aja”, yang menggambarkan konsep menarik dan menghibur, meskipun tujuan utamanya adalah memberi edukasi dan promosi. Ia lantas menerangkan lima fitur utama Maja.

Fitur pertama adalah Artificial Intelligence (AI), di mana informasi energi nuklir dikemas dalam bentuk kuis dan user dapat menggunakan suara atau speech recognition untuk menjawab pertanyaan. Selain memberikan pertanyaan dan kunci jawaban, Maja AI juga memberikan penjelasan mengenai kunci jawaban yang diberikan, sehingga user mendapatkan informasi baru terkait energi nuklir.

Fitur kedua adalah permainan. Pada fitur ini, user diajak untuk memainkan permainan simulasi reaktor nuklir pada PTLN sehingga user dapat merasakan pengalaman pribadi serta berpartisipasi aktif dalam memberikan edukasi terkait implementasi energi nuklir yang dirangkai dalam metode gamifikasi.

Fitur permainan ini juga menjadi sarana edukasi untuk menunjukkan bahwa selama pengaturan pada reaktor nuklir dilakukan secara tepat, tidak akan terjadi ledakan reaktor seperti yang ditakutkan. Dalam permainan ini, user diajak untuk memahami dan menyimulasikan prosedur pembuangan limbah hasil reaktor nuklir, sehingga stigma yang salah mengenai limbah radioaktif dapat perlahan dihilangkan.

Fitur ketiga adalah artikel, yang memungkinkan user menggali sendiri informasi yang dibutuhkan mengenai energi nuklir. Pada fitur ini, user juga mendapatkan informasi mengenai berita terbaru terkait perkembangan energi nuklir.

Pengguna dapat berdiskusi dengan sesama pengguna Maja di fitur keempat. Dengan demikian, diperoleh berbagai sudut pandang dan sesama generasi muda Indonesia dapat saling mengedukasi dan mengoreksi apabila ada stigma yang kurang tepat terkait energi nuklir. Fitur ini juga bisa digunakan langsung tanpa harus membaca artikel terlebih dahulu.

Fitur kelima adalah komunitas. Gagasan pembuatan Maja didasari oleh harapan agar Maja dapat menjadi sarana edukasi dan promosi yang menjangkau seluruh generasi muda Indonesia. Oleh karena itu, lahir juga gagasan Youth for Nuclear Energy (YNE) yang merupakan komunitas beranggotakan generasi muda yang memiliki ketertarikan di bidang energi nuklir. Melalui komunitas ini, pemuda Indonesia bisa saling berdiskusi dan menyampaikan ide-ide inovatifnya untuk pengembangan energi nuklir di Indonesia.

Gagasan Priscilla Tiffany ini mengantarkannya dalam meraih juara tiga pada Paper Competition Festival Nuklir Nasional 2021 yang diadakan oleh Universitas Bangka Belitung bersama PT ThorCon Power Indonesia.

Dekan FTUI Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU menyambut baik gagasan aplikasi Maja yang digagas oleh Priscilla.

“Pemanfaatan energi nuklir dilakukan dengan mempertimbangan keamanan pasokan energi nasional dalam skala besar, mengurangi emisi karbon, tetap mendahulukan potensi energi baru dan terbarukan sesuai nilai keekonomiannya, serta mempertimbangkan energi nuklir sebagai pilihan terakhir dengan memperhatikan faktor keselamatan secara ketat,” ujarnya.

Ia berharap, aplikasi Maja dapat membantu program sosialisasi kepada masyarakat Indonesia tentang manfaat energi nuklir di berbagai bidang. Implementasi nuklir sebagai sumber energi, khususnya sebagai pembangkit listrik, masih menuai pro-kontra, sehingga menghambat pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Indonesia.

“Generasi muda dapat turut berperan dalam upaya pengembangan PTLN, salah satunya dengan mengedukasi masyarakat. YNE membidik generasi muda Indonesia, karena di masa depan mereka berperan dalam pemenuhan target implementasi energi nuklir pada tahun 2050,” harap Heri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

NASIONAL

Berkurban, Shopee Barokah Serahkan Sapi Limosin 1000 Kg ke BAZNAS RI

Published

on

FEM Indonesia – Platform belanja online Shopee melalui program Shopee Barokah menyerahkan satu ekor hewan kurban Sapi Limosin bobot 1000 kg ke Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI.

Penyerahan ini dilakukan secara langsung oleh Head of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira kepada Deputi 2 BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Dr. H.M. Imdadun Rahmat, M.Si., di Kantor Pusat BAZNAS RI, Matraman, Jakarta Kamis (13/06/2024). 

Dalam sambutannya, Head of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira menyampaikan, kerja sama Shopee Barokah dengan BAZNAS ini merupakan wujud nyata dari komitmen Shopee Indonesia untuk terus berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan keagamaan.

“Kami bersyukur dapat ber-mahabbah kurban yang diberikan kepada mustahik  melalui BAZNAS untuk dibagikan ke beberapa titik lokasi penerima manfaat. Semoga kebaikan ini, insyaAllah dapat menjadikan kita pribadi yang penuh keikhlasan dan penuh rasa syukur,” kata Radynal.

Sementara itu, Deputi 2 BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Dr. H.M. Imdadun Rahmat, M.Si., menyambut baik dan mengapresiasi kontribusi Shopee yang telah mempercayakan penyaluran hewan kurban lewat BAZNAS RI. 

“Kami sangat berterima kasih kepada Shopee atas kepercayaannya untuk menyalurkan hewan kurban ini. Sumbangan ini akan sangat bermanfaat bagi para mustahik yang berada di berbagai wilayah Indonesia,” ujar Imdadun.

Menurut Imdadun, penyerahan sapi limosin ini diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk turut serta dalam kegiatan sosial dan keagamaan, serta memperkuat rasa solidaritas dan kepedulian antar sesama umat manusia. 

“Kami berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia,” tuturnya.

Selain penyerahan hewan kurban, lanjut Imdadun, BAZNAS dan Shopee melalui program Shopee Barokah juga bekerja sama dalam mensyiarkan layanan Kurban Berkah BAZNAS, yang memudahkan masyarakat untuk melakukan ibadah kurban.

“Kerja sama ini dilakukan, di mana Shopee Barokah memberikan layanan tambahan di aplikasi Shopee yang menyediakan fitur khusus agar pembeli dapat menemukan dan membeli produk-produk halal dan bertransaksi sesuai prinsip Islam,” pungkas Imdadun.

Continue Reading

NASIONAL

Duet dengan Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta 2024, Kaesang : Saya Ngga Masalah!

Published

on

By

FEM Indonesia – Diwacanakan duet dengan Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta 2024, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep buka suara.

Kaesang mengungkapkan bahwa elektabilitas Anies di berbagai lembaga survei masih cukup tinggi.

Kabar wacana muncul setelah PKB DKI Jakarta resmi mendukung Anies maju di Pilgub Jakarta dan mempertimbangkan Kaesang sebagai duet Anies.

“Saya ngga masalah juga kalau dipasangkan dengan Pak Anies,” kata Kaesang di Jakarta, baru-baru ini.

Adik Gibran ini juga sempat mengatakan lebih pilih Jakarta ketimbang jadi Wali Kota Solo. Hal ini juga ungkapkan Kaesang dalam YouTube GK Hebat. “Kalau bisa disuruh pilih, suruh pilih pilih Jakarta. Mungkin duet sama Pak Anies kali ya,” tambah Kaesang.

Kaesang juga mengungkapkan bahwa partainya PSI sudah memiliki 8 kursi di DPRD Jakarta. Sedangkan Anies saat ini tidak berpartai. Menurut dia, peluang untuk berkoalisi dengan Anies terbuka luas asalkan mau.

Continue Reading

NASIONAL

Permudah Masyarakat yang ingin Berkurban, BAZNAS RI Gandeng Blibli

Published

on

FEM Indonesia – Di era digital saat ini banyak kegiatan dilakukan secara online, termasuk Kurban. Oleh karena itu, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bekerja sama dengan Blibli mempermudah masyarakat yang ingin Kurban sesuai syariah.

Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan M.Si, CFRM mengatakan pihaknya komitmen memberikan kemudahan agar Mudhohi (masyarakat yang mampu Kurban-red.) merasa nyaman dan syariah bila kurbannya dikelola BAZNAS. 

“Kurban Berkah BAZNAS tahun 2024 ini kami kembali hadir lewat berbagai platform digital, salah satunya masyarakat bisa berkurban melalui Blibli,” kata Rizaludin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (13/6/2024). 

Ia menjelaskan, target penghimpunan Kurban Berkah BAZNAS 2024 oleh BAZNAS RI yakni 9000 ekor setara domba/kambing yang akan didistribusikan ke seluruh provinsi di Indonesia. 

Sementara untuk target kurban BAZNAS Daerah sebanyak 350.000 ekor domba/kambing, LAZ se-Indonesia sebanyak 350.000 ekor domba/kambing, dan kurban umat Islam Indonesia di masjid dan komunitas sebanyak 3.360.000 ekor setara domba/kambing.

“Alhamdulillah, kepercayaan masyarakat terus meningkat setiap tahunnya. Kami mengajak kepada masyarakat Indonesia, seluruh calon mudhohi untuk berkurban di BAZNAS, berkurban yang terbaik sesuai syariah dan sepenuhnya untuk kepentingan para mustahik di Indonesia,” katanya. 

Dengan mengangkat tema “Tentramnya Mudhohi, Bahagianya Mustahik”, BAZNAS berupaya pekurban merasakan kedamaian dalam ibadah kurban mereka, meneguhkan keyakinan bahwa setiap tindakan baik akan membawa ketentraman di hati. 

Bagi masyarakat yang ingin Kurban di Blibli dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

Kunjungi bit.ly/kurbanbaznas-blibli, lalu gulirkan ke bawah dan pilih Jenis Hewan Kurban yang diinginkan, lalu klik “Beli Sekarang”, selanjutnya pilih metode pembayaran yang diinginkan, setelah itu klik “Bayar”, selesaikan pembayaran hingga sukses.

Berikut harga jual hewan ternak di Kurban Berkah BAZNAS 2024 : 

* Domba/Kambing (23-26 Kg) Rp2,6jt

* Domba/Kambing (27-29 Kg) Rp3jt

* Domba/Kambing (30-33 Kg) Rp3.3jt

* Sapi 1/7 Ekor (220-270 Kg) Rp3jt

* Sapi (220-270 Kg) Rp21jt

* Kaleng 1/7 Sapi (220-270 Kg) Rp3jt

* Kaleng 1 Sapi (220-270 Kg Rp21jt.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending