Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Ini Alasan Personal Branding Perlu Dalam Jalankan Usaha

Published

on

FEM Indonesia – Dulu hal ini masih dipandang sebelah mata dalam menjalankan usaha. Namun kini di era digital, branding tak hanya untuk produk tetapi secara personal juga perlu.

Pasalnya personal branding membantu individu atau bisnis terlihat berbeda dan lebih menonjol dibandingkan yang lain. Bahkan membangun personal branding atau tampilan yang ingin diperkenalkan ke luar menjadi sebuah kebutuhan. Hal tersebut diakui Founder Kopi Chuseyo, Daniel Hermansyah.

“Sebagai founder bisnis, saya harus living the brand, bukan hanya gimmick. Pastinya harus sesuai dengan brand atau produk bisnis yang saya jalankan agar mendapat kepercayaan banyak orang,” katanya.

Dilanjutkan dalam siaran Podcast Obsesif kolaborasi Medio by KG Media dan Niagahoster, belum lama ini, bahwa personal branding harus dilakukan dengan konsisten dan bukan secara pura-pura sehingga dirinya dapat menjaring interaksi yang lebih aktif dari pelanggan Kopi Chuseyo. Bahkan terus untuk up to date dengan tren terbaru juga dilakukan.

“Yang terpenting adalah mengerjakannya dengan 110% dan jangan setengah-setengah. Ada upaya, ada kegigihan, dan lakukan branding dari hati agar dapat living the brand,” jelasnya lagi seraya menambahkan guna membangun personal branding yang baik maka terlebih dahulu kenali diri sendiri dan kemampuan yang dimiliki.

Hal senada diungkapkan Head of Brand and Communication Team Niagahoster, Ayunda Zikrina. Menurutnya personal branding dapat meningkatkan kesempatan seseorang dalam persaingan pencarian kerja.

“Ketika CV sudah masuk ke perusahaan, rekruter akan menelusuri internet. Maka sangat bagus jika seseorang memiliki bekal personal branding yang cukup untuk bersaing,” jelasnya.

Sementara itu, kata Daniel, pemanfaatan platform digital yang tepat untuk personal branding juga harus dilakukan. Pasalnya walau kini menjamur media sosial dan memegang peranan penting namun tetap harus diimbangi dengan penampilan secara in-person.

“Kalau secara online personal brandingnya sudah bagus dan kuat, harus diikuti dengan penampilan secara offline. Jangan sampai personal branding secara online dan offline tidak sejalan,” pungkasnya. [foto : dokumentasi/teks : denim]

Ekonomi & Bisnis

Public Expose, SAPX Express Tak Bagikan Dividen dan Angkat Anggara Mastangi Sebagai Direktur Keuangan Baru

Published

on

FEM Indonesia, Jakarta PT Satria Antaran Prima Tbk atau lebih dikenal sebagai SAPX Express (Perseroan) selaku adalah perusahaan jasa pengiriman yang beroperasi tahun 2014 menggelar Public Expose Tahunan SAPX dan Insidentil 2024 di Park Hotel Cawang, Jakarta Timur, Rabu (12/6/2024).

Rapat yang dihadiri para direksi dan pemegang saham SAPX Express menghasilkan beberapa keputusan diantaranya tidak membagikan dividen atau keuntungan kepada pemegang saham dikarenakan keuntungan perusahaan dimasukan untuk permodalan untuk mengatasi kompetisi jasa pengiriman yang kian ketat.

Keputusan berikutnya mempertahankan susunan direksi sebelumnya dengan disertai pergantian direktur keuangan yang lama.

“Kami sepakat mengangkat Anggara Mastangi sebagai Direktur Keuangan yang baru,” ujar Presiden Direktur SAPX Express, Budiyanto Darmastono.

Budiyanto mengatakan perusahaan kurir ekspres dan logistik terkemuka di Indonesia yang dipimpinnya saat ini mengalami konsolidasi di tengah membaiknya situasi pasca pandemik Covid-19.

Ia menilai ketidakpastian ekonomi dan geopolitik sepanjang tahun 2023 serta Tahun Politik di 2024 mengakibatkan pasar mengalami lonjakan volume transaksi selama pandemik karena banyaknya masyarakat yang membeli barang secara online perlahan mengalami penurunan dikarenakan masyarakat mulai kembali berbelanja offline ditambah dengan melemahnya daya beli masyarakat sehingga mengakibatkan industri kurir mengalami excess capacity yang disiapkan selama terjadi nya lonjakan volume semasa Covid.

“Sektor e-commerce sebagai salah satu penyumbang terbesar volume kiriman perusahaan kurir mengalami perlambatan pertumbuhan sehingga memberikan dampak terhadap pendapatan dan profitability perusahaan perusahaan kurir di Indonesia,” kata Budiyanto.

Hal senada dikatakan Denny Parhan sebagai Corporate Secretary bahwa SAPX Express memiliki basis Client Korporasi yang kuat sehingga masih mampu menorehkan capaian positif pada tahun 2023 sejalan dengan prospek usaha yang disusun oleh Manajemen dengan memperhatikan kondisi ekonomi dan bisnis yang sangat dinamis.

Selain kondisi ekonomi, lanjut Denny, Perseroan juga menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Situasi kompetitif pada bisnis pengiriman tentunya memerlukan terobosan solusi yang dapat meningkatkan nilai tambah perusahaan melalui pengembangan usaha, menurunkan biaya-biaya sekaligus meningkatkan competitiveness Perseroan, serta melakukan penguatan kinerja bisnis inti untuk meningkatkan pendapatan.

“Dari realisasi perolehan pendapatan, Perseroan masih mampu mencapai pertumbuhan kenaikan pendapatan yaitu dari Rp591,90 Miliar di tahun 2022 menjadi Rp622,18 Miliar. Sebagian besar pendapatan tersebut dikontribusikan dari kenaikan pendapatan kurir sebesar 9,34% dibandingkan tahun sebelumnya menjadi Rp334,93 Miliar di tahun ini,” jelas Denny.

Selain itu, Perseroan mencatatkan total nilai aset sebesar Rp324,16 Miliar, yang merupakan peningkatan dibandingkan nilai aset tahun 2022. Hal tersebut dikarenakan kenaikan aset lancar dari Rp177,60 Miliar pada tahun 2022 menjadi Rp246,97 Miliar di tahun 2023, yang ditopang oleh deposito berjangka yang dibatasi penggunaannya sebesar Rp17,00 Miliar dan piutang usaha kepada pihak ketiga sebesar Rp147,18 Miliar.

“Laba usaha meningkat menjadi Rp3,85 Miliar di tahun 2023 dari sebelumnya Rp1,14 Miliar di tahun 2022,” ungkapnya.

Ia menambahkan, d samping upaya untuk lebih menyehatkan kondisi keuangan, Perseroan juga akan melanjutkan pembenahan pengelolaan perusahaan, termasuk dengan melakukan pengembangan SDM dan teknologi informasi agar Perseroan dapat menjalankan operasional dengan baik dan menjaga prospek pertumbuhannya secara berkelanjutan.

“Situasi bisnis yang semakin kompetitif juga disikapi dengan peningkatan kualitas penerapan Tata Kelola Perusahaan di lingkungan Perseroan. Tidak hanya sebagai pemenuhan tanggung jawab terhadap regulator dan peraturan perundang-undangan yang berlaku (regulatory driven), namun penerapan Tata Kelola Perusahaan merupakan bagian dari upaya Perseroan dalam mengelola prospek keberlanjutan usahanya,” pungkasnya.

Continue Reading

Ekonomi & Bisnis

Tingkatkan Kepedulian, BRI KC TB Simatupang Serahkan Ambulans ke Yayasan Daarul Anwar Insani

Published

on

FEM Indonesia, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) melalui Kantor Cabang TB Simatupang menyerahkan bantuan satu unit mobil ambulans kepada Yayasan Daarul Anwar Insani, Jakarta Selatan di akhir Januari 2024.

Penyerahan mobil ambulans dilakukan oleh Manager Operasional BRI Kantor Cabang TB Simatupang, Desi Rahayu dan diterima langsung oleh Pengurus Yayasan Daarul Anwar Insani, Agung.

Manager Operasional BRI Kantor Cabang TB Simatupang, Desi Rahayu mengatakan, penyerahan bantuan ini merupakan upaya BRI dalam meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab kepada masyarakat yang diimplementasikan dengan program BRI Berbagi dan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) BRI.

“Diharapkan dengan penyerahan mobil ini dapat membantu masyarakat di lingkungan Daarul Anwar Insani dan sekitarnya di dalam hal mobilisasi ke rumah sakit jika sewaktu-waktu ada masyarakat yang membutuhkan layanan transportasi ke rumah sakit atau kegiatan lainnya yang membutuhkan ambulans,” ungkap Desi, Sabtu (4/5/2024).

Desi menambahkan, penyerahan bantuan mobil ambulans hari ini merupakan salah satu bentuk cinta BRI kepada masyarakat, khususnya warga di wilayah operasional BRI Kantor Cabang TB Simatupang.

“BRI berbagi dengan masyarakat ini merupakan bagian penting untuk membantu warga pada hal-hal yang sangat penting dan dibutuhkan. Sekaligus menginformasikan bahwa in BRI adalah bank ‘wong cilik’ yang selalu hadir di tengah mereka,” ungkap Desi.

Pengurus Yayasan Daarul Anwar Insani, Agung menambahkan, pihaknya mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada BRI atas bantuan yang diberikan berupa satu mobil ambulans dimana nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan dalam hal pelayanan kesehatan dan lainnya.

“Semoga BRI terus tumbuh bersama masyarakat, dan mendapat berkah dalam setiap kinerjanya, ” tutup Agung. 

Continue Reading

Ekonomi & Bisnis

Hari Tanpa Tembakau Sedunia, KC BRI Bekasi Siliwangi Ramaikan CFD dengan BRImo Mudah dan Serba Bisa

Published

on

FEM Indonesia, Bekasi – BRI Kantor Cabang Bekasi Siliwangi mengikuti kegiatan Car Free Day (CFD) di Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, Minggu (9/6/2024) lalu.

Dalam kegiatan ini digelar Open Booth pembukaan rekening BRI dan aplikasi BRIMO, nasabah bisa mendapatkan voucher senilai Rp100 ribu.

Voucher senilai Rp100 ribu bisa digunakan para peserta untuk membeli mineral water dan isotonic water senilai Rp1. 

Pemimpin BRI Kantor Cabang (KC) Bekasi Siliwangi, Yanuar Akademikus Arbifirdaus, mengatakan, BRI sangat komitmen terhadap sistem perbankan yang sehat di Indonesia berdasarkan penerapan tata kelola Good Corporate Governance.

“BRI terus berkomitmen untuk menghadirkan solusi perbankan yang inovatif demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, khususnya di Bekasi,” ujarnya. 

Arbif juga menjelaskan, selain diikuti masyarakat umum, CFD kali ini juga diikuti 3 Kantor Cabang BRI. Salah satunya yaitu Kantor Cabang BRI Bekasi Siliwangi.

Dalam kegiatan CFD yang merupakan rangkaian Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini, BRI Cabang Bekasi Siliwangi juga mengadakan Funbike, Fun Runner dan Olahraga Zumba. 

Hadir dalam kegiatan ini yaitu Pj Walikota Bekasi, R Gani Muhamad didampingi Asda II Inayatullah, Dinas Kesehatan Kota Bekasi serta dihadiri ratusan masyarakat, pelajar dan anak muda.

Para pelajar dan pemuda serta masyarakat itu berasal dari masing-masing kecamatan yang ada di Kota Bekasi. “Mereka melakukan aksi begitu meriah dan penuh semangat di tengah berlangsungnya CFD,” tutupnya.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending