Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Hari Tanpa Tembakau Sedunia, KC BRI Bekasi Siliwangi Ramaikan CFD dengan BRImo Mudah dan Serba Bisa

Published

on

FEM Indonesia, Bekasi – BRI Kantor Cabang Bekasi Siliwangi mengikuti kegiatan Car Free Day (CFD) di Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, Minggu (9/6/2024) lalu.

Dalam kegiatan ini digelar Open Booth pembukaan rekening BRI dan aplikasi BRIMO, nasabah bisa mendapatkan voucher senilai Rp100 ribu.

Voucher senilai Rp100 ribu bisa digunakan para peserta untuk membeli mineral water dan isotonic water senilai Rp1. 

Pemimpin BRI Kantor Cabang (KC) Bekasi Siliwangi, Yanuar Akademikus Arbifirdaus, mengatakan, BRI sangat komitmen terhadap sistem perbankan yang sehat di Indonesia berdasarkan penerapan tata kelola Good Corporate Governance.

“BRI terus berkomitmen untuk menghadirkan solusi perbankan yang inovatif demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, khususnya di Bekasi,” ujarnya. 

Arbif juga menjelaskan, selain diikuti masyarakat umum, CFD kali ini juga diikuti 3 Kantor Cabang BRI. Salah satunya yaitu Kantor Cabang BRI Bekasi Siliwangi.

Dalam kegiatan CFD yang merupakan rangkaian Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini, BRI Cabang Bekasi Siliwangi juga mengadakan Funbike, Fun Runner dan Olahraga Zumba. 

Hadir dalam kegiatan ini yaitu Pj Walikota Bekasi, R Gani Muhamad didampingi Asda II Inayatullah, Dinas Kesehatan Kota Bekasi serta dihadiri ratusan masyarakat, pelajar dan anak muda.

Para pelajar dan pemuda serta masyarakat itu berasal dari masing-masing kecamatan yang ada di Kota Bekasi. “Mereka melakukan aksi begitu meriah dan penuh semangat di tengah berlangsungnya CFD,” tutupnya.

Ekonomi & Bisnis

Wujudkan Ketahanan Pangan, BULOG Jamin dan Pastikan Rantai Pasok Beras, Aman!

Published

on

By

FEM Indonesia – David Ricardo, seorang ekonom dan pencetus teori keunggulan komparatif, lewat bukunya Principles of Political Economy and Taxation mengatakan bahwa negara sebaiknya berfokus pada produksi barang yang memiliki biaya peluang lebih rendah daripada negara lain. 

Dengan berfokus pada produksi barang yang memiliki keunggulan komparatif, negara dapat meningkatkan efisiensi, margin keuntungan dan memperoleh hasil material yang lebih tinggi.

Tak ayal teori ini banyak diterapkan oleh berbagai negara di dunia, di mana jenama-jenama ternama berbondong-bondong memproduksi barangnya di negara-negara berkembang seperti Vietnam, Myanmar, Sri Lanka dan lain-lain, karena mengejar biaya produksi yang lebih murah, sehingga margin yang diperoleh bisa optimal.

Pemerintah melalui penugasan ke Perum BULOG, akan mulai menerapkan hal tersebut seiring dengan kerjasama ekonomi dan investasi pangan yang sedang dijajaki dengan negara Kamboja.

“Kami siap melaksanakan penugasan tersebut, termasuk melakukan komunikasi dengan beberapa pelaku usaha beras di Kamboja. Hal ini bukan hanya tentang memperluas jangkauan geografis, tetapi juga tentang mewujudkan keunggulan kompetitif rantai pasok beras sehingga ketahanan pangan di Indonesia dapat terwujud,” kata Bayu Krisnamurthi, Direktur Utama Perum Bulog, baru-baru ini di Jakarta.

Menjadi pemimpin rantai pasok pangan terpercaya adalah salah satu visi transformasi Perum BULOG yang dicanangkan baru-baru ini. Dengan 57 tahun pengalaman di distribusi pangan, tak pelak lagi Perum BULOG menjadi pemimpin rantai pasok pangan, terutama beras, di Indonesia.

Namun, sepanjang sejarahnya, kerap kali Perum BULOG diterpa oleh berbagai isu, termasuk isu impor, kerjasama ekonomi dan investasi pangan. Hal ini dikarenakan masyarakat masih membutuhkan edukasi dan informasi yang mumpuni mengenai rantai pasok pangan. Termasuk pada mekanisme ekspor impor, di mana terdapat istilah despatch dan demurrage, yang sedang menjadi perbincangan hangat di beberapa pemegang kebijakan pangan saat ini.

“Sebenarnya demurrage dan despatch adalah hal yang lumrah terjadi dalam penanganan barang impor. Demurrage adalah denda keterlambatan bongkar, sedangkan despatch adalah bonus yang diberikan karena bongkar barang terjadi lebih cepat. Jadi sebenarnya tidak lengkap membahas demurrage tanpa membahas despatch juga. Karena tentunya keduanya pernah dialami oleh Perum BULOG sebagai operator pelaksana penerima mandat impor beras dari pemerintah dan selama ini Perum BULOG tidak pernah membebani masyarakat karenanya,” ungkap *Tito Pranolo, Pakar Pangan Indonesia*.

Tito menambahkan, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya demurrage. Termasuk keterlambatan kirim barang oleh pemasok maupun keadaan iklim. Krisis iklim ini juga pernah dikemukakan oleh *Amanda Katili Niode, Direktur The Climate Reality Project Indonesia sekaligus Ketua Omar Niode Foundation*, pada kesempatan terpisah.

“Saat ini kita sedang berada di tengah-tengah polikrisis, di mana satu krisis saling mempengaruhi krisis lainnya, seperti krisis ekonomi, krisis iklim, krisis pangan dan lain-lain sehingga kita tidak bisa melihat hanya sebagai satu persatu masalah, tapi semua saling terkait, serta dampaknya terhadap manusia itu sangat besar. Tapi memang yang paling menjadi sorotan saat ini adalah perubahan iklim,” ucap Amanda.

Terkait beberapa pemegang kebijakan yang mendorong agar pihak penegak hukum mulai terlibat dalam isu demurrage yang terjadi, *pakar hukum dan politisi dari PAN, Shanti Dewi Mulyaraharjani* mengatakan,”Sebaiknya lembaga legislatif yang memiliki kewenangan untuk menanyakan isu ini ke Bapanas dan Perum BULOG terlebih dahulu, mengenai isu terkait. Kita harus mengedepankan asas praduga tak bersalah. Memang diperlukan transparansi serta kronologi yang jelas sehingga dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat”.

Melalui berbagai upaya yang dilakukan, Perum BULOG menjamin dan memastikan rantai pasok pangan tetap terjaga demi ketahanan pangan nasional.

“Perubahan fungsi Perum BULOG dari masa ke masa, tidak merubah komitmen kami untuk tetap menjadi pemimpin rantai pasok pangan yang terpercaya. Kami juga terus menerus meningkatkan pelayanan kami sehingga bisa berkontribusi lebih bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia yang tentunya sesuai dengan ke-4 visi transformasi kami,” tutup Sonya Mamoriska, Direktur Transformasi& Hubungan Antar Lembaga Perum BULOG.

Continue Reading

Ekonomi & Bisnis

Periode 2, BRI KC Bekasi Siliwangi Undi Panen Hadiah Simpedes

Published

on

FEM Indonesia, Bekasi – Bank BRI Kantor Cabang (KC) Bekasi Siliwangi mengundi panen hadiah Simpedes periode 2 tahun 2023. Pengundian dilaksanakan pada 15 Juni 2024. Acara di gelar di halaman BRI KC Bekasi Juanda. 

Adapun hadiah yang disediakan mulai dari televisi, sepeda listrik, motor hingga mobil. 

Pemimpin BRI KC Bekasi Siliwangi, Yanuar Akademikus Arbifirdaus menjelaskan, dalam pengundian acara panen hadiah Simpedes ini, selain BRI KC Bekasi Siliwangi ada juga cabang lain yaitu KC Bekasi Juanda dan KC Bekasi Harapan Indah.

Khusus dari BRI KC Bekasi Siliwangi menyiapkan hadiah berupa 4 Unit Sepeda Listrik Viar, 4 Unit Motor Suzuki Next II dan 1 Unit Motor Suzuki Address. 

“Kami menyiapkan hadiah menarik yang diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik bagi para nasabah yang mendapatkan,” ungkapnya. 

Arbif sapaannya menuturkan, selain pengundian panen hadiah Simpedes, ada juga open Booth pedagang UMKM , Open Booth Pegadaian dan open Booth BRIFinance.

“Tak hanya mendapatkan hadiah, nasabah juga bisa menikmati aneka layanan perbankan yang disesuaikan dengan kebutuhan,” pungkasnya.

Continue Reading

Ekonomi & Bisnis

BNI dan Mastercard Perkenalkan Kartu Kredit BNI Titanium untuk Milenial, Gen Z Lifestyle

Published

on

FEM Indonesia – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI bekerjasama dengan PT Mastercard Indonesia melakukan revamp Kartu Kredit BNI Mastercard Titanium dengan fokus pada segmen Milenial dan Gen Z. 

Kartu kredit ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup anak muda yang gemar traveling, shopping, dan dining.

Direktur Retail Banking BNI Corina Leyla Karnalies mengatakan, Kartu Kredit BNI Mastercard Titanium hadir dengan desain baru yang lebih fresh dan modern, mencerminkan jiwa muda dari para penggunanya. Desain kartu yang baru ini melambangkan petualangan, eksplorasi tanpa batas, dan menggambarkan pengalaman mendalam.

“Kartu Kredit BNI Mastercard Titanium ini ditujukan khusus untuk Milenial dan Gen Z yang gemar berpetualang serta mencerminkan semangat mereka yang selalu ingin mencoba tantangan-tantangan baru,” ujar Corina.

Corina menambahkan, peluncuran kartu kredit ini sejalan dengan strategi BNI untuk menjangkau pasar Milenial dan Gen Z yang merupakan segmen penting dalam perekonomian Indonesia. Saat ini, 53,81% penduduk Indonesia adalah Milenial dan Gen Z.

“Melalui Kartu Kredit BNI Mastercard Titanium, kami ingin memberikan pengalaman hidup yang berkesan bagi para Milenial dan Gen Z. Konsep ‘Have You Ever’ dalam kartu ini akan memberikan experience baru dalam setiap aktivitas para pemegang Kartu Kredit BNI Titanium,” kata Corina.

Direktur Utama PT Mastercard Indonesia Aileen Goh, menyambut baik kerjasama dengan BNI dalam meluncurkan Kartu Kredit BNI Mastercard Titanium. Menurutnya, kartu kredit ini akan menjadi pilihan yang tepat bagi para Milenial dan Gen Z yang menginginkan kemudahan dan keuntungan dalam bertransaksi.

“Mastercard berkomitmen untuk terus berinovasi dan menghadirkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen masa kini. Kartu Kredit BNI Mastercard Titanium ini dirancang khusus untuk Milenial dan Gen Z, dengan menawarkan berbagai fitur dan benefit yang menarik bagi mereka,” ujar Aileen.

Kartu Kredit BNI Mastercard Titanium menawarkan berbagai fitur menarik, diantaranya mendapatkan 2 kali BNI Rewards Point untuk setiap transaksi minimal Rp 1 juta di MCC Travel, MCC Hotel (aplikasi/website maupun EDC di merchant) dan transaksi offline di luar negeri.

Sebagai kartu kredit yang menawarkan nilai unik khususnya dalam travelling, pemegang kartu dapat menikmati cashback 3% di merchant airlines (aplikasi/website maupun EDC di merchant airlines) dan benefit spesial hanya bayar Rp 1 untuk setiap pembelian kopi di Starbucks Bandara dengan menunjukkan Kartu Kredit BNI Titanium dan Boarding Pass penerbangan hingga 30 Juni 2025.

Pemegang kartu juga dapat menikmati berbagai program menarik, seperti diskon atau cashback hingga Rp 1 Juta di Traveloka, Grab, Shopee, Footlocker dan bebas langganan Netflix 1 bulan untuk setiap langganan selama 12 bulan serta promo-promo lainnya hingga 31 Desember 2024.

Selain fitur dan promo-promo menarik tersebut, untuk meningkatkan antusias para Milenial dan Gen Z, BNI dan Mastercard juga memberikan welcome bonus berupa hadiah menarik hanya bayar Rp 1 berlaku untuk 1.000 orang pertama perbulan yang dapat ditukarkan melalui e-commerce yang bekerjasama dengan BNI. Promo welcome bonus ini berlaku untuk pengguna Kartu Kredit BNI Titanium yang disetujui pada periode Juni – Agustus 2024.

Untuk meningkatkan loyalitas pengguna baru, BNI dan Mastercard mengadakan program Apply and Spend, dengan hadiah menarik untuk tiga orang highest spender pengguna Kartu Kredit BNI Mastercard Titanium dengan periode transaksi mulai dari 1 Juli sd 31 Desember 2024.

Bagi masyarakat yang ingin informasi tentang fitur dan program yang ditawarkan oleh Kartu Kredit BNI Mastercard Titanium bisa mengunjungi tautan bit.ly/new-bnititanium. 

Segera ajukan Kartu Kredit BNI Mastercard Titanium melalui e-form Kartu Kredit BNI pada tautan bit.ly/applybni-titanium atau melalui BNI Mobile Banking sebelum 30 Juni 2024 dan nikmati cashback Rp 500 ribu.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending