Connect with us

Tekhnologi & Gadget

Lintasarta Luncurkan GPU Merdeka, AI Cloud Tercanggih Didukung NVIDIA di Indonesia

Published

on

FEM Indonesia Taiwan – Lintasarta, perusahaan Information and Communication Technology (ICT) total solutions terkemuka di Indonesia, meluncurkan produk baru Lintasarta, GPU Merdeka(Graphics Processing Units).

GPU Merdeka sebagai GPU-as-a-Service (GPUaaS) untuk infrastruktur AI, merupakan Sovereign AI Cloud dari NVIDIA yang dirancang sebagai supercomputing cloud dengan teknologi canggih dan terdepan di Indonesia.

Peluncuran GPU Merdeka melibatkan para tokoh nasional dan global diantaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, Kepala Departemen Pengembangan Aplikasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dwi Kurniawan, Sekretaris SKK Migas Luky A Yusgiantoro, Educator Entrepreneur & Host of “End Game” Gita Wirjawan, Digital Business Director Perum Peruri Farah Fitria Rahmayanti, President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) Vikram Sinha, dan Head of Developer Programs for Big Data & Analytics in the ASEAN & ANZ Regions of NVIDIA Deb Goswami.

Peluncuran GPU Merdeka, merupakan bagian dari bukti komitmen mewujudkan tujuan besar Lintasarta dan Indosat Group dalam memberdayakan Indonesia. Peluncuran ini juga merupakan bagian dari ekspansi strategis perusahaan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan NVIDIA pada awal 2024 silam. Hal ini juga menegaskan status Lintasarta sebagai Nvidia Cloud Partner (NCP) dalam NVIDIA Partner Network sejak Mei 2024.

GPU Merdeka akan menghadirkan infrastruktur dan platform AI cloud untuk pelaku bisnis nasional serta akses ke GPU tercepat dari NVIDIA dengan data centerhigh-density yang ada di market saat ini. Hal ini juga akan memberikan akses pada kemampuan dalam bidang GenerativeAI, machine learning, rendering, dan aplikasi computer aided design (CAD) dengan spesifikasi superior, biaya yang optimal, dan pemanfaatan energi yang efisien.

Sovereign AI Cloud yang didukung teknologi canggih dari NVIDIA akan memposisikan Lintasarta sebagai pemimpin AI cloud nasional dengan membawa kemajuan teknologi dan inovasi untuk transformasi digital pelaku industri nasional. Dengan kemampuan AI dalam infrastruktur cloud, Lintasarta akan mendorong kolaborasi dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi digital nasional.

GPU Merdeka hadir dengan infrastruktur yang berada di dalam negeri, dikelola perusahaan dari Tanah Air, dan dioperasikan oleh tenaga TI profesional berbakat anakbangsa, serta mendukung pertumbuhan industri sertaekosistem nasional. Lintasarta juga akan menghadirkanAI Nation Program yang bertujuan untuk mempercepatadopsi dan pengembangan teknologi AI denganmembangun ekosistem AI yang kuat sertaberkelanjutan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, menyampaikan, Kemajuan teknologi digital merupakan salah satu faktor kunci dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045. Oleh karena itu, Indonesia memerlukan ekosistem digital yang kuat agar mampu bersaing di tingkat global. 

“Kehadiran teknologi mutakhir ini adalah sebuahpencapaian besar bagi kita, karena seluruh elemennya, mulai dari infrastruktur hingga pengelolaannya, beradadi Indonesia. Hal ini sejalan dengan cita-cita kita untukmendorong Indonesia menjadi bangsa yang berdaulatsecara digital, khususnya dalam mengadopsi teknologiseperti kecerdasan buatan.” kata Luhut.

President Director & CEO Lintasarta, Bayu Hanantasena, mengatakan, GPU Merdeka merupakan langkah nyata dalam memberdayakan Indonesia melalui solusi teknologi terbaik untuk membantu perusahaan dari berbagai sektor industri mempercepat transformasi digital dengan hasil optimal. “GPU Merdeka hadir sejalan dengan tujuan mulia Lintasarta dalam memberdayakan Indonesia untuk mempercepat pencapaian potensi digital bangsa. Peluncuran layanan baru ini mendorong Indonesia menjadi yang terdepan dalam komunitas AI cloud global,” ujar Bayu, pada Rabu (21/8) di Jakarta.

President Director and  CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha,mengatakan, “Kami turut bangga dengan peluncuran GPU Merdeka milik Lintasarta. Sebagai bagian dari Indosat Group, Lintasarta memainkan peranan penting dalam perjalanan transformatif kami menjadi AI-Native TechCo. Kami percaya dengan teknologi dan kemampuan yang ditawarkan oleh Lintasarta dapat membawa Indosat Group selangkah lebih dekat untuk mewujudkan tujuan besarnya dalam memberdayakan Indonesia dan mendorong terwujudnya visi Indonesia Emas 2045.”

Head of Developer Programs for Big Data & Analytics in the ASEAN & ANZ Regions of NVIDIA, Deb Goswami, menyatakan, “Lintasarta telahmengimplementasikan NVIDIA accelerated computingdalam GPU Merdeka, membantu menghadirkan layanancloud AI berkinerja tinggi untuk memberdayakanIndonesia dengan AI yang berdaulat.”

GPU Merdeka yang didukung oleh NVIDIA, menghadirkan server High Performance GPU dengan konfigurasi 8x Nvidia H100 SXM Tensor Core GPUs dalam 1 server. Konfigurasi yang menghadirkan kapabilitas untuk AI generatif dan memiliki kemampuan yang tidak dimiliki oleh GPU NVIDIA generasi sebelumnya. 

Keunggulan tersebut sangat tepat digunakan pada aplikasi yang membutuhkan akurasi tinggi seperti TNavigator dan SLB Petrel High Performance Computing pada industri oil and gas. NVIDIA H100 SXM pada GPU Merdeka dapat menangani beban kerja AI generatif tingkat lanjut dengan dukungan bandwidth3.35 TB/s. Fitur canggih lainnya adalah H100 GPU features third-generation RT Cores  yang ideal untuk rendering, 3D modeling, dan aplikasi CAD seperti AutoCAD. 

GPU Merdeka mendapatkan dukungan infrastruktur data center AI hingga 20 KW per rack, fitur connectivity data center hingga 3.2 Tbps Infiniband RDMA per server, dan NVIDIA GPUDirect access to storage yang akan meningkatkan performansi layanan secara keseluruhan. 

Pelanggan GPU Merdeka akan dibebaskan akses untuk trafik internet up to 100 Gbps dengan proteksi DDoS yang memberikan kenyamanan dan keamanan tingkat tinggi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Tekhnologi & Gadget

realme Kolaborasi Dominator Esports Siap Kembangkan Talenta Berbakat Esports Tanah Air

Published

on

FEM Indonesia, Jakarta – Smartphone pilihan anak muda realme mengumumkan kolaborasi dengan Dominator Esports dalam komitmen untuk mengembangkan talenta berbakat di Indonesia.

Krisva Angnieszca, Public Relations Lead realme Indonesia menilai Dominator Esports walaupun baru didirikan sekitar enam bulan yang lalu. Namun tim ini telah menarik perhatian dengan prestasi yang membanggakan. Penampilan Dominator Esports yang mengesankan sebagai runner-up di 2024 Honor of Kings Championship mengukuhkan reputasinya sebagai salah satu tim paling menjanjikan di dunia esports.

Menurutnya, sebagai tim yang masih sangat muda, menempati posisi kedua dalam turnamen yang sangat kompetitif adalah pencapaian luar biasa. Ia juga melihat bakat besar di Dominator Esports dan melihat peluang untuk mendukung pertumbuhan mereka.

“Keputusan untuk mensponsori Dominator Esports menunjukkan keyakinan kami terhadap potensi tim tersebut. Kami melihat masa depan yang cerah untuk Dominator Esports, terutama mengingat kemampuan mengesankan mereka dalam mengalahkan tim-tim yang sudah mapan di 2024 Honor of Kings Championship. Sponsor yang diberikan bukan sekadar finansial, tapi investasi strategis dalam membantu Dominator Esports tumbuh dan mencapai tingkat yang lebih tinggi di dunia esports,” ujar Krisva Angnieszca.

Ia menambahkan, kolaborasi antara realme dan Dominator Esports bukan hanya sponsor satu kali, tetapi merupakan kolaborasi jangka panjang yang dirancang untuk membina dan mengembangkan bakat esports. 

Untuk itu, kata Krisva, pihaknya berencana untuk bekerja sama dengan Dominator Esports, memberikan dukungan saat mereka terus tumbuh menjadi tim yang kuat. Kolaborasi ini juga akan berfokus pada pengembangan smartphone gaming yang dirancang khusus untuk pemain esports profesional. 

“Kolaborasi dengan Dominator Esports akan memastikan bahwa smartphone gaming masa depan realme dioptimalkan untuk para pemain profesional, membantu mendorong kesuksesan tim sekaligus menghadirkan teknologi mutakhir ke ekosistem esports,” katanya.

Sementara itu, Sergio Imanuel selaku CEO Dominator Esports mengharapkan kolaborasi dengan realme untuk pencapaian yang lebih besar di masa depan. 

Dikatakannya, ketika Dominator Esports terus tumbuh dan mengembangkan daftar anggotanya, maka realme akan berada di sana di setiap langkah, memberikan dukungan, sumber daya, dan teknologi canggih. Fokusnya adalah untuk mengembangkan bakat dan meningkatkan daya saing tim serta produk yang mereka gunakan.

“Bangga mendapat kepercayaan realme menjadi tim esports yang dipilih untuk berkembang bersama. Kami yakin bahwa melalui kolaborasi ini mampu mendorong lahirnya pro player muda yang memiliki potensi tinggi. Teknologi dan fitur terdepan yang dimiliki oleh smartphone realme juga memiliki peranan yang sangat penting dalam pengembangan skill para anggota tim. Penandatanganan kolaborasi bersama realme ini selaras dengan misi untuk meningkatkan daya saing anak muda berbakat khususnya dalam industri esports, dibandingkan dengan anak-anak muda di negara lain,” tandas Sergio Imanuel. 

Perjalanan Dominator Esports sungguh luar biasa. Baru-baru ini, tim tersebut menyelesaikan turnamen berskala internasional pertama yang menunjukkan potensinya di panggung dunia. Dengan pencapaian itu, Dominator Esports kini fokus mempersiapkan diri untuk kompetisi lain di masa depan. 

Salah satu langkah baru yang paling signifikan adalah bergabungnya Ho Zhe “Freddie” Khoo yang terlibat dalam pertarungan 2024 Honor of Kings Championship.

Dengan bergabungnya kembali Freddie sebagai anggota, Dominator Esports dapat fokus untuk membangun sinergi tim dan menyempurnakan strategi mereka guna turnamen yang akan datang, termasuk tujuan ambisius untuk berkompetisi dalam EWC (Esports World Cup) tahun depan.

Continue Reading

NASIONAL

Kemkomdigi Umumkan Dua Akun Influencer Promosi Judol Ditakedown

Published

on

FEM Indonesia, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi) melalui Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika (PAI) mentakedown dua akun media sosial atau influencer dengan jumlah pengikut puluhan ribu karena terhubung dan turut mempromosikan judi online. 

Keduanya adalah @katakstvns70 dengan pengikut 20,2 ribu dan @polamisteri dengan pengikut 17,6 ribu.

Plt. Direktur PAI, Kemkomdigi, Syofian Kurniawan mengungkapkan secara keseluruhan, sejak Rabu (13/11/2024) hingga Kamis (14/11/2024), pihaknya telah melakukan takedown 6.939 konten berdasarkan hasil patroli siber dan aduan masyarakat. 

Dikatakannya, secara akumulatif sejak 20 Oktober – 14 November 2024 pemerintah sudah melakukan takedown sebanyak 290.169 konten judi online dengan rincian 268.261 pada website dan IP, 12.054 konten pada platform Meta, 6.095 pada file sharing, 2.412 pada google/youtube, 1.214 melalui platform X, 74 konten pada Telegram, dan 38 melalui Tiktok.

“Artinya, sejak periode 2017 hingga 14 November 2024 total telah sebanyak 5.169.537 konten perjudian yang ditangani Kemkomdigi. Dari jumlah tersebut 4.451.041 di antaranya adalah berupa situs dan IP,” ujar Syofian Kurniawan, di Jakarta, Kamis (14/11/2024).

Menurutnya, saat ini lebih dari 80 ribu anak di bawah usia 10 tahun tercatat telah terpapar judol melalui berbagai game atau permainan dari aplikasi di handphone. Kondisi ini tentu sangat mengkhawatirkan, karena banyak dari mereka yang belum sepenuhnya memahami bahaya yang dapat ditimbulkan dari perjudian digital.

“Game yang tampaknya tak berbahaya bisa dengan mudah menyusupkan konten judi, yang pada akhirnya dapat merusak perkembangan mental dan emosional anak-anak,” katanya.

Maka itu pentingnya peran orang tua dalam pengawasan aktivitas digital anak, ditegaskan Syofian, semakin mendesak. Anak-anak sering kali tidak menyadari bahwa permainan yang mereka anggap biasa bisa mengandung unsur judi yang berbahaya. Oleh karena itu, pengawasan orang tua terhadap penggunaan perangkat digital anak harus lebih diperhatikan. Orang tua harus lebih aktif memeriksa aktivitas anak khususnya di telepon genggam. Memastikan bahwa game yang dimainkan sesuai dengan usia anak, dan menghindarkan mereka dari potensi paparan konten yang mengarah pada perjudian.

“Dengan kesadaran dan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat, kita bisa melindungi anak-anak kita dari bahaya judi online. Mari kita jadikan pengawasan digital sebagai prioritas, agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat, aman, dan bebas dari paparan perjudian yang merusak,” ajak Syofian.

Ia menambahkan, Kemkomdigi telah menyediakan berbagai kanal untuk masyarakat melaporkan konten negatif, termasuk judol. Di antaranya adalah Aduankonten.id, yang juga menyediakan layanan WhatsApp di 0811-9224-545. Ada juga WA chatbot Stop Judi Online di 0811-1001-5080. 

Selain itu, portal Aduannomor.id bisa digunakan untuk melaporkan penyalahgunaan nomor seluler untuk penipuan, dan Cekrekening.id untuk melaporkan rekening bank atau e-wallet yang diduga terlibat tindak pidana.

“Judol adalah penipuan. Judol bikin bobol,” tandas Syofian.

Continue Reading

NASIONAL

Komdigi ‘Bersih Bersih’ Situs dan Akun Besar Terafiliasi Judol, Ini Daftarnya!

Published

on

FEM Indonesia, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi) melalui Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika (PAI) kembali menutup (takedown) situs dan akun media sosial dengan jumlah pengikut yang besar karena tertaut dengan situs judi online (judol). Situs tersebut adalah http://wajibpilih.uk dan http://pinjamriel.web. 

Sementara akun yang ditindak adalah platform instagram @madamgossip.official2 dengan pengikut sebanyak 133.000, @osb138 83 jumlah pengikut 4.000, dan @video.perang.brutal dengan jumlah pengikut 135.000.

Secara keseluruhan pada Rabu (6/11/2024) Kementerian Komdigi telah melakukan penghapusan sebanyak 7.176 konten bermuatan judol. Langkah tersebut jadi bagian dari upaya berkelanjutan pemerintah untuk memberantas perjudian daring.

“Kami akan terus bekerja keras untuk memberantas konten perjudian online. Tanpa henti,” tegas Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kemkomdigi, Prabunindya Revta Revolusi, Rabu (6/11/2024) di Jakarta.

Data dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menunjukkan bahwa Satuan Tugas Pemberantasan Perjudian Daring berhasil mengintervensi perputaran dana perjudian daring. Terdapat penurunan perputaran dana dari triwulan I hingga III tahun 2024 mencapai Rp283 triliun. Jika tidak dilakukan intervensi, perputaran dana perjudian diperkirakan dapat mencapai Rp981 triliun pada akhir tahun 2024. 

“Hal ini menunjukkan bahwa satgas telah berhasil memotong angka perjudian daring hingga 40-50 persen,” ujar Prabu.

Prabu kembali mengingatkan bahwa sesuai dengan Pasal 27 ayat 2 dan Pasal 45 ayat 3 UU ITE, terdapat ancaman pidana bagi pihak yang sengaja mendistribusikan atau menyediakan akses terhadap informasi elektronik yang bermuatan perjudian. Sanksi bagi pelanggar dapat berupa pidana penjara maksimal 10 tahun dan/atau denda hingga Rp10 miliar.

“Judi online mirip narkoba, dapat menyebabkan kecanduan. Orang yang terlibat akan terus dihantui rasa penasaran karena tidak pernah menang. Selain itu, perjudian dapat memicu stres, depresi, dan gangguan emosi, serta menyebabkan kesepian akibat dijauhi teman-teman,” tandas Prabu.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending