Connect with us

Teknologi

Seminar Taiwan Smart Manufacturing di Indonesia Di Ikuti 6 Perusahan Terkemuka

Published

on

Wartajakarta.com-Di era pasca pandemi, industri manufaktur global menghadapi tantangan serta peluang baru, seperti kendaraan listrik dan sektor energi ramah lingkungan. Sangatlah penting bagi para perusahaan manufaktur untuk mengadopsi teknologi intelligent manufacturing guna mengoptimalkan proses dan meningkatkan efisiensi dalam beradaptasi terhadap permintaan yang terus berubah. Terlepas dari situasi pandemi covid, pada tanggal 1 dan 2 Desember di Holiday Inn Cikarang, TAITRA memanfaatkan kecanggihan teknologi 360 VR untuk menampilkan smart manufacturing solutions Taiwan dan rahasia dibalik manufaktur nomor satu dan terkemuka di Taiwan yakni VICTOR TAICHUNG, ACCUTEX, CHEVALIER, TECHMAN ROBOT, MULTIPLAS & POLYSTAR. Para perusahaan ternama tersebut akan berbagi mengenai pencapaian terkini mereka serta cerita sukses dalam berbisnis di Indonesia.

Sebagai eksportir peralatan mesin nomor 5 di dunia, Taiwan memiliki latar belakang yang sangat kuat di bidang IT dan peralatan telekomunikasi, serta rantai pasokan peralatan mesin yang lengkap, oleh karena itu, perusahaan-perusahaan tersebut sangat mahir dalam menghadirkan solusi smart manufacturing sesuai kebutuhan dalam waktu yang singkat.

Dampak pandemi pada tahun 2020 mengakibatkan nilai ekspor produk mesin Taiwan mencapai USD 26.08 miliar, atau mengalami penurunan sebesar 4.24 dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, berkat kembalinya pebisnis Taiwan yang berinvestasi di Taiwan dan upaya promosi yang dilakukan pemerintah Taiwan untuk peralatan mesin, permintaan pasar domestik berhasil berkembang. Di tahun 2020, angka dari sektor mesin dan perlengkapan Taiwan berhasil mencapai angka sekitar USD 39.2 miliar, atau setara dengan hasil pencapaian di tahun 2019. Dari Januari hingga Oktober 2021, nilai ekspor meningkat dan mencapai angka USD 27.1 miliar, tumbuh sebesar 28.84 dibandingkan periode yang sama di tahun 2020. Oleh karenanya, sangatlah mungkin bagi nilai produksi dan ekspor dari produk mesin Taiwan untuk meningkat tajam dan membuat rekor baru.

Berdasarkan informasi Menteri Perindustrian, secara garis besar, performa dari industri manufaktur Indonesia telah menunjukan pertumbuhan positif dari tahun ke tahunnya, dilihat dari peningkatan kontribusi terhadap GDP, peningkatan investasi dan ekspor. Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia dalam delapan bulan terakhir semenjak November 2020 mencapai level 50 atau berada pada fase ekspansi, yang mana hal tersebut menunjukan terjaganya optimisme sektor industri, Taiwan tetap menjadi pemasok peralatan mesin terbesar ke 4 untuk pasar Indonesia dan akan terus menjadi partner terbaik untuk Indonesia.

Accutex, didirikan pada tahun 2001 oleh sekelompok insinyur dari Industrial Technology Research Institute, yang merupakan perusahaan manufaktur wire EDM professional. Lebih dari 20 tahun, Accutex telah membangun dan mengembangkan teknologi wire cut EDM yang mutakhir. Accutex merilis fungsi utama “final core removal”, yang mana membantu pengguna untuk proses otomatisasi 1004 dalam wire EDM. Generasi baru yakni flushing nozzle bawaan dilengkapi dengan electrical-magnetic coil. Ketika proses permesinan terjadi, penggabungan antara controller dilakukan dalam memilih dan memindahkannya pada kotak pengumpulan. Controller tersebut dapat melakukan seluruh proses cutting hingga berakhirnya program. Dalam prosesnya, keseluruhan 10095 program dilakukan secara otomatis dan dapat melalui pemrograman.

Chevalier, adalah satu-satunya manufaktur mesin untuk grinding, turning dan milling di Taiwan, dengan pengguna dan reputasi yang sangat terkenal dari seluruh penjuru dunia. Chevalier memenuhi proses guality control yang ketat dimulai dari pemilihan hingga perakitan yang dilanjutkan dengan uji coba untuk memastikan telah memenuhi standard ISO 9001. Chavelier telah berperan sangat penting di industri baterai untuk kendaraan listrik selama bertahun-tahun.Baterai merupakan komponen inti dari kendaraan listrik, dan pasokan kapasitas baterai yang menentukan produktivitas pembuat mobil.

Polystar, didirikan di Taiwan pada tahun 1988, menyatukan efisiensi mesin blown film extrusion dan intelligent recycling secara efektif dalam sisi biaya pengadaan material baru serta mengurangi polusi lingkungan yang diakibatkan sampah plastik. Nilai dan konsep inti dari perusahaan adalah “making the complex simple, for infinite achievements”. Saat ini Polystar memasarkan produknya ke 110 negara dengan lebih dari 4,200 mesin yang beroperasi secara global. Mesin Repro-Flex plastic recycling dari Polystar menggabungkan proses cutting, extrusion dan pelletizing menjadi sebuah proses daur ulang yang mudah dan efisien. Cutter compactor dari mesin daur ulang memastikan (pre-conditions) bahwa material berada pada kondisi yang ideal untuk proses extrusion dan secara langsung menempatkannya pada extruder dengan sebuah centrifugal force. Selain itu, untuk sampah in-house (post-industrial) film, Repro-Flex juga dapat memproses washed flakes, scraps dan regrind (sampah plastik dari proses injection dan extrusion)

Multiplas didirikan pada tahun 1988 dan berfokus pada produk yang meliputi vertical injection molding machines, horizontal precision injection molding machines, microinjection molding machines, two/three-color double/triple-shot injection molding machines, dan golf ball manufacturing eguipment, dimana secara umum untuk pasar consumer electronics, mobile device, dan industri otomotif. Produk Multiplas meliputi gutomotive electronics, sealing elements, connectors, home appliances dan micromotors. Kualitas dari produk yang dihasilkan oleh Multiplas telah mendapat pengakuan banyak konsumen, meliputi perusahaan manufaktur terkemuka di bidang smartphone dan headphone.

Victor Taichung merupakan salah satu perusahaan manufaktur peralatan mesin terbesar di Taiwan. Perusahaan ini merupakan spesialis mesin untuk machining centers, lathes dan plastic injection molding. Kemampuan vertical integration Victor Taichung meliputi casting, sheet metal working, machining dan assembly membuatnya menjadi berbeda dengan perusahaan pembuat precision machinery lainnya. Perusahaan ini berkomitmen untuk menggabungkan teknologi IT kepada setiap produknya yang mana telah dilakukan lebih dari beberapa dekade. Saat ini Victor berkembang melalui penggunaan Victor Smart Box (VSB), sebuah platform yang membantu para klien untuk memonitor mesin secara langsung, mengatur angka penggunaan, manajemen tool life dan sebagainya. Perusahaan ini juga telah membuat smart factory terbaru menggunakan delapan Victor Smart Production (VSP) lines, empat smart machining lines (VSM), dalam merencanakan proses manufaktur. Lebih lanjut, Victor juga memperkenalkan sistem smart logistics beserta dengan Formosa Heawy Industries dan China Motors GreenTrans AGV, yang menggabungkan sistem ERP dan MES.

Techman Robot merupakan merk robot kolaboratif terbesar kedua di dunia, yang menawarkan robot kolaboratif yang dilengkapi dengan sistem visual, software dan application-based solutions kepada seluruh pasar di lebih dari 100 distributor yang tersebar di US, Tiongkok, Eropa, Jepang, Korea Selatan dan Asia Tenggara. Rangkaian portofolio produk dari perusahaan ini meliputi serangkaian automation solutions yang mutakhir untuk para perusahaan di berbagai industri meliputi otomotif, semikonduktor, manufaktur, food service dan sebagainya. Techman Robot berdedikasi untuk membantu perusahaan menghadapi tantangan teknis, meminimalkan celah antara manusia dan mesin untuk meningkatkan dunia manufaktur bagi para manager dan pekerja. |

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Teknologi

Tawarkan Fitur Mumpuni, Samsung Rilis TV 98 Inci

Published

on

FEM Indonesia – Minat konsumen terhadap televisi berlayar ukuran besar semakin meningkat dari tahun ke tahun, dimana pada tahun 2023, minat konsumen untuk TV di atas 75 inci tumbuh sebanyak 21% dibanding tahun 2022. Melihat trend tersebut, Samsung pun mengeluarkan produk anyar TV berukuran 98 inci.

Hal tersebut diakui Head of Product – AV Business, Samsung Electronics Indonesia, Ubay Bayanudin. Ubay mengatakan pihaknya memperhatikan kian meningkatnya keinginan konsumen akan layar lebar dipicu makin beragam konten hiburan dan layanan streaming serta kebutuhan untuk menikmati semua itu ketika berada di rumah maupun saat on the go.

“Karena itu, Samsung berdedikasi untuk menyediakan jajaran big screen TV yang akan memberikan pengalaman hiburan yang lebih imersif, membuat nonton film terasa seperti berada di bioskop, acara olahraga seperti berada di stadion dan gaming seperti berada di tengah-tengah aksi. Dengan jajaran big screen TV Samsung, kami harap dapat menemani konsumen untuk menghidupkan pengalaman menonton mereka menjadi lebih WOW,” ujarnya.

Dia pun menjelaskan sejumlah fitur menarik yang ditawarkan TV Samsung 98 inci seperti terlihat lebih baik, kualitas gambar, pengalaman sinematik di bioskop rumahan, desain stylis minimalis, big screen yang dapat dinikmati kapan dan dimana saja.

Sedangkan untuk harga sejumlah big screen Samsung beragam dengan mengunjungi Samsung.com, sepertiRp 69.999.000 untuk Samsung OLED TV S90C 77 inci, Rp 129.999.000 untuk Samsung Neo QLED 8K TV QN900C 85 inci, serta Rp 80.999.000 untuk Samsung QLED 4K TV Q80C 98 inci. Selain itu, konsumen bisa memperoleh cashback senilai Rp 1.000.000 sehingga hanya perlu membayar perangkat ini seharga Rp 11.999.000. Ada pula penawaran terbatas battery pack senilai Rp 1.500.000, selama persediaan masih ada.

Jika ingin mengetahui informasi dan fitur lebih lanjut, dapat membuka lama https://www.samsung.com/id/tvs/. [foto : dokumentasi/teks : denim]

Continue Reading

Teknologi

Uji Ketahanan 36 Jam, Acer Rilis Laptop Predator Helios 500

Published

on

By

FEM Indonesia – Tayangan secara langsung di channel YouTube belakangan makin digandrungi. Sebab itu dibutuhkan produk gaming yang mumpuni. Adalah Predator Helios 500, laptop keluaran Acer yang mampu memenuhi segala kebutuhan pelanggan, mulai dari gamers, streamers hingga kreatif profesional.

Bahkan guna menguji ketahanan laptop secara live streaming di channel YouTube Acer Indonesia, sejak 17 sampai 18 Desember Acer mengadakan Predator Showtime 36H. Bahkan pihak Museum Record Indonesia atau MURI siap mencatatkan momen bersejarah ini karena memecahkan rekor MURI untuk siaran langsung acara hiburan melalui YouTube terlama.

“Seiring dengan perkembangan tren ekosistem gaming dan terus bertambahnya pilihan perangkat gaming di pasar Indonesia, Predator secara aktif mendukung para gamer dan streamers untuk mengembangkan kreativitasnya melalui jajaran produk termutakhir. Acara Predator Showtime 36H ini sengaja kami hadirkan untuk membuktikan bahwa produk laptop Predator tidak hanya dipersenjatai spesifikasi dan fitur terbaik tapi juga durabilitas yang dapat diandalkan,” ujar Head Marketing of Acer Indonesia, Fransisca Maya, di sela peluncuran secara daring Jumat (17/12).

Hal senada diungkapkan Gaming Product Manager Acer Indonesia, Andreas Lesmana. Menurutnya ajang Predator Showtime 36H yang diisi dengan sejumlah gamer seperti TaraArts, Bro Pasta, Inayma, Edelyn dan sederet bintang lain serta ragam acara ini juga sekaligus pembuktian ketahanan prosesor terbaru Intel Core Seri H Generasi ke-11 dan sistem pendingin yang canggih untuk memenuhi kebutuhan para hardcore gamers.

“Melalui Predator Showtime 36H, kami ingin membuktikan bahwa Predator Helios 500 mampu memenuhi standar laptop gaming powerful melalui spesifikasi seperti prosesor baru dari Intel, yakni Intel Core i9 Generasi ke-11 dan kartu grafis NVIDIA GeForce terbaru, RTX 3080, layar 4K dengan teknologi Quantum Dot serta sistem pendingin yang mampu menghasilkan pendinginan optimal yakni Vortex Flow dan Predator Power Gem. Tak hanya itu, Predator Helios 500 ini akan digunakan secara terus menerus hingga 36 jam untuk membuktikan performa yang stabil dengan suhu tetap sejuk,” paparnya.

Selain itu, lanjutnya, prosesor yang dibenamkan pada Predator Helios 500 ini juga dapat dioverclock secara mudah untuk meningkatkan performanya hanya dengan menekan tombol turbo. Pun CPU pada laptop tersebut telah memiliki jalur PCIe gen 4 untuk penyimpanan berkecepatan tinggi generasi terbaru serta port Thunderbolt 4 yang multifungsi.

“Laptop ini memiliki layar 17,3 inci dengan teknologi Mini LED dan Quantum Dots yang mampu menampilkan gambar berkualitas warna tinggi dengan resolusi UHD, serta refresh rate 120Hz yang telah mendukung G-Sync untuk pengalaman gaming dengan gambar lebih tajam, lebih detail dengan pergerakan super smooth, tanpa tearing, stuttering dan akurasi input yang cepat. Layar Predator Helios 500 telah tersertifikasi VESA HDR1000 dengan dukungan 512 Zona LED untuk menghasilkan gambar yang lebih hidup dan nyata. Tak ketinggalan, layar laptop ini juga mampu menampilkan lebih banyak warna dengan dukungan color gamut 100% DCI-P3,” urai Andreas.

“Predator Helios 500 turut dilengkapi dengan tombol mekanik MagTek Switch yang memiliki sensor optik pada tombol WASD. Tombol ini mampu berfungsi layaknya seperti joystick analog untuk dipakai sesuai dengan kebutuhan pengguna. Mulai dari kebutuhan gaming ideal hingga non-gaming, seperti browsing, mengerjakan tugas hingga menggunakan aplikasi kreatif,” tambahnya.

Untuk diketahui Predator Helios 500 (PH517-52) dibandrol Rp 72.999.999 dan tersedia mulai Desember 2021. [foto : dokumentasi/teks : denim]

 

Continue Reading

Ragam

Perkuat Lini Aktivasi Digital, A+ Communications Gandeng “Kamubisa.id”

Published

on

By

FEM Indonesia – Seiring dengan lonjakan tren konsumsi konten video dan komunitas digital, maka peranan seorang kreator konten menjadi semakin krusial.

Berdasarkan laporan dari Hootsuite mengenai Social Trends 2022, kreator konten menjembatani antara pemilik merek dengan target audiens baru, melalui kepercayaan yang diraih oleh kreator konten dari audiens serta modal kultural budaya yang dimilikinya.

Menyadari akan hal tersebut, A+ Communications, sebuah konsultan humas berbasis digital memperkuat lini aktivasi konten digital melalui kerjasama dengan Kamubisa.id, sebuah platform pembelajaran edukasi dan pengembangan keahlian daring berbasis situs web.

“Selama ini, A+ Communications telah membesut dan menaungi berbagai macam konten edukasi baik formal dan informal, seperti Bali In Your Hands untuk para pengusaha UMKM, Eurekawomen untuk pemberdayaan perempuan, Live for Life untuk para pekerja muda, Gombal.Talk untuk mengedukasi relasi dan hubungan dan Dinamika Urban untuk kaum urban muda; kami ingin terus dapat berkontribusi kepada masyarakat dengan berbagai pengajaran daring baik formal maupun informal dan kami yakin kerjasama konten dengan Kamubisa.id bisa memberikan manfaat ke lebih banyak orang lagi, melalui konten-konten edukasi kami,” ucap Myrna Soeryo, Direktur Utama dari A+ Communications, baru-baru ini di Jakarta.

Sementara itu, Lukas Maulana Jusuf selaku Direktur Utama dari Kamubisa.id menambahkan bahwa melalui kerjasama ini maka konten-konten edukasi yang dibesut dan dinaungi oleh A+ Communications, bisa juga dinikmati di aplikasi Kamubisa.id.

“Kamubisa.id memang bertujuan untuk dapat memberikan konten-konten pembelajaran edukasi dan keahlian secara daring agar bisa mudah dijangkau berbagai macam lapisan masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia dan bisa ditemukan di platform media sosial Facebook, Instagram, Youtube dan TikTok selain di situs web,” jelasnya

 Tambah salah satu pencetis Kamubisa,  dalam waktu dekat, aplikasi Kamubisa.id bisa diunggah dari Google Playstore.

Tentang A+ Communications

A+ Communications adalah sebuah konsultan humas berbasis digital yang didirikan pada tahun 2018 dan telah meraih berbagai penghargaan di bidang humas, di antaranya Best Marketing PR Campaign – PERHUMAS  Award di tahun 2017 dan 2018 serta Runner Up II Social & Public Affair Campaign – PERHUMAS Award 2018.

Saat ini A+ Communications menaungi sejumlah publikasi digital, di antaranya Live for Life, Gombal. Talk, Eurekawomen, Bali In Your Hands, Dinamika Urban dan Pakarti Garuda.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending