Connect with us

Ragam

Salurkan Bingkisan Lebaran, Yayasan Peduli Jurnalis Gandeng Permata Sanny Peduli dan KITA

Published

on

FEM IndonesiaYayasan Peduli Jurnalis Indonesia (YPJI) kembali menyalurkan bingkisan lebaran bagi sahabat jurnalis. Bersinergi dengan Tim Permata Sanny Peduli dan Kerapatan Indonesia Tanah Air, YPJI menyalurkan ratusan bingkisan di sekretariat Jalan Paso, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Permata Sanny Warokka selaku founder Permata Sanny Peduli mengatakan, bingkisan berupa paket sembako ini sebagai tanda kasihnya kepada jurnalis yang telah memberikan informasi kepada masyarakat. 

“Jurnalis adalah penyampai informasi akurat yang dibutuhkan masyarakat. Bingkisan ini sebagai tanda kasih atas jasa jurnalis dalam pencarian berita dan menginformasikannya kepada kami. Terlebih tim kami juga terdiri dari teman teman jurnalis dan fotografer,” ujar Permata Sanny Warokka dalam siaran persnya, Minggu (23/4/2023).

Sementara itu, Ketua Umum YPJI Andi Arif menyatakan bahwa kegiatan sosial berbagi dengan rekan wartawan adalah program rutin yang selalu dilakukan oleh YPJI. Tidak semata hanya berbagi di momen menjelang Lebaran kali ini saja, namun sejauh ini YPJI telah menggelar program peduli jurnalis di berbagai kesempatan.

“Program peduli jurnalis seperti ini sudah menjadi bagian dalam program kami yang fokus untuk kesejahteraan rekan-rekan yang berprofesi sebagai jurnalis, sejak yayasan ini berdiri. Tentunya, kami sebagai pengurus berterima kasih banyak kepada donatur yang telah bekerjasama dengan kita selama ini akan terus bergerak untuk kesejahteraan rekan-rekan wartawan tanpa memandang organisasi, forum, atau komunitas wartawan apapun,” ujar Andi Arif.

Di samping itu, Camelia Panduwinata Lubis alias Camel Petir selaku Bendahara Umum KITA mengatakan, bantuan berupa paket beras dibagikan kepada rekan wartawan merupakan bagian dari program rutin KITA dalam berbagi dengan sesama.

KITA yang diketuai oleh KH Maman Imanulhaq tersebut memang aktif berkegiatan sosial, seperti berbagi sembako kepada masyarakat di seluruh daerah di Indonesia. Namun kali ini, KITA ikut dalam giat berbagi kepada rekan wartawan sejabodetabek, yang digagas oleh YPJI.

“Kita ada program berbagi sembako kepada masyarakat, kebetulan jika di Ramadan KITA ada program untuk membagikan sembako kepada masyarakat di sejumlah daerah. Misalnya kita lakukan giat berbagi ke warga di Tangerang, Serang, juga baru-baru ini berbagi 100 nasi kotak ke rutan Polres Tanggerang Selatan. Dan kali ini kita ikut berbagi untuk rekan wartawan yang digagas oleh YPJI,” kata Camel Petir.

Ragam

Rayakan HAN 2024, 1.000 Bayi Ganti Popok Serentak Pecahkan Rekor MURI

Published

on

FEM Indonesia – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Baby Happy Diapers, merek popok bayi dari WINGS Care, meluncurkan kampanye Gerakan Anti Ruam dengan semangat meningkatkan kesadaran akan pentingnya pencegahan ruam popok pada bayi. 

Sebagai bagian dari kampanye ini, Baby Happy Diapers coba mencetak rekor MURI 1.000 bayi Indonesia ganti popok serentak di SMESCO Jakarya, (23/07). 

Kampanye ini mendukung rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang menyarankan penggantian popok setiap empat jam sekali untuk mencegah ruam pada kulit bayi. Ruam popok sendiri merupakan permasalahan umum yang dialami bayi di Indonesia. Menurut IDAI, sekitar 7-35% bayi mengalami ruam popok, dengan kejadian tertinggi terjadi di usia 9-12 bulan. 

dr. Attila Dewanti, Sp.A(K), Dokter Spesialis Anak, menjelaskan lebih dalam mengenai penyebab ruam popok dan pengaruhnya terhadap tumbuh kembang anak.

“Ruam popok merupakan inflamasi kulit yang terjadi di area tertutup popok, disebabkan oleh perubahan pH akibat kontak dengan bakteri dalam popok atau kotoran. Kondisi ini bisa diperparah jika popok dibiarkan terlalu lama. Selain menimbulkan ketidaknyamanan pada si kecil, ruam popok juga berpotensi mempengaruhi tumbuh kembang bayi secara keseluruhan,” ungkap dr. Attila.

Guna mencegah ruam popok pada bayi, dr. Attila memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan, seperti 1) mengganti popok bayi setiap empat jam sekali, 2) membersihkan area kulit bayi yang terkena popok dengan air hangat dan kapas, serta 3) menggunakan popok yang nyaman dan berkualitas. Pemilihan popok yang tepat dapat membantu menjaga kulit bayi tetap kering dan terlindungi dari ruam popok.

Melihat kekhawatiran orang tua akan ruam popok pada bayi, Baby Happy Diapers memperkuat komitmennya dalam mendukung tumbuh kembang optimal si kecil. Stella Eidelina selaku Marketing Manager Baby Happy Diapers, menyatakan, “Ruam popok pastinya membuat si kecil rewel dan orang tua pun khawatir. Untuk memastikan momen berharga antara orang tua dan anak tetap nyaman, kami meluncurkan kampanye Gerakan Anti Ruam. Di mana langkah sederhana untuk mencegah ruam popok adalah rajin mengganti popok dan menggunakan popok Baby Happy Diapers dengan air through technology yang memiliki permukaan popok lembut dan dilengkapi daya serap ekstra serta daya tampung cairan hingga 500 ml.”

Perwakilan tim MURI yang hadir turut memberikan apresiasi kepada Baby Happy Diapers atas kampanye Gerakan Anti Ruam. Andre Purwandono sebagai Perwakilan MURI, mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh Baby Happy Diapers atas kampanye Gerakan Anti Ruam. 

“Pada pencapaian rekor MURI ini, Baby Happy Diapers terbukti berhasil melibatkan 1.000 orang tua dan bayi dalam penggantian popok serentak. Semoga kampanye Gerakan Anti Ruam ini dapat memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang anak yang optimal,” Andre Purwandono.

Bertepatan dengan momentum Hari Anak Nasional 2024, pada acara ini Baby Happy Diapers juga menyediakan playground area agar anak-anak bisa bersenang-senang sepanjang acara untuk memenuhi hak bermainnya. 

Ditambah lagi si kecil bersama moms and dads dapat berkonsultasi langsung dengan ahli gizi dan dokter. Selain pemecahan rekor 1.000 bayi ganti popok serentak, acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan spesial dari Aviwkila.

Komitmen Baby Happy Diapers dalam mewujudkan kesehatan bayi bebas ruam popok, sejalan dengan filosofi WINGS Group bahwa “The Good Things in Life Should Be Accessible For All”. 

Di mana Baby Happy Diapers sebagai popok bayi berkualitas membantu wujudkan hal baik tersebut melalui edukasi kampanye Gerakan Anti Ruam dan keunggulan produk popoknya. 

Continue Reading

Ragam

Penasaran “Batuk, Komika Dustin Tiffani Disengaja atau tidak ? Ini Pendapat Dokter

Published

on

FEM Indonesia – Walau batuk bukan suatu yang perlu dikuatirkan namun tidak dapat juga dianggap enteng. Pasalnya jika dibiarkan terus menerus menjadi akut dan memerlukan pemeriksaan dokter.

Jamak jika batuk akut dirawat dengan meredakan gejalanya, seperti mengobati dengan jenis obat batuk batuk over the counter (OTC) yang dijual bebas dan jika dikonsumsi sesuai dosis dapat membantu meredakan batuk yang mengganggu aktivitas dan komunikasi. Selain itu, seperti ini umumnya dipengaruhi juga faktor psikis seperti rasa stress, cemas atau kondisi emosional tertentu.

Semisal dialami komika Dustin Tiffani yang dikenal lantaran ciri khasnya kebiasaan batuk sehingga dijuluki Lord Batuk. Tetapi Dustin mengaku dirinya telah melakukan pemeriksaan kondisi batuk tersebut namun tidak ditemui indikasi gangguan kesehatan.

Sudah pernah diperiksa rontgen, ketika dilihat, dokter mengatakan tidak apa-apa,” katanya.  

Mengomentari batuk Dustin, dr. Gia Pratama dari RS Prikasih mengatakan kemungkinan batuk yang dialami Dustin terjadi karena kebiasaan yang terpicu dari reaksi tubuh terhadap rasa cemas yang berulang.

“Batuk psikis terjadi karena stres, cemas atau dipicu kondisi emosional tertentu. Batuk ini menyebabkan otot-otot di saluran nafas jadi lebih sensitif dan mudah iritasi,” jelasnya.

Sementara dr. Patrioka Ismail, Sp.PD dari RS EMC Cikarang menyatakan bahwa batuk yang berulang dan tidak kunjung sembuh menandakan gejala dari masalah kesehatan tertentu. Ia mencontohkan secara umum batuk disebabkan faktor lingkungan sekitar.

“Paparan polusi, asap rokok, udara dingin, bisa menyebabkan rasa gatal di tenggorokan dan batuk. Apalagi di musim pancaroba seperti sekarang, batuk dapat berasal infeksi virus pada saluran pernapasan, yang biasa dikenal dengan batuk pilek. Pemicunya bisa berasal dari aktivitas di tempat umum, karena daya tahan tubuh menurun dan suhu udara yang dingin,” terangnya.

Sebagai langkah awal, menurut dr.Gia, segera redakan batuk dengan mengonsumsi obat batuk OTC dengan dosis tepat. Selain itu konsumsi pula makanan yang dapat membuat nyaman tenggorokan.

“Ketika mengalami batuk yang berkepanjangan tanpa gejala lain yang menyertai, segera periksakan untuk cek apakah batuk termasuk batuk psikis atau bukan. Bisa juga dengan melakukan relaksasi dan meditasi supaya mengurangi rasa stres atau cemas yang dapat menimbulkan batuk. Konsumsi juga makanan yang membuat lebih rileks yang bisa menghangatkan dan melegakan tenggorokan, seperti jahe, peppermint, atau jeruk nipis. Namun, agar dosisnya tepat, masyarakat bisa meminum obat batuk OTC dengan kemasan satu dosis, selain lebih aman, juga praktis dan mudah dibawa jika perlu,” papar Gia.

Secara umum, obat batuk OTC mengandung bahan-bahan yang berfungsi mengencerkan dahak, mengurangi batuk dan mengurangi alergi atau flu penyebab batuk seperti guaifenesindextromethorphan dan chlorpheniramine.

Selain itu, obat batuk OTC sekarang juga sudah banyak diformulasikan dengan bahan-bahan yang punya efek meredakan batuk dan menghangatkan tenggorokan seperti jahe, serta kandungan yang melegakan tenggorokan seperti jeruk nipis dan peppermint.

Hal senada diungkapkan dokter medis PT Bintang Toedjoe, dr. Elizabeth Angelina. Menurutnya, memperhatikan dosis sesuai anjuran tetap diperlukan jika melakukan swamedikasi obat batuk OTC.

“Formulasi kandungan obat batuk OTC memang dibuat untuk meredakan batuk berdahak maupun kering, dengan mengencerkan cairan dalam batuk berdahak, melawan virus, serta menahan reflek ketika batuk. Konsumsi obat yang direkomendasi yakni 3 kali sehari, 1 sampai 2 sachet untuk dosis orang dewasa,” katanya. [foto : dokumentasi/teks : denim]

Continue Reading

Kuliner

Dari Solo, JKT48 Kenalkan Cemilan baru, Japota Nipis Pedas

Published

on

FEM Indonesia – Japota, merek snack keripik kentang produksi Calbee Wings, meluncurkan inovasi terbaru, yaitu Japota Nipis Pedas. Varian baru ini menyajikan the next level keripik kentang dengan sensasi pedas yang berpadu dengan segarnya jeruk nipis. 

Japota Nipis Pedas terbuat dari 100% kentang asli yang dipotong tipis sehingga menghasilkan tekstur keripik kentang yang renyah dan krenyes. Dilengkapi dengan taburan bits daun jeruk asli, membuat pengalaman snacking Japota Nipis Pedas.

Peluncuran Japota Nipis Pedas tak lepas dari perkembangan tren dan peluang pasar. Sudah bukan rahasia bila makanan dengan sensasi pedas, baik itu makanan ringan maupun makanan berat, begitu digemari oleh kebanyakan masyarakat dari berbagai daerah, latar belakang, dan generasi. Pasar snack keripik kentang juga memperlihatkan bahwa sensasi pedas di potato chips category masih menjadi tren dan terus bertumbuh positif double digit selama beberapa tahun terakhir.

Fascah Aprialty SitumorangSenior Brand Manager PT Calbee Wings Food, mengatakan bahwa selama ini terdapat banyak pilihan snack dengan sensasi pedas yang mudah didapatkan di tengah masyarakat. Namun, belum ada snack keripik kentang yang menyajikan perpaduan sensasi pedas dengan segarnya jeruk nipis di Indonesiaz

“Sudah saatnya masyarakat bisa menikmati era baru snack keripik kentang sensasi pedas. Tidak hanya sekadar pedas, tetapi juga berpadu dengan segarnya jeruk nipis dan bertabur bits daun jeruk asli. Itulah mengapa kami meluncurkan varian terbaru Japota Nipis Pedas dan kami berharap varian ini dapat diterima dengan baik oleh konsumen, sama seperti varian-varian Japota sebelumnya yang telah menjadi favorit di kalangan anak muda,” ujarnya.

Perpaduan sensasi pedas dan segar jeruk nipis sebetulnya sudah cukup akrab di lidah dan digemari masyarakat Indonesia lewat berbagai citarasa pilihan kuliner. Jeruk nipis juga kerap digunakan sebagai tambahan untuk memperkaya cita rasa makanan pedas. Tak heran jika banyak masyarakat, khususnya anak muda, menyerbu varian terbaru Japota tersebut seperti terlihat pada Peluncuran Japota Nipis Pedas bersama JKT48 di Supermarket Luwes Gentan Solo (11/07). 

Jessi, salah satu anggota JKT48 pun tak ragu menjadikan Japota Nipis Pedas sebagai snack favoritnya. “Rasa pedasnya Japota Nipis Pedas itu nge-blend banget sama sensasi segar jeruk nipis. Fix sih ini jadi salah satu varian Japota favorit aku. Japota Nipis Pedas benar-benar nunjukin era baru snack keripik kentang yang gak cuma pedas, tapi ada sentuhan segar ketika dinikmati. Japota bener-bener menawarkan terobosan baru untuk penikmat keripik kentang. Mirip banget dengan spirit JKT48 sekarang ya, sama-sama memasuki era baru dengan sentuhan segar di karya-karya terbaru kita,” kata Jessi pada ratusan pengunjung yang hadir memadati venue acara.

Selain Jessi, anggota JKT48 lainnya, Olla, juga menceritakan preferensi snacking ala dirinya. “Sebagai pecinta makanan pedas, aku tuh suka makanan yang gak cuma ngasih sensasi pedas di lidah. Nah, selama ini kebanyakan snack itu rasanya pedas menyengat aja belum ada yang pedas seger kayak Japota Nipis Pedas. Tekstur keripik kentangnya juga tipis, krenyes, terus ada taburan bits daun jeruk asli yang bikin momen snacking jadi makin menyenangkan. Selain itu, Japota Nipis Pedas ini cocok banget dinikmati kapan saja, misalkan lagi break aktivitas atau sekadar ingin bersantai. JKT48 approvedsoteman-teman semua wajib coba!,” pungkasnya.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending