Connect with us

Tekhnologi & Gadget

Hadirkan Neo QLED 8K TV, Samsung Benam AI Upscaling

Published

on

FEM Indonesia – Bagi penggemar film blockbuster lama dan ingin bernostalgia, kini tidak perlu kuatir. Pasalnya tehnologi televisi dapat menghadirkan hal tersebut, terlebih tehnologi yang disertakan. Semisal Samsung Neo QLED 8K TV yang membenamkan teknologi AI Upscaling yang dapat meningkatkan kualitas gambar video lama menjadi setara 8K. 

Hal tersebut diungkapkan Head of Product – AV Business, Samsung Electronics Indonesia, Ubay Bayanudin.

“Neural Quantum Processor 8K dari Samsung secara ‘ajaib’ akan mengubah konten apa pun menjadi setara 8K yang berkualitas tinggi, dengan tekstur lebih baik, detail yang lebih kaya, dan noise minimal. Penambahan 44 neural networks menjadi 64 pada tahun ini membuat kemampuan AI Upscaling di Samsung Neo QLED 8K TV meningkat drastis untuk melakukan upscaling secara lebih presisi dan akurat. Anda dapat menikmati kembali konten-konten memorable-mu dengan tampilan lebih memukau di kenyamanan rumah Anda,” ujarnya. 

Disebutkan, kehadiran Samsung Neo QLED 8K TV akan membuat pengalaman dan kenyamanan dalam menikmati konten-konten memorable konsumen dan keluarga. Hal tersebut ini karena upscaling lebih presisi dan akurat dengan ‘Otak’ AI yang lebih banyak, layar yang memukau dan nyaman di mata, menikmati dengan kenyaman maksimal, audio yang menakjubkan serta dapat berbagi konten dengan keluarga.

Dari rilis yang diterima, dengan desain bezel super tipis dan body yang ramping ini dalam tiga model yaitu QN900C (85 inci), QN800C (75 inci), QN700C (65 inci dan 55 inci) dengan harga dbandrol mulai Rp27.999.000 sampai Rp129.999.000 di Samsung.com dan gerai resmi lainnya. Untuk lebih jelasnya, kunjungi https://www.samsung.com/id/tvs/. [foto : dokumentasi/teks : denim]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tekhnologi & Gadget

Diperkuat Fitur AI Smart Loop, realme GT6 untuk Anak Muda Produktif

Published

on

FEM Indonesia Taiwan – Saat ini kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) sudah menjadi faktor penting dalam memetakan arah perkembangan ekosistem teknologi, termasuk pada smartphone. 

Teknologi berbasis AI dianggap mampu memberikan solusi inovatif untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan pengalaman pengguna secara keseluruhan. 

Hal inilah yang diusung realme melalui produk terbaru GT 6. Tidak hanya menghadirkan keunggulan dalam performa serta kualitas fotografi sekelas profesional, smartphone ini menghadirkan pengalaman pengguna terbaik lewat rangkaian  fitur unggulan berbasis AI.

Menariknya, realme GT 6 diperkuat fitur AI Smart Loop yang menjadi game-changer untuk mendukung produktivitas dan meningkatkan kenyamanan interaksi pengguna. AI Smart Loop bekerja dengan dukungan algoritma AI yang mampu mengantisipasi perilaku penggunanya dan memberikan rekomendasi yang disesuaikan. Fitur ini mampu mengefisiensikan berbagai langkah yang biasa perlu dilewati pengguna dalam melakukan sebuah tugas, sehingga membuat pengoperasian dan interaksi pengguna dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien.

Semudah dengan melakukan gestur drag and drop pada konten yang diinginkan, fitur AI Smart Loop memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai instruksi pada smartphone seperti berbagi konten, pencarian alamat, penerjemahan bahasa, hingga berbagai fungsi lainnya dengan mudah dan cepat. Fitur ini juga dimungkinkan berkat hadirnya AI Screen Recognition yang mampu secara cerdas mengenali berbagai konten yang ditampilkan dan dipilih oleh pengguna. 

Pada penggunaan sehari-hari seperti berbagi konten melalui media sosial, pengguna dapat dengan mudah memilih gambar yang diinginkan dan menyeret gambar tersebut ke loop di sisi kanan atas smartphone. Saat loop terbuka, pengguna dapat memilih aplikasi yang ingin digunakan untuk membagikan konten. Hal ini lebih mudah dan praktis jika dibandingkan interaksi pada umumnya, di mana pengguna diharuskan melakukan buka tutup aplikasi untuk mengunggah konten. 

Mencari produk yang disukai saat sedang menelusuri media sosial juga tidak perlu lagi mengalami kesulitan. Jika biasanya pengguna harus mengambil tangkapan layar dan mencarinya secara manual, dengan AI Smart Loop pengguna dapat menemukan serta membeli produk favorit dengan cepat. Hanya dengan melakukan ketuk dan tahan pada gambar produk, kemudian drag & drop ke aplikasi untuk mencari produk yang diinginkan.

Selain gambar, fitur ini juga dapat secara cerdas mengenali konten teks. Untuk kebutuhan penerjemahan Bahasa misalnya, pengguna dapat memilih teks yang ingin diterjemahkan dan mengarahkan teks tersebut ke aplikasi penerjemah yang diinginkan. Untuk navigasi, pengguna cukup menyeret alamat yang ingin dituju ke aplikasi penunjuk arah yang diinginkan.

“Sebagai AI Flagship Killer, realme GT 6 menghadirkan peningkatan menyeluruh terhadap fitur dan fungsi smartphone yang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna. Rangkaian fitur unggulan berbasis AI yang kami benamkan menawarkan pengalaman yang lebih efisien, sederhana, dan cepat untuk mendukung para penggunanya lebih produktif. Perpaduan teknologi terbaik dan rangkaian fitur ini membuat realme GT 6 sangat cocok baik untuk penggunaan harian maupun profesional,” kata Ellen Zhou – Marketing Director realme Indonesia.

realme GT 6 hadir sebagai Flagship Killer dengan dukungan AI yang membawa keunggulan di sektor performa dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3, yang sangat mumpuni dari urusan gaming sampai mendukung produktivitas. Dikombinasikan dengan baterai besar 5500mAh dengan 120W SUPERVOOC Charge, RAM 12GB+12GB* dan memori internal berteknologi UFS 4.0 Overclocked untuk pembacaan dan penulisan data cepat.

Produk ini juga menghadirkan kualitas fotografi kelas profesional yang dapat diandalkan para pengguna dan pecinta fotografi.

Continue Reading

Tekhnologi & Gadget

Guru SD, Imam Upayanto dirikan “Metaverse Global Academy” untuk Siswa

Published

on

FEM Indonesia – Seorang anak muda bernama Imam Upayanto, yang berprofesi sebagai guru Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Banjarnegara, Wanayasa, Jawa Tengah bertelad mendirikan Metaverse Global Academy (MGA) bersama produser Bimo Maxim untuk kemajuan para siswa asuhanya.

Imam diluar tugasnya sebagai pengajar, juga seorang advertiser yang berfokus di facebook ads. Profesi di bidang metaverse ini dijalankan pada malam hari dan pagi hari sebelum berangkat mengajar di sekolah.

Imam mengaku mulai menggeluti Metaverse sejak 6 tahun yang lalu. Saat itu, tahun 2017 ketika sedang menempuh studi S2 ia membuat beberapa konsep metaverse untuk tesis. 

Dua pendiri Metaverse Global Academy: Bimo Maxim dan Imam Upayanto

“Namun, pemicu awal ketertarikan saya adalah karena di tahun tersebut pertama kalinya saya mengenal teknologi blokchain seperi Bitcoin. Dari situ saya mulai tertarik mempelajari metaverse secara otodidak lewat youtube,” ungkap Imam kepada awak media dikawasan Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (9/7/2024).

Setelah mempelajari bagaimana teknologi metaverse dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, disaat itulah Imam ingin membawa teknologi tersebut agar mampu digunakan oleh siswa di masa depan. Dia juga ingin membangun sebuah metaverse untuk pendidikan yang dapat diakses oleh semua orang, dimana nantinya akan memberikan berbagai kemudahan dan solusi atas beberapa keterbatasan pendidikan saat ini.

Sebagai warga negara Indonesia, Imam juga ingin memberikan persembahan untuk bangsa dan berharap dapat menjadi yang terdepan sebagai pengembang metaverse khususnya di bidang pendidikan, tidak lagi hanya menjadi konsumen ataupun pengikut negara lain.  

Bahkan dari ketekunannya mempelajari metaverse, Imam pernah meraih menjadi pemenang penghargaan Nasional produk metaverse dari Dirjen Dikti (Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi). “Awal kompetisi ini saya sempat ragu karena ajang nasional dan juga metaverse merupakan teknologi baru. Namun dengan bekal menjadi salah satu pemenang membuat saya optimis untuk mencoba,” katanya.

Kesuksesan yang diraih, menurut Imam, tak lepas dari doa istri yang bergabung di dalam tim. “Alhamdulillah. Akhirnya saya juga menjadi sebagai salah satu pemenang di ajang metaverse tersebut dan jadi wakil Indonesia. Saya harap langkah ini bisa menjadi jalan pembuka bagi pengembangan metaverse di negara ini kedepannya,” ungkapnya.

Imam menyebut, tantangan utama dalam membangun MGA ini adalah karena harus beradaptasi mengembangkan hal baru karena melihat peserta lain lebih bagus. Namun, hal ini juga menjadi kesempatan untuk belajar dan semakin membawa MGA ini menjadi lebih baik. “Saya sadar MGA yang sekarang masih terbatas, sehingga butuh banyak referensi untuk menyempurnakannya,” ungkapnya.

Dalam membangun ketekunanya, Imam menargetkan menjadi platform belajar berbasis metaverse yang dipilih oleh masyarakat di Indonesia maupun Internasional. Sebuah platform yang juga memberikan kemudahan belajar yang personal dan menyenangkan. Selain itu, membawa nama Indonesia sebagai pemimpin inovasi teknologi ini.

“Saya berharap agar MGA ini menjadi awal kolaborasi antara pengembang teknologi dan pakar pendidikan di Indonesia. Kerjasama inilah yang nantinya digunakan tidak hanya untuk menyusul ketertinggalan kualitas pendidikan kita dari negara lain, namun juga sebagai standar pendidikan masa depan yang diakui secara internasional,” tutupnya.

Metaverse sendiri adalah sebuah penggabungan dunia maya dengan dunia nyata. Dimana, nantinya teknologi masa depan seperti VR (Virtual Reality), AR (Augmented Reality), Blockchain, AI (Artificial Intelegence), serta Jaringan internet 5G akan menjadi pemicu utama lahirnya era metaverse ini.

Continue Reading

Movie & TV

tvOne Menggandeng Pilkada.AI untuk Sukseskan Pilkada 2024

Published

on

FEM Indonesia tvOne sebagai televisi berita nomor satu di Indonesia bersama Pilkada.AI menghadirkan platform berbasis teknologi generative AI untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kerjasama ini juga bertujuan untuk membantu para calon kepala daerah (cakada) mulai tingkat walikota, bupati hingga gubernur dalam menyusun strategi kampanye yang tepat sasaran dan relevan serta memberikan informasi yang akurat, cepat, dan dapat diandalkan kepada masyarakat mengenai Pilkada.

Maria Goretti Limi, selaku Direktur Business Marketing/Sales & Programming tvOne mengatakan pihaknya selalu memberikan inovasi terbaru mengikuti tren yang berkembang. Ini terbukti tvOne menjadi televisi pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi presenter AI.

Oleh karena itu, kolaborasi tvOne bersama Pilkada.AI merupakan wujud komitmennya untuk memberikan sesuatu yang baru dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi terkini.

“Kami berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat, termasuk mengikuti tren atau teknologi yang kekinian. Kerjasama dengan Pilkada.AI ini adalah langkah konkret mewujudkan fungsi tvOne sebagai media massa yang terpercaya untuk mendukung demokrasi di Indonesia supaya terwujud Pilkada 2024 yang smart, efisien, dan sehat” ujar Maria Goretti Limi pada press conference di Studio tvOne, Epicentrum, Jakarta, Selasa (9/7/2024).

Ia menjelaskan kolaborasi eksklusif tvOne dengan Pilkada.AI bisa dilihat dalam dashboard Pilkada.AI. Pada fitur ini para calon kepala daerah bisa mendapatkan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan kampanye dan masyarakat, mulai dari isu kritikal di daerah pemilihan, hingga rekomendasi untuk strategi kampanye, termasuk rekomendasi komunikasi, dan konten Cakada pada tayangan iklan, liputan sampai talkshow yang akan tayang di tvOne.

“Kami akan mengemas dalam bentuk yang menarik, informatif, serta faktual. Melalui fitur yang disajikan ini calon kepala daerah bisa menerapkan strategi kampanye yang tepat sasaran khususnya di media massa,” katanya.

Sementara itu, Nadia Shabilla selaku CEO Pilkada.AI menerangkan Pilkada.AI merupakan platform yang memanfaatkan teknologi generative artificial intelligence (AI) dan big data untuk memberikan solusi bagi para calon kepala daerah dalam meningkatkan efektivitas kampanye mereka.

Menurutnya, dengan Pilkada.AI, pengumpulan dan analisis data politik, dilakukan secara akurat dan komprehensif. Platform ini menyediakan One Stop Solution untuk seluruh kebutuhan kampanye calon kepala daerah. Mulai dari rekomendasi program, isu kritikal, komunikasi kampanye, video generative AI, isu daerah, isu cakada, pemetaan elektoral, hingga manajemen tim kampanye di lapangan.

“Kerjasama dengan tvOne menjadikan fitur Pilkada.AI semakin lengkap. Dengan menggunakan Pilkada.AI, cakada semakin mudah untuk berkampanye dengan strategi yang tepat sasaran dan efektif, sekaligus semakin meningkatkan popularitas melalui tayangan di tvOne. Sehingga setiap Cakada yang berkontestasi di pemilihan kepala daerah ini, mendapatkan kesempatan yang sama untuk memenangkan pemilihan,” jelas Nadia.

Nadia berharap kerjasama tvOne dan Pilkada.AI dapat meningkatkan kualitas informasi dan berita terkait Pilkada 2024.

“Melalui langkah yang positif ini diharapkan dapat membawa banyak manfaat bagi semua pihak baik dari calon pemimpin daerah, pemerintah dan juga masyarakat Indonesia. Dan tvOne tentunya menyampaikan informasi yang akurat, objektif, dan berimbang agar masyarakat bisa menentukan pilihan yang tepat dalam pemilihan kepala daerah pada gelaran Pilkada 2024 ini,” pungkasnya.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending