Connect with us

Ragam

Musisi Tiwu Rayie Sebut Inovasi Menu Paling Penting Dalam Bisnis Kuliner

Published

on

FEM Indonesia – Selalu melakukan terobosan baru merupakan salah satu cara memperpanjang usaha kuliner untuk bertahan.

Untuk diketahui bisnis kuliner belakangan makin digandrungi masyarakat. Terlebih bisnis ini bertahan saat pandemic. Hal tersebut diakui musisi yang juga owner restoran Dapur MTW, Tiwu Rayie, Selasa (26/4).

“Dalam menjalankankan bisnis kuliner, inovasi paling penting untuk bertahan. Jadi inovasi menu selalu ada. Entah itu setahun sekali atau dua kali sekali atau mencoba menu beberapa kali dalam sebulan,” katanya dalam talkshow ‘Bedah Dapur #2: Raup Untung dengan Kelola Dapur Secara Efisien’ yang diselenggarakan Food Market Hub.

Selain itu, lanjutnya, penggunaan tehnologi sebagai sarana marketing seperti media sosial juga menjadi penting. Namun untuk hal tersebut perlu konsisten dijalankan.

“Makanya harus ada admin, sebab medsos itu konstan. Jadi ada yang mesti pegang medsos. Desain juga harus menarik,” jelas Tiwu.

Tiwu menambahkan perhatian lain yang tak kalah penting harus diperhatikan adalah bahan baku yang berkualitas. Pasalnya Ramadan menjadi salah satu satu bulan tersibuk bagi para pemilik restoran. Namun hal ini bukan merupakan masalah bagi Tiwu, semisal kesulitan meng-update stok kebutuhan bahan baku restoran lantaran perubahan waktu makan konsumen.

“Syukurnya kami berhasil restock meski memang butuh waktu. Belajar dari situ, kami perbaiki sistem pengadaan sehingga bisa memprediksi kapan harus restock,” ucapnya.

Sementara itu, Acquisition Lead Food Market Hub, Rona Hartriant tak menampik jika problematika yang diceritakan oleh Tiwu Rayie adalah satu satu alasan Food Market Hub menyediakan layanan procurement. Apalagi manajemen sistem procurement bahan baku dapat membantu para pemilik restoran mengurangi pemborosan.

“Jika restoran sudah menggunakan Food Market Hub, mereka bisa memprediksi jumlah stok bahan makanan atau minuman yang dibutuhkan berdasarkan track record, sehingga masalah kehabisan stok bahan baku bisa dihindari,” ucap Rona.

Dilanjutkan, dengan prediksi stok bahan baku yang akurat, restoran mampu mengurangi limbah sisa makanan secara drastis sehinga dapat menghemat biaya operasional.

“Bahkan, tak hanya bertahan, pemilik restoran pun bisa fokus mengembangkan restorannya,” imbuhnya. [foto : dokumentasi/teks : denim]

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

NASIONAL

Aksi Hijau Peduli Lingkungan, Yayasan WINGS Tanam Ratusan Pohon Mangrove di PIK

Published

on

FEM Indonesia – Yayasan WINGS Peduli menggelar Aksi Hijau dengan menanam ratusan pohon mangrove bersama puluhan karyawan WINGS Group di kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK). 

Bersama Lindungi Hutan, organisasi di bidang lingkungan dan kehutanan, kegiatan ini menjadi bagian dari komitmen #WINGSPeduliLingkungan untuk melakukan konservasi alam dan keanekaragaman hayati di salah satu wilayah hutan mangrove di pusat kota di Jakarta, sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024.

Djuhana, Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Flora Mangrove yang hadir di kegiatan Aksi Hijau ini turut menyampaikan apresiasinya.

“Kami berterima kasih dan mengapresiasi Yayasan WINGS Peduli atas dukungan dan kerjasamanya. Terkhusus untuk program menanam mangrove bersama karyawan, hal ini memberikan banyak manfaat bagi lingkungan.”

Pohon mangrove katanya berperan penting dalam restorasi lahan di Teluk Jakarta yang terdegradasi, serta menjaga kualitas air dan udara di sekitarnya. 

Miftachur Robani, CEO Lindungi Hutan mengatakan bahwa Mangrove dapat menyangga spektrum ekosistem di sekitar, seperti gugus karang, padang lamun, hingga hamparan lumpur dan pasir. 

“Keberadaannya dapat melindungi pantai dari abrasi dan intrusi air laut. Mangrove di Indonesia sendiri merupakan salah satu hutan kaya karbon dunia, yang dapat mengatasi perubahan iklim, yang kini menjadi permasalahan penduduk dunia,” ujarnya.

Dalam program Aksi Hijau ini, Yayasan WINGS Peduli menanam 500 pohon mangrove bersama puluhan karyawan WINGS Group dari berbagai departemen. Setelah dilakukan penanaman, melalui Lindungi Hutan, Yayasan WINGS Peduli akan melakukan pemeliharaan pohon, seperti penyulaman atau mengganti pohon mangrove yang mati dengan bibit baru, serta penyiangan atau menghilangkan tumbuhan liar yang mengganggu pertumbuhan mangrove.

Inisiatif ini melibatkan karyawan WINGS Group Indonesia dalam Aksi Hijau ini merupakan upaya Yayasan WINGS Peduli untuk memberikan pengalaman kepada karyawan dalam mewujudkan aksi pelestarian lingkungan. Khususnya di momen Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Yayasan WINGS Peduli mengajak karyawan menjadi bagian dari #GenerationRestoration, yang tahun ini berfokus pada Land Restoration, Desertification and Drought Resilience (Restorasi lahan, penggurunan dan ketahanan terhadap kekeringan).

Aksi menanam pohon juga bagian dari tanggungjawab #WINGSPeduliLingkungan untuk menjadikan lingkungan sebagai tempat nyaman bagi generasi mendatang. 

“Aksi Hijau berupa penanaman pohon mangrove bersama karyawan ini diharapkan berdampak bagi lingkungan, dengan mempertahankan fungsi ekologis dan ekosistem di dalamnya serta memaksimalkan penyerapan karbon untuk mengontrol polusi di Jakarta. Keterlibatan karyawan dalam aksi ini juga merupakan bentuk komitmen mereka terhadap sustainable lifestyle yang mereka akan teruskan ke sekitarnya.” Jelas Sheila Kansil, Perwakilan Yayasan WINGS Peduli.

Aksi Hijau berupa penanaman pohon mangrove ini merupakan kegiatan rutin yang telah Yayasan WINGS Peduli lakukan dengan kolaborasi bersama berbagai pihak. Sebelumnya di tahun 2023, Yayasan WINGS Peduli mendukung program Net Zero Carbon yang diselenggarakan oleh BPOM, dengan menanam ratusan pohon mangrove di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk bersama instansi swasta lainnya. Upaya ini juga diikuti dengan berbagai program #WINGSPeduliLingkungan lainnya yang telah dilakukan oleh Yayasan WINGS Peduli, termasuk di bidang persampahan. 

Beberapa di antaranya adalah kampanye #PilahDariSekarang, fasilitas pengelolaan sampah, hingga kolaborasi untuk melakukan recycle maupun upcycle sampah. Berbagai upaya ini sejalan dengan filosofi WINGS Group, yaitu the good things in life should be accessible for all.

Continue Reading

NASIONAL

Cakra Buana Playducation School Soft Launching Kantin Inovatif, ‘Bale Dahar Eyang Tentrem’

Published

on

FEM Indonesia, Depok – Eksistensinya menuju 25 tahun, Cakra Buana Playducation School Kota Depok mengumumkan soft launching kantin modern terbaru, ‘Bale Dahar Eyang Tentrem’. 

Kantin yang dirancang dengan konsep inovatif serta mengedepankan kemandirian dan kedisiplinan melalui konsep self-service setelah makan dan menyediakan pembayaran digital.

‘Bale Dahar Eyang Tentrem’ adalah persembahan istimewa dari Founder, Eyang Siti Nurul, S.E., dengan tujuan melatih kemandirian, kedisiplinan, dan literasi keuangan siswa. 

Kantin ini juga akan melayani seluruh jenjang pendidikan dari playgroup hingga SMA, serta semua guru dan karyawan. Di kantin ini, siswa diajak untuk mengambil dan mengembalikan peralatan makan mereka sendiri setelah selesai makan, sehingga dapat membentuk kebiasaan disiplin dan tanggung jawab.

Sistem pembayaran untuk makanan minumana dilakukan secara digital menggunakan kartu yang telah disediakan oleh sekolah. Metode ini tidak hanya mempermudah transaksi tetapi juga mengajarkan siswa tentang pengelolaan keuangan dengan cara yang praktis dan modern.

Terletak di area yang strategis dengan pemandangan asri menghadap Bukit Puri Kinasih, kantin ini menawarkan suasana yang sejuk. Kehijauan di sekitar kantin diharapkan dapat memberikan efek menenangkan bagi seluruh warga sekolah, menjadikan waktu makan sebagai momen yang menyenangkan dan menyegarkan pikiran.

“Hari ini, kami sangat bersemangat untuk memperkenalkan ‘Bale Dahar Eyang Tentrem’ kepada seluruh masyarakat Cakra Buana. Kami percaya bahwa fasilitas ini akan memberikan banyak manfaat edukatif, sekaligus mendukung lingkungan belajar yang lengkap dan inovatif,” ujar Ketua Dewan Pembina Sekolah Cakra Buana, Eyang Titiek usai merilis kantin

“Ini adalah langkah penting kami dalam mempersiapkan generasi muda yang mandiri dan bertanggung jawab, sesuai dengan visi dan misi sekolah.” Tambahnya.

Sementara Wakil Ketua Dewan Pembina, Syafira Lestari menambahkan bahwa kantin  merupakan bagian dari serangkaian acara pengumuman kelulusan siswa-siswi kelas 6 dan 9 Tahun Angkatan 2023-2024. Saat soft launching ini, Bale Dahar Eyang Tentrem sudah mulai melakukan uji coba lebih luas, yaitu kepada seluruh masyarakat Cakra Buana yaitu murid dan guru. 

“Sebelumnya uji coba sudah dilakukan untuk guru dan karyawan. Sekolah berkomitmen untuk terus memberikan fasilitas dan program terbaik bagi seluruh siswa, guru, dan karyawan guna menciptakan lingkungan pendidikan yang unggul dan berdaya saing,” kata Syafira.

Syafira menambahkan, Bale Dahar Eyang Tentrem nantinya juga akan di resmikan dan dibuka umum untuk acara- acara seperti nikahan, pengajian, arisan dan lainnya.

Continue Reading

NASIONAL

Peringati Hari Lanjut Usia, Wali Kota Depok Resmikan Tenteram Senior Care

Published

on

FEM Indonesia, Depok – RSUI berkolaborasi bersama Tenteram Senior Care (alumni FEB UI angkatan 1983 – Wonder83) dan didukung oleh Indonesia Ramah Lansia serta Yayasan Alzheimer’s Indonesia meluncurkan program Senior Day Care. 

Kegiatan yang diresmikan langsung oleh Wali Kota Depok, Dr. K.H. Mohammad Idris, Lc., MA., ini sekaligus diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional yang jatuh pada tanggal 29 Mei.

Penduduk lansia merupakan mereka yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas, saat ini jumlah populasi lansia mencapai 11,75% di Indonesia. Untuk itu, penting bagi kita untuk memberikan perhatian dan upaya pemeliharaan kesehatan bagi kelompok lanjut usia agar mereka tetap sehat secara fisik, mental, spiritual, dan sosial.

“Kami memerlukan wadah untuk mewujudkan kepedulian dan pemberdayaan masyarakat lansia (senior people) termasuk sahabat Wonder83 yang juga memasuki usia lansia. Program ini hadir setiap hari Rabu pukul 09.00 -15.00 berlokasi di Gedung Administrasi Lt. 4 RSUI, di mana para lansia bisa berinteraksi dan menciptakan kegiatan bermakna agar tetap bahagia, sehat dan berdaya.” tutur Direktur Tenteram Senior Care, Yanti Djani.

Senior Day Care hadir sebagai solusi untuk menangani kebutuhan lansia dengan pendekatan yang holistik. Program ini dirancang untuk memberikan perhatian menyeluruh terhadap berbagai aspek kehidupan lansia dalam meningkatkan kualitas hidup mereka agar mencapai tingkat kebahagiaan, kesehatan, dan kemandirian yang optimal.

Direktur Utama RSUI, Dr. dr. Astuti Giantini, Sp.PK(K), MPH mengatakan bahwa memilih RSUI sebagai tempat untuk melangsungkan program ini merupakan hal yang tepat. 

“Karena kami memiliki Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Geriatri dan juga para dokter dengan beragam kompetensi untuk mendukung layanan terbaik bagi para lansia, jadi saat para lansia membutuhkan sharing kesehatan bisa kami hadirkan dari ahlinya. Semoga ke depannya dapat terus berkolaborasi dan bisa dikembangkan, mudah-mudahan hadirnya RSUI bisa memenuhi kebutuhan yang diperlukan untuk lansia yang lebih sehat” ujarnya.

Peserta diajak untuk memiliki perspektif yang holistik terkait kesehatan mental dan fisik, interaksi sosial di keluarga dan masyarakat, serta kemandirian. Program ini akan membantu lansia dalam menjaga keaktifan dan mendukung hidup produktif.

Sementara Walikota Depok, Dr. K.H. Mohammad Idris, Lc., MA., juga turut menuturkan dukungannya terhadap program yang membuat lansia semakin produktif.

“Kolaborasi ini sangat bermanfaat memberikan ruang bagi mereka untuk terus berkembang. Kami berharap dengan terselenggaranya Senior Day Care ini, lansia akan mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan untuk tetap hidup sehat.” tuturnya.

Bentuk dukungan program Senior Day Care juga disampaikan oleh Yayasan Alzheimer’s Indonesia (ALZI). “ALZI dengan senang ikut berpartisipasi dalam menjalankan program senior day care yang berisi berbagai kegiatan yang berfokus pada kesehatan, fisik, sosial, maupun seni untuk mewujudkan rasa bahagia, kondisi sehat jiwa raga dan berdayaguna untuk para lansia yang mengikutinya”. ujar DY Suharya – Founder Alzheimer’s Indonesia.

Peresmian ini menandai komitmen bersama berbagai pihak untuk memberikan dukungan bagi lansia untuk tetap aktif dan berdaya di kehidupan sehari-hari.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending