Connect with us

NASIONAL

Berinovasi Teknologi Desalinasi Atasi Krisis Air di Jakarta, Mahasiswa UI Raih Gold Medal

Published

on

FEM Indonesia – Sederet mahasiswa Universitas Indoneiaia angkatan 2019, Elgrytha Victoria Tybeyuliana, Fathiya Alisa Zahrandika, Fikri Irfan Mahendra, Juan Fidel Ferdani, dan Nada Laili Nurfadhilah, bersama dosen Teknik Lingkungan FTUI, Dr. Nyoman Suwartha M.T., M. Agr., menawarkan inovasi membran filtrasi berbasis graphene pada metode desalinasi.

Mereka lalu melakukan penelitian efektivitas graphene membrane sebagai inovasi untuk diimplementasikan pada teknologi desalinasi yang harapannya dapat berguna untuk mengatasi krisis air di Jakarta.

Inovasi yang dibawa ke kompetisi karya ilmiah tingkat internasional yang diikuti oleh 356 tim dari berbagai negara, mengantar mereka meraih Gold Medal pada lomba World Science, Environment, and Engineering Competition (WSEEC) 2022. Hasil penelitian tersebut dituangkan dalam karya ilmiah berjudul “GO-FILTER: Sea Water Desalination Based on Graphene Oxide as a Water Treatment Innovation in Jakarta”.


“Saat ini, peningkatan pencemaran air di Jakarta mulai memicu terjadinya krisis air. Di beberapa area, air tanah sudah tidak dapat menjadi alternatif sumber air akibat penurunan muka tanah dan intrusi air laut di Jakarta. Pemanfaatan air laut sebagai sumber air Jakarta dengan metode desalinasi muncul sebagai alternatif solusi. Akan tetapi, metode ini membutuhkan biaya yang cukup besar serta proses reverse osmosis dan metode distilasi bertingkat berujung pada peningkatan gas rumah kaca,” ujar Dr. Nyoman Suwartha yang juga merupakan Manajer Pendidikan FTUI dalam keterangan siarqn persnya, Jum’at (23/9/2022).

Inovasi membran filtrasi berbasis graphene – membran nanomaterial tipis – sebagai membran desalinasi memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan teknologi serupa lainnya yang ada.

“Membran graphene dapat memisahkan senyawa kristal putih NaCl dari air laut dengan fluks air yang signifikan. Membran graphene dapat menghemat energi sebanyak 15% dari pengolahan air laut dan 50% dari pengolahan air payau. Dengan efisiensi yang tinggi, membran graphene dapat mengolah air laut untuk sumber air baku dengan permeabilitas yang lebih tinggi dan harga yang lebih ekonomis,” kata Juan, ketua tim.


Penelitian dilakukan di Kelurahan Kamal Muara sebagai objek studi karena daerah tersebut memiliki isu ketersediaan air yang sangat memprihatinkan. Mayoritas penduduk Kamal Muara bekerja sebagai nelayan, meskipun sebagian mulai beralih ke sektor lain sebagai akibat penurunan pendapatan di sektor perikanan.

Dalam penelitiannya, tim FTUI menyampaikan tinjauan pemanfaatan inovasi ini dari aspek sosial, lingkungan, dan finansial. “Dari penelitian dapat kami simpulkan bahwa penerapan inovasi desalinasi berbasis graphene oxide dapat menghasilkan air bersih yang memenuhi kapasitas kebutuhan masyarakat setempat. Air bersih yang dihasilkan yakni 50.000 m3/hari dengan harga produksi sebesar  Rp1.000,00/m3. Harga ini lebih murah dibandingkan bila masyarakat membeli air dari pedagang air,” jelas Nada terkait keunggulan inovasi timnya.

“Pengolahan air menggunakan membran graphene dapat mengatasi masalah krisis air dan memanfaatkan air laut sebagai sumber air alami. Inovasi ini jika diimplementasikan dengan perencanaan yang matang selain lebih ramah lingkungan juga dapat meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat setempat serta menciptakan lapangan kerja peluang bagi masyarakat,” tambah Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU.

Kompetisi karya ilmiah tingkat Internasional ini diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientists Association (IYSA), sebuah organisasi yang khusus bergerak di bidang penelitian dan karya ilmiah, untuk berperan memfasilitasi mahasiswa agar mampu bersaing di dunia industri 4.0.

Kompetisi tersebut dilaksanakan pada 20 dan 21 Juli 2022 lalu dan diikuti oleh 356 tim dari berbagai negara di dunia, seperti Indonesia, Filipina, Korea Selatan, Turki, Meksiko, Malaysia, dan Thailand.

NASIONAL

Berkurban, Shopee Barokah Serahkan Sapi Limosin 1000 Kg ke BAZNAS RI

Published

on

FEM Indonesia – Platform belanja online Shopee melalui program Shopee Barokah menyerahkan satu ekor hewan kurban Sapi Limosin bobot 1000 kg ke Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI.

Penyerahan ini dilakukan secara langsung oleh Head of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira kepada Deputi 2 BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Dr. H.M. Imdadun Rahmat, M.Si., di Kantor Pusat BAZNAS RI, Matraman, Jakarta Kamis (13/06/2024). 

Dalam sambutannya, Head of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira menyampaikan, kerja sama Shopee Barokah dengan BAZNAS ini merupakan wujud nyata dari komitmen Shopee Indonesia untuk terus berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan keagamaan.

“Kami bersyukur dapat ber-mahabbah kurban yang diberikan kepada mustahik  melalui BAZNAS untuk dibagikan ke beberapa titik lokasi penerima manfaat. Semoga kebaikan ini, insyaAllah dapat menjadikan kita pribadi yang penuh keikhlasan dan penuh rasa syukur,” kata Radynal.

Sementara itu, Deputi 2 BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Dr. H.M. Imdadun Rahmat, M.Si., menyambut baik dan mengapresiasi kontribusi Shopee yang telah mempercayakan penyaluran hewan kurban lewat BAZNAS RI. 

“Kami sangat berterima kasih kepada Shopee atas kepercayaannya untuk menyalurkan hewan kurban ini. Sumbangan ini akan sangat bermanfaat bagi para mustahik yang berada di berbagai wilayah Indonesia,” ujar Imdadun.

Menurut Imdadun, penyerahan sapi limosin ini diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk turut serta dalam kegiatan sosial dan keagamaan, serta memperkuat rasa solidaritas dan kepedulian antar sesama umat manusia. 

“Kami berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia,” tuturnya.

Selain penyerahan hewan kurban, lanjut Imdadun, BAZNAS dan Shopee melalui program Shopee Barokah juga bekerja sama dalam mensyiarkan layanan Kurban Berkah BAZNAS, yang memudahkan masyarakat untuk melakukan ibadah kurban.

“Kerja sama ini dilakukan, di mana Shopee Barokah memberikan layanan tambahan di aplikasi Shopee yang menyediakan fitur khusus agar pembeli dapat menemukan dan membeli produk-produk halal dan bertransaksi sesuai prinsip Islam,” pungkas Imdadun.

Continue Reading

NASIONAL

Duet dengan Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta 2024, Kaesang : Saya Ngga Masalah!

Published

on

By

FEM Indonesia – Diwacanakan duet dengan Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta 2024, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep buka suara.

Kaesang mengungkapkan bahwa elektabilitas Anies di berbagai lembaga survei masih cukup tinggi.

Kabar wacana muncul setelah PKB DKI Jakarta resmi mendukung Anies maju di Pilgub Jakarta dan mempertimbangkan Kaesang sebagai duet Anies.

“Saya ngga masalah juga kalau dipasangkan dengan Pak Anies,” kata Kaesang di Jakarta, baru-baru ini.

Adik Gibran ini juga sempat mengatakan lebih pilih Jakarta ketimbang jadi Wali Kota Solo. Hal ini juga ungkapkan Kaesang dalam YouTube GK Hebat. “Kalau bisa disuruh pilih, suruh pilih pilih Jakarta. Mungkin duet sama Pak Anies kali ya,” tambah Kaesang.

Kaesang juga mengungkapkan bahwa partainya PSI sudah memiliki 8 kursi di DPRD Jakarta. Sedangkan Anies saat ini tidak berpartai. Menurut dia, peluang untuk berkoalisi dengan Anies terbuka luas asalkan mau.

Continue Reading

NASIONAL

Permudah Masyarakat yang ingin Berkurban, BAZNAS RI Gandeng Blibli

Published

on

FEM Indonesia – Di era digital saat ini banyak kegiatan dilakukan secara online, termasuk Kurban. Oleh karena itu, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bekerja sama dengan Blibli mempermudah masyarakat yang ingin Kurban sesuai syariah.

Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan M.Si, CFRM mengatakan pihaknya komitmen memberikan kemudahan agar Mudhohi (masyarakat yang mampu Kurban-red.) merasa nyaman dan syariah bila kurbannya dikelola BAZNAS. 

“Kurban Berkah BAZNAS tahun 2024 ini kami kembali hadir lewat berbagai platform digital, salah satunya masyarakat bisa berkurban melalui Blibli,” kata Rizaludin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (13/6/2024). 

Ia menjelaskan, target penghimpunan Kurban Berkah BAZNAS 2024 oleh BAZNAS RI yakni 9000 ekor setara domba/kambing yang akan didistribusikan ke seluruh provinsi di Indonesia. 

Sementara untuk target kurban BAZNAS Daerah sebanyak 350.000 ekor domba/kambing, LAZ se-Indonesia sebanyak 350.000 ekor domba/kambing, dan kurban umat Islam Indonesia di masjid dan komunitas sebanyak 3.360.000 ekor setara domba/kambing.

“Alhamdulillah, kepercayaan masyarakat terus meningkat setiap tahunnya. Kami mengajak kepada masyarakat Indonesia, seluruh calon mudhohi untuk berkurban di BAZNAS, berkurban yang terbaik sesuai syariah dan sepenuhnya untuk kepentingan para mustahik di Indonesia,” katanya. 

Dengan mengangkat tema “Tentramnya Mudhohi, Bahagianya Mustahik”, BAZNAS berupaya pekurban merasakan kedamaian dalam ibadah kurban mereka, meneguhkan keyakinan bahwa setiap tindakan baik akan membawa ketentraman di hati. 

Bagi masyarakat yang ingin Kurban di Blibli dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

Kunjungi bit.ly/kurbanbaznas-blibli, lalu gulirkan ke bawah dan pilih Jenis Hewan Kurban yang diinginkan, lalu klik “Beli Sekarang”, selanjutnya pilih metode pembayaran yang diinginkan, setelah itu klik “Bayar”, selesaikan pembayaran hingga sukses.

Berikut harga jual hewan ternak di Kurban Berkah BAZNAS 2024 : 

* Domba/Kambing (23-26 Kg) Rp2,6jt

* Domba/Kambing (27-29 Kg) Rp3jt

* Domba/Kambing (30-33 Kg) Rp3.3jt

* Sapi 1/7 Ekor (220-270 Kg) Rp3jt

* Sapi (220-270 Kg) Rp21jt

* Kaleng 1/7 Sapi (220-270 Kg) Rp3jt

* Kaleng 1 Sapi (220-270 Kg Rp21jt.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending