Connect with us

NASIONAL

Ciptakan Aplikasi “MAJA”, Mahasiswa FTUI Raih Juara di Festival Nuklir Nasional

Published

on

FEM Indonesia, DepokPriscilla Tiffany, mahasiswi Departemen Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), baru-baru ini menjadi sorotan publik.

Pasalnya, Priscilla meuangkan sebuah ide yang luar biasa, adalah mencoba mengembangkan nuklir sebagai sumber energi primer lewat sebuah aplikasi.

Mahasiswa angkatan 2021 ini menuangkan idenya dalam sebuah paper berjudul “Youth for Nuclear Energy (YNE): Pemanfaatan Teknologi untuk Edukasi Menuju Target Implementasi Energi Nuklir 2050”.

“Dari permasalahan lingkungan yang ada dan minimnya ketertarikan masyarakat terhadap nuklir, saya menggagas sebuah aplikasi bernama Maja. Maja merupakan potongan (dari) kata remaja. Aplikasi ini dikembangkan dengan target para remaja Indonesia sebagai penggunanya,” ujar Priscilla dalam keterangan siaran persnya, belum lama ini.


Ia melanjutkan, aplikasi Maja juga bisa bermakna singkatan dari “mainin aja”, yang menggambarkan konsep menarik dan menghibur, meskipun tujuan utamanya adalah memberi edukasi dan promosi. Ia lantas menerangkan lima fitur utama Maja.

Fitur pertama adalah Artificial Intelligence (AI), di mana informasi energi nuklir dikemas dalam bentuk kuis dan user dapat menggunakan suara atau speech recognition untuk menjawab pertanyaan. Selain memberikan pertanyaan dan kunci jawaban, Maja AI juga memberikan penjelasan mengenai kunci jawaban yang diberikan, sehingga user mendapatkan informasi baru terkait energi nuklir.

Fitur kedua adalah permainan. Pada fitur ini, user diajak untuk memainkan permainan simulasi reaktor nuklir pada PTLN sehingga user dapat merasakan pengalaman pribadi serta berpartisipasi aktif dalam memberikan edukasi terkait implementasi energi nuklir yang dirangkai dalam metode gamifikasi.

Fitur permainan ini juga menjadi sarana edukasi untuk menunjukkan bahwa selama pengaturan pada reaktor nuklir dilakukan secara tepat, tidak akan terjadi ledakan reaktor seperti yang ditakutkan. Dalam permainan ini, user diajak untuk memahami dan menyimulasikan prosedur pembuangan limbah hasil reaktor nuklir, sehingga stigma yang salah mengenai limbah radioaktif dapat perlahan dihilangkan.

Fitur ketiga adalah artikel, yang memungkinkan user menggali sendiri informasi yang dibutuhkan mengenai energi nuklir. Pada fitur ini, user juga mendapatkan informasi mengenai berita terbaru terkait perkembangan energi nuklir.

Pengguna dapat berdiskusi dengan sesama pengguna Maja di fitur keempat. Dengan demikian, diperoleh berbagai sudut pandang dan sesama generasi muda Indonesia dapat saling mengedukasi dan mengoreksi apabila ada stigma yang kurang tepat terkait energi nuklir. Fitur ini juga bisa digunakan langsung tanpa harus membaca artikel terlebih dahulu.

Fitur kelima adalah komunitas. Gagasan pembuatan Maja didasari oleh harapan agar Maja dapat menjadi sarana edukasi dan promosi yang menjangkau seluruh generasi muda Indonesia. Oleh karena itu, lahir juga gagasan Youth for Nuclear Energy (YNE) yang merupakan komunitas beranggotakan generasi muda yang memiliki ketertarikan di bidang energi nuklir. Melalui komunitas ini, pemuda Indonesia bisa saling berdiskusi dan menyampaikan ide-ide inovatifnya untuk pengembangan energi nuklir di Indonesia.

Gagasan Priscilla Tiffany ini mengantarkannya dalam meraih juara tiga pada Paper Competition Festival Nuklir Nasional 2021 yang diadakan oleh Universitas Bangka Belitung bersama PT ThorCon Power Indonesia.

Dekan FTUI Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU menyambut baik gagasan aplikasi Maja yang digagas oleh Priscilla.

“Pemanfaatan energi nuklir dilakukan dengan mempertimbangan keamanan pasokan energi nasional dalam skala besar, mengurangi emisi karbon, tetap mendahulukan potensi energi baru dan terbarukan sesuai nilai keekonomiannya, serta mempertimbangkan energi nuklir sebagai pilihan terakhir dengan memperhatikan faktor keselamatan secara ketat,” ujarnya.

Ia berharap, aplikasi Maja dapat membantu program sosialisasi kepada masyarakat Indonesia tentang manfaat energi nuklir di berbagai bidang. Implementasi nuklir sebagai sumber energi, khususnya sebagai pembangkit listrik, masih menuai pro-kontra, sehingga menghambat pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Indonesia.

“Generasi muda dapat turut berperan dalam upaya pengembangan PTLN, salah satunya dengan mengedukasi masyarakat. YNE membidik generasi muda Indonesia, karena di masa depan mereka berperan dalam pemenuhan target implementasi energi nuklir pada tahun 2050,” harap Heri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

NASIONAL

Aku dan Ayah ‘Happy Days Out’ Bandung, Sukses Dimeriahkan Samuel Zylgwyn dan duo Aviwkila

Published

on

FEM Indonesia, Bandung – Tumbuh kembang anak perlu didukung dengan berbagai stimulasi yang dapat dilakukan mulai dari bermain hingga eksplorasi hal-hal baru bersama orang tua. 

Tidak hanya peran Ibu, pembentukan kognitif, emosional, hingga karakter anak melalui berbagai aktivitas menyenangkan juga membutuhkan peran penting dari Ayah. 

Mendukung hal tersebut, Baby Happy diapers, popok produksi WINGS Care, sukses dengan kegiatan bertajuk Aku dan Ayah Happy Days Out persembahan Baby Happy Body Fit Pants di Atrium 23 Paskal Shopping Center, Bandung pada 24 – 25 Februari 2024. Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai wadah bagi para Ayah agar menambah bonding time bersama si kecil. 

Darwin Dharmawan selaku Head Marketing Event, menyampaikan alasan acara khusus untuk anak dan ayah itu dihadirkannya kegiatan di Kota Bandung, Jawa Barat.

“Kami memahami bahwa ikatan emosional (bonding) antara orang tua dan anak sangatlah penting. Untuk itu, rangkaian kegiatan Aku dan Ayah Happy Days Out ini memfasilitasi orang tua, khususnya para Ayah dalam membangun kedekatan dengan si kecil. Selain merangsang motorik dan sensorik anak, manfaat berkelanjutan dari kegiatan bonding dengan anak dapat meningkatkan kecerdasan dan menumbuhkan rasa percaya diri ke depannya,” ujar Darwin kepada sejumlah awak media, Sabtu (24/2).

Keseruan kegiatan ‘Aku dan Ayah Happy Days Out’ jelas Darwin, diisi dengan berbagai permainan menarik untuk memperkuat bonding antara Ayah dan si kecil, seperti Lomba Ayah Pakaikan Popok, Lomba Bayi Merangkak, Baby Gym, Baby Treatment, dan Final Lomba Foto Cosplay bareng Ayah & si kecil dengan kostum yang menggemaskan. 

Selain itu, acara juga akan dimeriahkan oleh penampilan murid-murid TK dan PAUD, dongeng, kids fashion show, dan penyanyi duo Aviwkila serta penyanyi cilik Shakyra. Salah satu guest star yang paling ditunggu yaitu, aktor Samuel Zylgwyn akan hadir di hari Minggu.

Ada juga booth yang dapat dikunjungi, seperti booth Do It Yourself (DIY), sensory play corner, baby massage, dan photo booth gratis bagi si kecil ikut meramaikan kegiatan ini. Tak hanya itu, para orang tua juga lebih memahami keunggulan popok Baby Happy.

“Aku dan Ayah Happy Days Out merupakan program tahunan inisiatif Baby Happy yang telah diselenggarakan sejak 2016. Melalui kegiatan ini kami sekaligus memperkenalkan tipe popok celana yang memudahkan para Ayah saat memakaikannya ke si kecil. Bahannya pun halus, anti-bocor, dan memiliki daya serap yang banyak dan cepat sehingga kulit bayi tetap kering dan nyaman,” jelas Darwin Dharmawan.

Inovasi produk Baby Happy diapers dan semangat acara Aku dan Ayah Happy Days Out sejalan dengan filosofi WINGS Group, yaitu ‘The Good Things in Life Should Be Accessible for All’. Di mana WINGS Group, melalui Baby Happy, terus berkomitmen menyediakan produk-produk berkualitas terbaik yang dapat dijangkau oleh seluruh keluarga dan lapisan masyarakat tanpa terkecuali. 

Continue Reading

NASIONAL

Ini Daftar Sementara Caleg Peroleh Kursi di Gedung DPRD Kota Depok, PSI Kembali Raih 1 Kursi

Published

on

FEM Indonesia, DEPOK – Calon Legislatif (Caleg) Binton Jhonson Nadapdap dari PSI akhirnya bisa masuk daftar perolehan kursi di Gedung DPRD Kota Depok. Pendatang baru dari Daerah Pemilihan (Dapil) Beji, Cinere dan Limo, mendapat suara keseluruhan 9.658 suara. 

Berikut daftar sementara nama Caleg yang lolos duduki kursi DPRD Kota Depok berdasarkan data informasi dan hitungan surat suara masuk C1 yang diterima, Ahad (18/02/2024), 

I. PKS meraih 13 kursi.

Dapil 1 (Pancoran Mas)

PKS : 30.667 suara 

1. Much Hafid Nasir.

2. Imam Susanto.

Dapil 2 (Beji, Cinere dan Limo)

PKS : 41.853 suara.

1. T Farida Racmawati.

2. HTM Yusufsyah Putra.

Dapil 3 (Cimanggis)

PKS : 28.687 suara.

1. Ade Supriatna.

Dapil 4 (Sukmajaya)

PKS : 39.117 suara.

1. Hengky.

2. M Nur Hidayat.

Dapil 5 (Cilodong dan Tapos)

PKS : 51.764 suara.

1. Nuryuliani.

2. Ade Fimansyah.

3. Bambang Sutopo.

Dapil 6 (Sawangan, Bojongsari dan Cipayung)

PKS : 56.083 suara.

1. Khairullah.

2. Habib Syarif Gasim.

3. Ela Dahlia.

II. Gerindra meraih 8 kursi.

Dapil 1 (Pancoran Mas)

GERINDRA :  24.050 suara.

1. Edi Masturo.

Dapil 2 (Baji, Cinere dan Limo)

GERINDRA : 20.060 suara.

1. Mohamad HB.

Dapil 3 (Cimanggis)

GERINDRA : 15.041 suara.

1. Yeti Wulandari.

Dapil 4 (Sukmajaya)

GERINDRA : 16.246 suara.

1. Turiman.

Dapil 5 (Cilodong dan Tapos)

GERINDRA : 38.372 suara. 

1. Gerry Wahyu.

2. Hamzah.

Dapil 6 (Sawangan, Bojongsari dan Cipayung)

GERINDRA : 39.480 suara.

1. Qori Hatmalina.

2. Irfan Rifai.

III. Golkar meraih 7 kursi.

Dapil 1 (Pancoran Mas)

GOLKAR : 16.851 suara.

1. Supriatni.

Dapil 2 (Beji, Cinere dan Limo)

GOLKAR : 41.400 suara.

1. Tajudin Tabri.

2. Samuel Bonardo Parulian Situmorang.

Dapil 3 (Cimanggis)

GOLKAR : 9.802 suara.

1. Faresh El Fouz.

Dapil 4 (Sukmajaya)

GOLKAR : 16.225 suara.

1. Juana Sarmili.

Dapil 5 (Cilodong dan Tapos)

GOLKAR : 28.855 suara.

1. Fanny Fatmawati Putri.

Dapil 6 (Sawangan, Bojongsari dan Cipayung)

GOLKAR : 26.959 suara.

1. Nurdin Al Ardisoma.

IV. PDIP meraih 6 kursi.

Dapil 1 (Pancoran Mas)

PDIP : 12.156 suara.

1. Hendrik Tangke Allo.

Dapil 2 (Beji, Cinere dan Limo)

PDIP : 23.086 suara.

1. Imam Turidi.

Dapil 3 (Cimanggis)

PDIP : 16.992 suara.

1. Indah Ariani.

Dapil 4 (Sukmajaya)

PDIP : 13.255 suara.

1. Fransiscus Samosir.

Dapil 5 (Cilodong-Tapos)

PDIP : 18.576 suara.

1. Rudi Kurniawan.

Dapil 6 (Sawangan, Bojongsari dan Cipayung)

PDIP : 25.808 suara.

1. Yuni Indriyani

V. PKB meraih 5 kursi.

Dapil 1 (Pancoran Mas)

Dapil 2 (Beji, Cinere dan Limo)

PKB : 11.404 suara.

1. Tati Rachmawati.

Dapil 3 (Cimanggis)

PKB : 14.635 suara.

1. Ade Ibrahim.

Dapil 4  (Sukmajaya)

Dapil 5 (Cilodong dan Tapos)

PKB : 20.888 suara.

1. Abdul Khoir.

Dapil 6 (Sawangan, Bojongsari dan Cipayung)

PKB : 32.638 suara.

1. Babai Suhaimi.

2. Siswanto.

VI. Demokrat meraih 5 kursi.

Dapil 1 (Pancoran Mas)

Dapil 2 (Beji, Cinere dan Limo)

DEMOKRAT : 11.706 suara.

1. Aditya Wiradi Putra.

Dapil 3 (Cimanggis)

DEMOKRAT : 13.517 suara.

1. Edi Sitorus 

Dapil 4 (Sukmajaya)

DEMOKRAT : 11.200 suara.

1. Endah Winarti.

Dapil 5 (Cilodong dan Tapos)

DEMOKRAT : 12.456 suara.

1. M Taufik.

Dapil 6 (Sawangan, Bojongsari dan Cipayung)

DEMOKRAT : 13.422 suara.

1. HM Imam Yuniawan.

VII. PPP meraih 2 kursi.

Dapil 1 (Pancoran Mas)

PPP : 12.235 suara.

1. Mazhab HM.

Dapil 2 (Beji, Cinere dan Limo)

Dapil 3 (Cimanggis)

Dapil 4 (Sukmajaya)

Dapil 5 (Cilodong dan Tapos)

Dapil  6 (Sawangan, Bojongsari dan Cipayung)

PPP : 17.024 suara.

1. Qonita Lutfiah.

VIII. PAN meraih 2 kursi.

Dapil 1 (Pancoran Mas)

Dapil 2 (Beji, Cinere dan Limo)

Dapil 3 (Cimanggis)

Dapil 4 (Sukmajaya)

Dapil 5 (Cilodong dan Tapos)

PAN : 11.773 suara. 

1. Igun Sumarno.

Dapil 6 (Sawangan, Bojongsari dan Cipayung)

PAN : 17.361 suara.

1. Denny Kartika.

IX. PSI meraih 1 kursi.

Dapil 1 (Pancoran Mas)

Dapil 2 (Beji, Cinere dan Limo)

PSI : 9.658 suara.

1. Binton Jhonson Nadapdap.

Dapil 3 (Cimanggis)

Dapil 4 (Sukmajaya)

Dapil 5 (Cilodong dan Tapos)

Dapil 6 (Sawangan, Bojongsari dan Cipayung)

X. Nasdem meraih 1 kursi.

Dapil 1 (Pancoran Mas)

Dapil 2 (Beji, Cinere dan Limo)

Dapil 3 (Cimanggis)

Dapil 4 (Sukmajaya)

Dapil 5 (Cilodong dan Tapos)

NASDEM : 10.341 suara.

1. Samsul Ma’arip 

Dapil 6 (Sawangan, Bojongsari dan Cipayung).

Total dari keseluruhan jumlah Caleg DPRD Kota Depok tersebut berjumlah 50 orang Caleg. 

(***)

Continue Reading

NASIONAL

Prabowo Gibran Menang Telak di Quick Count, Mila Ayu : Ini Kemenangan Rakyat!

Published

on

FEM Indonesia – Pengacara cantik, Mila Ayu Dewata Sari yang akrab dikenal mila cheah mengaku mendukung Prabowo Gibran. Mantan model dan penyanyi ini juga sempat hadir di istora senayan dan di kartanegara mendampingi sosok Witjaksono sang pelopor pejuang ppp.

Mila bersama sahabatnya itu menyambut senang atas kemenangan Prabowo Gibran dalam konstetasi Pemilu 2024.

“Saya sebagai ketua tim advokasi pejuang ppp dan wakil ketua tim kuasa hukum Rumah Gibran yang bernaung di bendera PNI (Pengacara Nusantara Indonesia) mengucapkan selamat kepada bapak Prabowo Gibran atas kemenangan hasil quick count pilpres 2024,” ujar Mila kepada FEM Indonesia, Jum’at (16/2/2023).

Mila menambahkan, bahwa salah satu kelompok barisan koalisi dari indonesia maju dari partai PPP yang di inisiasi oleh pejuang PPP Witjaksono, menyambut kemenangan meski masih versi quick count ini.

“Saya ucapkan selamat untuk Pak Prabowo dan Mas Gibran menjadi Presiden dan Wakil Presiden untuk lima tahun ke depan. Insya Allah untuk lima tahun ke depan, Pak Prabowo sara kira bisa membawa Indonesia untuk jauh lebih maju, Insya Allah,” kata Witjaksono.

Witjaksono menyebut, dukungan para relawan termasuk Pejuang PPP sejak Desember 2023 lalu memberikan dampak signifikan. Sebab, menurut dia, elektabilitas Prabowo-Gibran yang sempat stagnan berangsur menguat di atas 50 persen dan dibuktikan dengan hasil hitung cepat.

“Alhamdulillah karena kerja keras kita semua. Dan kalau teman-teman ingat di akhir tahun lalu, pada 28 Desember 2023 saat kita awal deklarasi, pasangan 02 masih menyentuh di 43 persen. Pasca seminggu setelahnya, hampir dua minggu kemudian, naik menjadi 48 persen,” ungkapnya.

“Dan ini kerja semuanya, kita dari Pejuang PPP bekerja, dari koalisi kerja, dan dari semua stakeholder bekerja. Alhamdulillah hasil quick count itu di luar ekspektasi kita di atas 58 persen, luar biasa,” tambahnya.

Disinggung soal kemungkinan Pejuang PPP masuk dalam pemerintahan, Witjaksono memastikan Pejuang PPP belum memikirkan hal tersebut. Sebab, ia menyerahkan sepenuhnya segala keputusan tersebut pada presiden yang terpilih Oktober nanti. 

“Kalau itu hak prerogatif presiden, jadi kita nggak bisa bicara apa-apa yang jelas kita sudah berjuang untuk memenangkan 02. Bahkan kita deklarasi di mana-mana dan hasil internalnya dari TKN sendiri surveinya bahwa pasca kita deklarasi, 50 persen lebih suara dari PPP beralih ke 02,” tandas Witjaksono.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending