Connect with us

NASIONAL

Timses Dian Nufarida Soroti KADIN Depok Belum Memiliki Kantor Sendiri

Published

on

FEM IndonesiaRudi Murodi selaku Ketua Tim Pemenangan (Timses) Calon Ketua Kadin Kota Depok untuk Dian Nufarida, baru-baru menyoroti keberadaan sekretariat Kadin Kota Depok yang saat ini masih juga belum punya kantor sendiri.

Rudi menilai, bahkan kantor Kadin saat ini masih berada pada Kantor Ketua Kadin Kota Depok Periode 2016-2021 yang telah berakhir masa jabatannya pada tanggal 10 Oktober 2021.

Katanya, semestinya dengan berakhirnya masa jabatan Ketua Kadin Kota Depok tersebut, sudah di pindahkan ke tempat lain agar Sekretariat Panitia Mukota Kadin Kota Depok berada di tempat yang netral.

“Kami yakin sekali ini akan banyak menimbulkan opini yang bisa saja beranggapan kurang baik terhadap panitia. Dengan berada di tempat yang sama bisa jadi kerahasiaan data dari para calon dapat di ketahui oleh yang bukan panitia yang berada dalam satu kantor tersebut,” kata Rudi Murodi, Minggu (31/10/2021) malam.

Ditambahkan Rudi, sejatinya ketika para bakal calon sudah mendaftarkan diri bahkan telah menyerahkan berkas kelengkapan formulir pendaftaran tidak boleh lagi ada pertemuan yang sifatnya intens antara panitia dan bakal calon.

“Saya sendiri sebetulnya belum memahami apakah ada aturannya jika bakal calon boleh atau tidak secara intens bertemu dan berkomunikasi secara langsung terhadap panitia diluar rapat resmi yang di ketahui oleh semua bakal calon atau tidak,” ujarnya. Dirinya juga berharap, agar secepatnya Sekretariat Panitia Mukota Kota Depok berada pada tempat yang netral atau berdiri sendiri.

“Saya sangat yakin semua panitia pastinya akan bekerja secara profesional dalam menjalankan tugasnya, tapi tidak menutup kemungkinan hal-hal yang di luar dugaan pun bisa saja terjadi jika setiap saat panitia dan salah satu bakal calon bisa bertemu secara intens di luar rapat resmi karena berada dalam tempat yang sama,” tegasnya.

Sementara Sekretaris OC Mukota ke-V Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Depok, Desfandri mengatakan memang hingga saat ini Kadin Kota Depok belum memiliki kantor sendiri. Sehingga Kantor Kadin Kota Depok mengikut dengan Ketua terpilih.

“Kantor Kadin Kota Depok hingga saat ini memang menjadi suatu dilema tersendiri, karena tidak memiliki gedung sendiri. Dulu pernah bersekretariat di dekat lampu merah Ramanda, Margonda, namun setelah Pak H.Miftah terpilih sebagai Ketua Kadin, kantor Kandin pun pindah ke Kantornya Pak H. Miftah. Makanya kita bilang Sekretariat bukannya Kantor Kadin,” jelasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

NASIONAL

Aksi Turun ke Jalan Bareng Mahasiswa, ‘Alap Alap Jokowi’ Tolak Intervensi Politik Terhadap Hakim MK

Published

on

By

FEM Indonesia, Jakarta – Elemen mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Nusantara menggelar aksi unjuk rasa pada Kamis (18/4/2024) siang hingga sore kawasan patung kuda, Jakarta Pusat.

Aksi demontrasi yang menamakan diri ‘Kawal Suara Rakyat Vox Populli Vox Dei’ itu menyampaikan tiga tuntutan. Pertama, mereka menolak intervensi politik terhadap hakim MK, kedua kawal ratusan juta suara rakyat Indonesia dan ketiga menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.

Kelompok yang melakukan unjuk rasa tersebut turut mengajak masyarakat dalam menyampaikan tuntutannya. Salah satu kelompok massa turut unjuk rasa bersama elemen mahasiswa tersebut adalah Relawan Alap Alap Jokowi. Jaringan Relawan yang mencapai puluhan ribu orang membawa berbagai atribut dan spanduk. 

Koordinator jaringan Alap Alap Jokowi Jabodetabek, Fajar mengatakan aksinya itu dihadiri oleh anggota Alap Alap Jokowi sekitar sepuluh ribuan. Mereka ada yang datang secara sukarela, dengan undangan dari penjuru Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang sampai Bekasi. “Kita disini datang mendukung terpilihnya Prabowo Gibran dan menuntut agar MK tak di intervensi pihak manapun,” ujar Fajar kepada sejumlah awak media di depan patung Kuda.

Sementara Ketua Relawan Alap-Alap Jokowi, Muhammad Isnaini mengatakan bahwa Aksi damai di depan Gedung MK yang digelar hari ini dan besok Jum’at, adalah menjadi sebuah langkah nyata terkait keterlibatan Alap Alap Jokowi yang aktif dalam pemenangan Paslon Prabowo Gibran. Dia mengungkapkan, pihaknya terus mengikuti perkembangan terkait hasil Pilpres 2024.

“Kami merasa punya tanggungjawab atas jerih payah selama proses pemenangan Prabowo Gibran. Tentu dengan senang hati kita mendukung gerakan aksi damai tersebut,” ujar Isnaini. Pria asal Jawa Tengah ini menambahkan, AAJ berprinsip tegas tidak akan melepas barang sejenak pun perhatian terhadap semua situasi hasil Pilpres. Termasuk proses persidangan sengketa Pilpres di MK.

“Kalau soal harapan sudah jelas bisa dilihat dari pernyataan yang dibawa relawan kami dalam aksi damai di depan Gedung MK tadi. Suara Rakyat adalah Suara Tuhan. Saya yakin Yang Mulia Hakim-Hakim MK memahami arah aspirasi kami. Itu bukan semata slogan yang dibawa-bawa tanpa makna. Kalau ini dikatakan salah satu bentuk dukungan moral, iya,” paparnya.

Mengenai persidangan di MK, Isnaini mengungkap prinsip bahwa faktual jalannya persidangan sengketa Pilpres di MK, tidak ada satu pun dasar dalil kesaksian dari para Pemohon, yang relevan dengan tuntutan para Pemohon itu sendiri.

“AAJ tak perlu berandai-andai apalagi berharap akan ada sesuatu yang luar biasa dari Keputusan MK tanggal 22 April nanti kecuali selaras dengan hasil Pilpres 14 Februari 2024,” tandas Isnaini. 

Continue Reading

NASIONAL

Komik Dinasti Jokowi Bikin Relawan Meradang, Isnaini Ketua AAJ Kirim Surat Terbuka!

Published

on

By

FEM Indonesia – Pemuatan komik atau kartun yang menarasikan Dinasti Jokowi oleh sebuah Majalah ternama, baru-baru ini membuat jaringan Relawan Alap Alap Jokowi, meradang.

Relawan menganggap komik itu telah menistakan momentum Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Kami dari Jaringan Relawan Alap-Alap Jokowi mengutuk penggambaran biadab terhadap Pak Jokowi. Untuk itu, dalam surat terbuka ini, jika Majalah Tempo tidak menarik komik tersebut dan redaksi tidak menanggapi atau mengklarifikasi, kami akan melangkah secara etik dan hukum,” tulis Isnaini, Ketua Relawan Alap Alap Jokowi, dalam keterangan resminya, Rabu (17/4/2024).

Isnaini menyebut bahwa pernyataan surat terbuka itu sebagai peringatan. Jika diabaikkan pihaknya akan mengambil langkah hukum. “Kami akan melaporkan ke Dewan Pers dan kemudian kami akan melayangkan laporan ke Kepolisian Republik Indonesia dengan tuduhan ujaran kebencian,” ujarnya.

Menurut dia, apa yang dimuat Tempo bukaah produk jurnalistik karena ada muatan kebencian dan penistaan, terlebih pada momentum Idul Fitri.

“Kami tidak buta etika jurnalistik. Kami tidak tuli fungsi dan tujuan sebuah informasi menjadi berita publik. Terakhir, kami tidak takut jika Tempo mau membalas surat terbuka kami ini terhadap jaringan relawan kami! Seyogianya momentum lebaran menjadikan kita insan saling membuka hati pintu maaf. Tetapi justru Tempo memanfaatkan dengan penistaan yang sangat rendah!,” tegasnya.

Continue Reading

NASIONAL

Kembangkan Pasar dan Nilai Produk, Kemenperin RI dan Dekranas Kembangkan IKM Tenun di Ambon

Published

on

FEM Indonesia, Ambon – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI kembali bersinergi dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dalam mengembangkan IKM Tenun di Kota Ambon, setelah melaksanakan pengembangan IKM Tenun di Padang Sidempuan pada 7 – 8 Maret 2024 lalu.

Kegiatan yang dimulai sejak tanggal 17 – 20 April 2024 ini merupakan bagian dari rangkaian program Peringatan Hari Ulang Tahun Dewan Kerajinan Nasional ke-44. Kegiatan diikuti oleh 20 peserta pelaku IKM Tenun Ikat ini merupakan binaan Dinas Perindustrian dan Dekranasda Kota Ambon. Kegiatan dibuka oleh Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka selaku Sekretaris Jenderal Dekranas, Reni Yanita. 

Reni dalam sambutannya menyampaikan bahwa Industri Kain Tenun Ikat tersebar pada 23 Provinsi. Salah satu provinsi terbesar jumlah industrinya adalah Provinsi Maluku, dimana terdapat 3.016 perajin dan 233 kelompok yang tersebar di Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kota Ambon. Dia menyampaikan bahwa potensi wastra ini perlu bersama-sama diberdayakan untuk kesejahteraan masyarakat yang lebih lanjut berdampak pada peningkatan perekonomian nasional.

Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kapasitas perajin tenun dalam memenuhi kebutuhan pasar dan meningkatkan nilai jual produk sehingga lebih berdaya saing. 

“Untuk menghadapi persaingan saat ini, pelaku IKM Tenun perlu untuk mengembangkan produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan pasar. Pelaku IKM yang seringkali menghadapi permasalahan keterbatasan sumber daya dalam mengembangkan produk, sehingga perlu didampingi dan difasilitasi,” ujar Reni. 

“Selain kegiatan pendampingan pengembangan motif dan pewarnaan alam, juga terdapat fasilitasi mesin peralatan untuk menunjang proses produksi IKM Tenun di Ambon,” jelas Direktur Industri Aneka dan IKM Kimia, Sandang, dan Kerajinan, Alexandra Arri Cahyani. 

Widya Pratiwi Murad, Ketua Dekranasda Maluku menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan pengembangan IKM Tenun di Kota Ambon. 

“Kami menyampaikan terima Kasih dan penghargaan yang tulus kepada Kementerian Perindustrian dan Dekranas yang telah memberikan perhatian dan dukungannya bagi pengembangan IKM Tenun Maluku mengingat sektor industri berperan penting dalam pembangunan Provinsi Maluku diantaranya dimana sebagai Penyedia Kontribusi bagi PDRB dan penyerap tenaga kerja,” imbuhnya.

Hasil pendampingan dan fasilitasi ini akan dipamerkan pada acara puncak Peringatan Hari Ulang Tahun Dewan Kerajinan Nasional ke-44 yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Mei 2024 di Kota Surakarta, Jawa Tengah. [rudipurwoko]

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending