Connect with us

NASIONAL

Kapolri Instruksikan Kapolda Pastikan Minyak Goreng Tersedia di Pasar Tradisional dan Modern

Published

on

FEM IndonesiaKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh Kapolda di Indonesia untuk memastikan ketersediaan minyak goreng untuk masyarakat di pasar tradisional maupun pasar modern.

Hal itu saat Kapolri memberikan pengarahan bersama Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi melalui Video Confference (Vicon) dengan seluruh Kapolda di Indonesia.

“Yang paling penting harus dipastikan rekan-rekan mulai hari ini, besok sampai dengan minggu depan minyak goreng harus ada di lapangan. Baik di pasar modern maupun pasar tradisional. Tolong betul-betul diawasi,” ujar Sigit dalam Vicon yang digelar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (14/3/2022).

Menurut Sigit, berdasarkan data yang dipaparkan oleh Menteri Perdagangan, stok kebutuhan minyak goreng untuk dalam negeri dalam keadaan aman. Demi tetap memastikan terjaminnya ketersediaan minyak goreng dalam negeri, mantan Kabareskrim Polri itu meminta kepada seluruh Kapolda dan Kapolres jajaran untuk mencegah terjadinya potensi-potensi pelanggaran yang dilakukan oleh para pihak.

“Indikasi pelanggaran terkait apakah kewajibannya betul-betul sudah disalurkan ke produsen atau hanya sekedar dokumennya saja. Yang nanti tolong dipastikan untuk dipantau. Kita memastikan produsen minyak goreng sudah produksi sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat” terang Sigit.

Lanjut Sigit, kemudian juga mengingatkan adanya celah pelanggaran terkait dengan disparitas harga dalam penjualan di pasar internasional. Lalu, kata Sigit, juga ada indikasi pelanggaran aliran minyak sawit mentah atau CPO yang seharusnya disalurkan untuk kebutuhan rumah tangga, namun justru digeser ke pasar industri, karena adanya selisih harga yang cukup tinggi.

“Bagaimana kemudian stok yang ada akan diusahakan untuk ditahan atau mengambil margin dengan selisih harga. Ini juga tolong rekan-rekan nanti perhatikan,” ucapnya. Ia juga menyebut, para Kasatwil harus melakukan pengawasan ketat kepada pihak produsen dan distributor untuk memastikan melakukan penyaluran sesuai dengan tujuannya.

“Karena seharusnya yang terjadi adalah kebutuhan dengan minyak curah, minyak kemas sudah ada jumlahnya masing-masing,” jelas Sigit.

Disisi lain, Sigit menegaskan, Kapolda jajaran juga harus melakukan pengawasan ketat di pelabuhan, jalur-jalur perbatasan, hingga jalur darat untuk mencegah adanya pelanggaran dari produsen yang mencoba bermain-main untuk melakukan ekspor CPO dan turunannya secara diam-diam.

Kementerian Perdagangan telah membuat kebijakan terkait dengan perusahaan untuk melakukan ekspor. Pasalnya, mereka harus menyelesaikan kewajibannya soal domestic market obligation atau DMO. “Pastikan cek dengan dinas perdagangan dan satgas untuk koordinasi terkait dengan adanya potensi barang dilarikan ke luar. Karena itu, lakukan pengawasan proses distribusi di dalam maupun luar negeri melalui jalur-jalur yang digunakan,” papar Sigit.

Selain itu, Sigit menyampaikan, para Kasatwil juga harus melakukan pengawasan dalam hal penyaluran. Menurutnya, itu untuk memberikan kepastian dan jaminan minyak goreng tersebut terdistribusi ke pasar.

“Jadi ini tolong dicek semua. Agar kita tahu masalahnya dimana. Sehingga disitu kita bisa melakukan penegakan aturan. Kita lakukan penegakan hukum apabila memang itu diperlukan. Jangan sampai ada kecurangan. Mohon rekan-rekan ambil langkah dilapangan. Lakukan langkah-langkah, koordinasi dengan satgas. Tolong para Kapolda libatkan juga rekan-rekan yang lain selain satgas untuk mengawasi pelabuhan, perbatasan, dan jalur distribusi lainnya. Sehingga pengawasan kita menjadi lebih kuat. Karena kita harus pastikan seluruh kebutuhan minyak goreng ada dilapangan,” paparnya.

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi meminta kepada Kapolri untuk memastikan tidak adanya pihak distributor yang menahan stok minyak goreng. Kemudian, Ia juga berharap, polisi dapat mencegah adanya pengiriman minyak goreng yang tidak resmi ke luar negeri.

Kemudian, Lutfi menyebut bahwa, pihaknya siap melakukan koordinasi dan kerjasama dengan seluruh jajaran kepolisian di seluruh wilayah Indonesia, guna memastikan kebutuhan minyak goreng masyarakat terpenuhi.

“Saya sadar ini bukan hal yang mudah. Saya mohon bantuan untuk koordinasi sama-sama. Saya yakin ini harus kita sukseskan, kepentingan kita semua. Saya mohon pak Kapolri koordinasi. Terima kasih bapak-ibu mudah-mudahan kita bisa kerjasama. Setidaknya jelang puasa atau Ramadan kita bisa khusuk ibadah Ramadan dan sampai lebaran aman, tenteram dan semua terjangkau dan terkoordinasi dengan baik,” pungkas Lutfi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

NASIONAL

Permudah Masyarakat yang ingin Berkurban, BAZNAS RI Gandeng Blibli

Published

on

FEM Indonesia – Di era digital saat ini banyak kegiatan dilakukan secara online, termasuk Kurban. Oleh karena itu, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bekerja sama dengan Blibli mempermudah masyarakat yang ingin Kurban sesuai syariah.

Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan M.Si, CFRM mengatakan pihaknya komitmen memberikan kemudahan agar Mudhohi (masyarakat yang mampu Kurban-red.) merasa nyaman dan syariah bila kurbannya dikelola BAZNAS. 

“Kurban Berkah BAZNAS tahun 2024 ini kami kembali hadir lewat berbagai platform digital, salah satunya masyarakat bisa berkurban melalui Blibli,” kata Rizaludin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (13/6/2024). 

Ia menjelaskan, target penghimpunan Kurban Berkah BAZNAS 2024 oleh BAZNAS RI yakni 9000 ekor setara domba/kambing yang akan didistribusikan ke seluruh provinsi di Indonesia. 

Sementara untuk target kurban BAZNAS Daerah sebanyak 350.000 ekor domba/kambing, LAZ se-Indonesia sebanyak 350.000 ekor domba/kambing, dan kurban umat Islam Indonesia di masjid dan komunitas sebanyak 3.360.000 ekor setara domba/kambing.

“Alhamdulillah, kepercayaan masyarakat terus meningkat setiap tahunnya. Kami mengajak kepada masyarakat Indonesia, seluruh calon mudhohi untuk berkurban di BAZNAS, berkurban yang terbaik sesuai syariah dan sepenuhnya untuk kepentingan para mustahik di Indonesia,” katanya. 

Dengan mengangkat tema “Tentramnya Mudhohi, Bahagianya Mustahik”, BAZNAS berupaya pekurban merasakan kedamaian dalam ibadah kurban mereka, meneguhkan keyakinan bahwa setiap tindakan baik akan membawa ketentraman di hati. 

Bagi masyarakat yang ingin Kurban di Blibli dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

Kunjungi bit.ly/kurbanbaznas-blibli, lalu gulirkan ke bawah dan pilih Jenis Hewan Kurban yang diinginkan, lalu klik “Beli Sekarang”, selanjutnya pilih metode pembayaran yang diinginkan, setelah itu klik “Bayar”, selesaikan pembayaran hingga sukses.

Berikut harga jual hewan ternak di Kurban Berkah BAZNAS 2024 : 

* Domba/Kambing (23-26 Kg) Rp2,6jt

* Domba/Kambing (27-29 Kg) Rp3jt

* Domba/Kambing (30-33 Kg) Rp3.3jt

* Sapi 1/7 Ekor (220-270 Kg) Rp3jt

* Sapi (220-270 Kg) Rp21jt

* Kaleng 1/7 Sapi (220-270 Kg) Rp3jt

* Kaleng 1 Sapi (220-270 Kg Rp21jt.

Continue Reading

Ekonomi & Bisnis

Tingkatkan Kepedulian, BRI KC TB Simatupang Serahkan Ambulans ke Yayasan Daarul Anwar Insani

Published

on

FEM Indonesia, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) melalui Kantor Cabang TB Simatupang menyerahkan bantuan satu unit mobil ambulans kepada Yayasan Daarul Anwar Insani, Jakarta Selatan di akhir Januari 2024.

Penyerahan mobil ambulans dilakukan oleh Manager Operasional BRI Kantor Cabang TB Simatupang, Desi Rahayu dan diterima langsung oleh Pengurus Yayasan Daarul Anwar Insani, Agung.

Manager Operasional BRI Kantor Cabang TB Simatupang, Desi Rahayu mengatakan, penyerahan bantuan ini merupakan upaya BRI dalam meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab kepada masyarakat yang diimplementasikan dengan program BRI Berbagi dan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) BRI.

“Diharapkan dengan penyerahan mobil ini dapat membantu masyarakat di lingkungan Daarul Anwar Insani dan sekitarnya di dalam hal mobilisasi ke rumah sakit jika sewaktu-waktu ada masyarakat yang membutuhkan layanan transportasi ke rumah sakit atau kegiatan lainnya yang membutuhkan ambulans,” ungkap Desi, Sabtu (4/5/2024).

Desi menambahkan, penyerahan bantuan mobil ambulans hari ini merupakan salah satu bentuk cinta BRI kepada masyarakat, khususnya warga di wilayah operasional BRI Kantor Cabang TB Simatupang.

“BRI berbagi dengan masyarakat ini merupakan bagian penting untuk membantu warga pada hal-hal yang sangat penting dan dibutuhkan. Sekaligus menginformasikan bahwa in BRI adalah bank ‘wong cilik’ yang selalu hadir di tengah mereka,” ungkap Desi.

Pengurus Yayasan Daarul Anwar Insani, Agung menambahkan, pihaknya mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada BRI atas bantuan yang diberikan berupa satu mobil ambulans dimana nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan dalam hal pelayanan kesehatan dan lainnya.

“Semoga BRI terus tumbuh bersama masyarakat, dan mendapat berkah dalam setiap kinerjanya, ” tutup Agung. 

Continue Reading

Ekonomi & Bisnis

Hari Tanpa Tembakau Sedunia, KC BRI Bekasi Siliwangi Ramaikan CFD dengan BRImo Mudah dan Serba Bisa

Published

on

FEM Indonesia, Bekasi – BRI Kantor Cabang Bekasi Siliwangi mengikuti kegiatan Car Free Day (CFD) di Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, Minggu (9/6/2024) lalu.

Dalam kegiatan ini digelar Open Booth pembukaan rekening BRI dan aplikasi BRIMO, nasabah bisa mendapatkan voucher senilai Rp100 ribu.

Voucher senilai Rp100 ribu bisa digunakan para peserta untuk membeli mineral water dan isotonic water senilai Rp1. 

Pemimpin BRI Kantor Cabang (KC) Bekasi Siliwangi, Yanuar Akademikus Arbifirdaus, mengatakan, BRI sangat komitmen terhadap sistem perbankan yang sehat di Indonesia berdasarkan penerapan tata kelola Good Corporate Governance.

“BRI terus berkomitmen untuk menghadirkan solusi perbankan yang inovatif demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, khususnya di Bekasi,” ujarnya. 

Arbif juga menjelaskan, selain diikuti masyarakat umum, CFD kali ini juga diikuti 3 Kantor Cabang BRI. Salah satunya yaitu Kantor Cabang BRI Bekasi Siliwangi.

Dalam kegiatan CFD yang merupakan rangkaian Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini, BRI Cabang Bekasi Siliwangi juga mengadakan Funbike, Fun Runner dan Olahraga Zumba. 

Hadir dalam kegiatan ini yaitu Pj Walikota Bekasi, R Gani Muhamad didampingi Asda II Inayatullah, Dinas Kesehatan Kota Bekasi serta dihadiri ratusan masyarakat, pelajar dan anak muda.

Para pelajar dan pemuda serta masyarakat itu berasal dari masing-masing kecamatan yang ada di Kota Bekasi. “Mereka melakukan aksi begitu meriah dan penuh semangat di tengah berlangsungnya CFD,” tutupnya.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending