Connect with us

NASIONAL

Gresysia-Apriyani Raih Medali Emas, Jokowi : Kemenangan Jadi Kado Ulang Tahun Indonesia!

Published

on

FEM Indonesia – Peraihan emas untuk pertama kalinya bagi Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, dari cabang olahraga bulutangkis ganda, Greysia Polii dan Apriayani Rahayu di apresiasi langsung Presiden Jokowi.

Presiden menyebut, bahwa kemenangan keduanya jadi hadiah ulang tahun bagi perayaan kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus 2021, mendatang.

“Kemenangan ini menjadi kado ulang tahun kemerdekaan Indonesia,” tulis Jokowi di akun pribadinya di Instagram dan Twitter resmi miliknya, @jokowi, Senin (2/8/2021).

Jokowi juga menulis bahwa kemenangan kali ini adalah penantian emas itu berakhir sudah dan dalam pertandingan yang alot dan mendebarkan. “Selamat dan terima kasih Greysia/Apriyani!,” tambah Jokowi. 

Duet Greysia/Apriyani berhasil menang dengan mengalahkan pasangan kuat Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China) dari China pada partai final, Senin (2/8/2021) pagi.

Keduanya berlaga di Lapangan 1 Musashino Forest Sport Plaza, dengan dua kemenangan langsung menang dengan skor 21-19, 21-15 dalam tempo 55 menit. Dan menjadi ganda putri pertama Indonesia yang meraih medali emas Olimpiade. Selamat!

NASIONAL

Pemerintah Jepang Support 16th KOI’s Festival 2024 di Indonesia

Published

on

FEM Indonesia – Pemerintah Jepang diwakili Kedutaan Besar untuk Indonesia mensupport terselenggaranya kegiatan 16th KOI’s Festival 2024 yang berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 26-28 April 2024 di ICC, BRIN, Cibinong, Jawa Barat.

Hal itu dikatakan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masaki Yasushi, saat membuka festival ikan KOI tersebut, di Cibinong, Jum’at (26/4/2024).

“Terima kasih telah mengundang saya ke KOI’s Festival ini. Saya sangat senang acara Nishikigoi (ikan KOI, bahasa Jepang – red.) yang mewakili budaya Jepang ini dapat secara terus menerus diadakan di Indonesia,” ujar Masaki Yasushi.

Dubes Jepang ini mengaku dirinya pernah menghadiri event ikan KOI ini pada bulan Januari lalu di Bogor. “Saya ingat waktu itu ikan KOI ditampilkan bukan hanya dari Jawa, tapi dari Kalimantan dan Sumatera. Saya sangat kagum dan senang ikan KOI dicintai di Indonesia,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, dalam KOI’s Festival ini juga menampilkan Suiseki (batu air), bonsai, cosplay dan makanan khas Jepang. “Suiseki dan bonsai sama seperti ikan KOI merupakan komponen penting bagi taman di Jepang yang memiliki sejarah selama lebihbdaru 1000 tahun. Suatu kegembiraan bagi kami bahwa budaya dan tradisi Jepang dikagumi oleh penggemar di Jepang,” jelasnya.

Ia memaparkan Nishikigoi atau ikan KOI merupakan salah satu produk ekspor Jepang ke Indonesia. “Pada bulan Desember 2022 pemerintah Jepang menetapkan Nishikigoi sebagai produk ekspor utama pertanian, kelautan dan perikanan, sehingga memperkuat dorongan ekspor dan penyebaranya ke seluruh dunia. Kami berharap banyak pecinta ikan KOI bisa menikmati Nishikigoi yang lahir di Jepang di kolam-kolam di Indonesia,” katanya.

Sementara Hendri Sukardi selaku ketua penyelenggara menyatakan 16th KOI’s Festival 2024 merupakan acara terbesar dari pameran KOI yang terselenggara sejak tahun 2006. Mengusung tema 16th Chapter of KOI Grandeur, event ini lahir dari komunitas penghobi ikan KOI yang solid dan mengutamakan kebersamaan.

“Di tahun ke-16 ini, Komunitas KOI mengangkat budaya Jepang, dimana Ikan Koi berasal dari negara Jepang dengan tujuan menjalin persahabatan indonesia dan Jepang,” katanya.

Ia memaparkan, dalam event ini adalah event kompetisi Ikan KOI yang dinilai oleh 15 orang dari Indonesia, Malaysia, Jepang, Cina, Dan Vietnam. Event yang berlangsung selama tiga hari selain pameran dan kontes ikan KOI juga menampilkan pameran bonsai dan suiseki, cosplay budaya Jepang, aneka jajanan Jepang dan selebrasi dan cheerup para juara 16th KOI’S Show.

“Kami akan memberikan kepada pemenang gelar Karomul Wahid Award yang merupakan penghargaan gelar tertinggi untuk ikan KOI Indonesia,” pungkas Hendri diiyakan Slamet Kurniawan selaku Presiden ikan KOI. (rudipurwoko)

Continue Reading

NASIONAL

Kemenag Apresiasi BAZNAS Tingkatkan Kualitas Hidup Mustahik

Published

on

FEM Indonesia, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) RI mengapresiasi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam meningkatkan kualitas kehidupan kelompok mustahik (penerima manfaat) di seluruh wilayah Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas yang diwakili Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, M.A,  pada acara Halal Bihalal Idul Fitri BAZNAS 1445 H di Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Mengusung tema Sinergi Pengelolaan Zakat Nasional dan Penguatan Silaturahmi Kinerja SDM Internal, event ini dihadiri Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA bersama Pimpinan BAZNAS RI, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Anwar Iskandar, serta Kepala Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Fadlul Imansyah. 

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Prof. H. Kamaruddin Amin mengakui BAZNAS menjadi instrumental dalam meningkatkan kualitas kehidupan kaum mustahik dan mentransformasikan dari statusnya sebagai mustahik menjadi muzaki. “Alhamdulillah, ini suatu hal yang luar biasa. Saya yakin telah berhasil menemukan the best version of ourself, versi terbaik dari diri kita yang selama Ramadhan terus melakukan proses untuk meningkatkan kualitas,” ungkap Kamaruddin.

Dikatakannya, keberhasilan BAZNAS dalam meningkatkan kualitas kehidupan kelompok mustahik di Indonesia tak terlepas dari keberhasilan pengelolaan zakat, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. “Kita semua sependapat bahwa pengelolaan zakat dewasa ini secara kuantitatif dan kualitatif semakin baik, semakin dirasakan manfaatnya oleh umat dan masyarakat,” katanya.

Guru Besar Ilmu Hadis UIN Alauddin Makassar ini juga memuji peran jajaran staf BAZNAS di seluruh Indonesia yang tanpa kenal lelah meningkatkan kesadaran literasi umat tentang zakat, infak, dan sedekah (ZIS). “Amilin dan amilat BAZNAS di seluruh Indonesia sangat luar biasa. Kerja keras kita semua dengan menjalin kolaborasi bersama masyarakat dalam meningkatkan kesadaran umat untuk melaksanakan ZIS,” ujarnya.

Kamaruddin mengajak BAZNAS untuk terus meningkatkan literasi masyarakat untuk berzakat melalui kolaborai dengan mitra di daerah seperti Kantor Urusan Agama (KUA) hingga majelis taklim. 

“Di seluruh wilayah Indonesia ada sekitar 6.000 KUA, ini bisa menjadi mitra strategis dalam mangajak masyarakat untuk bersama meningkatkan kesadaran berzakat. InsyaAllah BAZNAS bersama Kemenag akan memberikan kontribusi maksimal untuk bangsa,” pungkasnya. (rudipurwoko)

Continue Reading

NASIONAL

Libatkan Pelajar dan Masyarakat Umum, HUT Kota Depok ke-25 Digelar Empat Hari Full!

Published

on

FEM Indonesia, Depok – Ratusan Anak-anak Taman Kanak-kanak (TK) mengikuti perlombaan mewarnai dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 Kota Depok, sudah di mulai dari Rabu (23/4/2024). Perlombaan tersebut diadakan di Padepokan Alun-alun Kota Depok, Jalan Raya Grand Depok City (GDC), Kecamatan Cilodong, Kota Depok.

Lomba mewarnai ini diadakan untuk menyebarkan informasi HUT ke-25 Kota Depok yang diikuti oleh 220 peserta mewakili 11 kecamatan yang ada di wilayah Kota Depok.

“Untuk tahun ini, baru pertama kali diadakan lomba mewarnai dan menggambar. Tujuannya, agar masyarakat lebih banyak yang tahu bahwa ada HUT Kota Depok di 27 April,” ujar Ketua Panitia yang juga sebagai Kepala Dinas PUPR, Citra Indah Yulianty dalam keterangan yang diterima, Kamis (25/04/2024).

Lomba mewarnai ini diselenggarakan berkat kolaborasi Dinas Pendidikan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kota Depok.

Ketua Panitia yang juga sebagai Kepala Dinas PUPR, Citra Indah Yulianty, bersama OPD terkait bersama anak-anak tingkat TK, SD dan SMP mengikuti perlombaan nampak antusias penuh keceriaan. Dengan menggunakan pensil warna, merek mewarnai gambar bertuliskan “HUT ke-25 Kota Depok” di atas meja lipat yang dibawa dari rumah.

Ketua Panitia HUT Kota Depok ke 25, Citra Indah Yulianty yang sedang menyaksikan anak anak sedang mewarnai mengatakan, ada berbagai lomba yang dibuka untuk umum maupun lomba antar kelompok. Salah satunya lomba baris pendidikan tingkat SMP/MTS se-Kota Depok, yang seleksinya telah dilaksanakan.

“Kemudian ada lomba mewarnai tingkat TK dan menggambar tingkat SD. Lalu, ada pentas seni siswa inklusi PAUD, SD dan SMP. Ada juga lomba zumba/senam kreasi yang dibuka untuk umum,” ungkap Citra.

Menurut Citra, terdapat juga lomba marawis antar kecamatan serta lomba paduan suara mars ‘Depok Sejahtera’ dan hymne ‘Damai Depokku’. Beberapa lomba tersebut telah dilakukan seleksi peserta. Ada juga lomba yang langsung ditampilkan tanpa harus proses seleksi. “Seperti senam kreasi misalnya. Itu langsung digelar, rencana hari Jumat (26/04), namun pendaftaran sudah dilakukan sebelumnya,” jelas  Citra.

Pada hari pertama, lanjut Citra akan diisi dengan kegiatan lomba mewarnai tingkat TK dan lomba baris pendidikan tingkat SMP/MTS. “Kami akan memeriahkan hari pertama rangkaian HUT Kota Depok di alun-alun, dengan membuka pendaftaran lomba pada tingkat SD dan SMP,” terangnya. 

Selain itu, Pemerintah Kota (Pemkot) bersama Forkopimda dan pemangku kepentingan terkait juga akan melakukan ziarah ke TMP Kalimulya. “Acara puncak akan dilaksanakan di Alun-alun Kota Depok dengan berbagai kegiatan menarik, seperti bazar, donor darah dan lain sebagainya,” ungkap Citra.

Lalu, akan ada penampilan live music dari Band lokal, dari sekolah dan dari pelaku seni yang dilaksanakan di Depok Open Space (DOS) dan SeCAWAN selama dua hari berturut-turut, yaitu Kamis (25/04) dan Jumat (26/04/2024)

“Nanti juga ada bintang tamu yang semakin meramaikan Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Depok, jadi kami imbau masyarakat ramai-ramai datang ke alun-alun,” tutut Citra. 

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending