Connect with us

Selebriti

Lawan Pelecehan, Puteri Indonesia DKI 2 Lady Diandra Gandeng Advokasi “Light 2 Hope”

Published

on

FEM Indonesia, Jakarta ~ Dalam acara peluncuran soft lauching yang mengangkat tema “Kota dan Sekolah yang Aman untuk Perempuan, Puteri Indonesia DKI 2, Lady Diandra mengungkapkan bahwa data statistik yang mencengangkan sekitar 91,6% bahwa anak muda pernah melihat, mendengar, atau mengalami kekerasan seksual.

Isu ditemukan di rumah, sekolah, transportasi umum, bahkan jalanan. melalui “Light 2 Hope,” Lady berupaya fokus pada peningkatan kesadaran, perlindungan korban, dan advokasi hingga ke tingkat nasional.

Meski kesadaran di kalangan anak muda sudah tinggi, Lady mengatakan pemahaman yang lebih mendalam dan upaya pencegahan menjadi sangat penting. Pemerintah telah menetapkan kebijakan melalui UU KS, namun implementasinya memerlukan dukungan gerakan masyarakat,Tegasnya

Akses ke pendanaan katanya juga menjadi tantangan; banyak masyarakat Indonesia tidak mampu mendapatkan dukungan psikologis. “Light 2 Hope” bertujuan menjadi platform pendanaan bagi organisasi yang menyediakan konseling bagi korban kekerasan seksual, mengatasi hambatan keuangan yang menghalangi akses bantuan psikologis.

“Untuk mengantisipasi kekerasan seksual terutama pada kalangan anak-anak sekolah dan remaja ya, pihak sekolah, orang tua dan pemerintah harus bisa bekerjasama dan melakukan sosialisasi tentang bahaya kekerasan seksual,” ujar kata Lady Diandra usai merilis Light 2 Hope, di Jakarta, Sabtu 3 Januari 2024.

Lady menambahkan,  “Light 2 Hope”  diharapkan bisa memicu lebih banyak diskusi tentang batasan, persetujuan, dan elemen lainnya, membentuk budaya anti kekerasan seksual dalam kehidupan sehari-hari. “Tujuannya jelas adaah pencegahan dan pengurangan kasus, dengan prioritas pada perlindungan korban” tegasnya.

Peluncuran advokasi melibatkan Sikkharini Cintantyadwisthi, Konsultan Perencanaan Strategis dan Strategi Perkotaan dari London, serta Hanna Raisya, Analis Kebijakan Pendidikan dari PSPK. Kedua pembicara memberikan wawasan tentang menciptakan sekolah dan kota yang aman untuk mencegah kasus kekerasan seksual yang semakin marak.

Profil Lady Diandra

Lady Diandra sudah aktif melakukan advokasi sejak kuliah. Ia bergabung dengan @ifutureleaders, NGO pemuda terkenal di Indonesia dan mewakili Indonesia di Youth Assembly di @ UN HQ New York dalam rangka menguatkan peran pemuda dalam perubahan positif. Selain itu, Lady juga pernah mewakili Indonesia untuk misi diplomasi kebudayaan di Spanyol untuk berbagai tarian Indonesia.

Lady juga sempat berkarir di sektor pembangunan dengan bekerja untuk PBB, dimana dia memimpin program Youth Co:Lab yang memberdayakan ratusan wanita dan pemuda di bidang kewirausahaan sosial di Maluku, Papua, Kaltim, Jawa Barat, dan masih banyak tempat lainnya. Setelah bekerja di PBB, Lady mengejar master di King’s College London.

Sejak awal perjalanan karir Lady di dunia diplomasi dan pembangunan berkelanjutan, Lady telah meraih pencapaian yang cukup signifikan. Memasuki dunia diplomasi, Lady terpilih sebagai co-lead proyek untuk proyek klimat dan kewirausahaan sosial Pemuda PBB.

Pada forum simulasi PBB di Universitas Diponegoro, Lady berhasil meraih predikat Best Delegate, membuktikan kompetensi dan dedikasi Lady dalam diplomasi internasional. Hal yang sama terulang pada UPH IR MUN 2016, di mana Lady kembali dinobatkan sebagai Best Delegate.

Keikutsertaan Lady sebagai delegasi dari Universitas Pelita Harapan di Harvard Model United Nations juga menjadi salah satu prestasi yang membanggakan. Selain itu, Lady juga aktif menjadi bagian dari Substance Team dalam pembentukan UPH MUN Club, memberikan kontribusi penting dalam penyelenggaraan konferensi tersebut.

Mewakili Indonesia di panggung global

Lady juga pernah terpilih sebagai delegasi untuk UN Youth Assembly 2017 di New York, yang memberinya kesempatan untuk berdiskusi tentang Sustainable Development Goals. Lady juga mendapat kepercayaan menjadi delegasi Indonesia dalam UNDP Asia Pacific Youth Co Lab Summit, di mana Lady dapat berkontribusi dalam pembahasan mengenai pembangunan berkelanjutan di kawasan Asia Pasifik. Representasi ini bukan hanya kesempatan untuk berkembang, tetapi juga tanggung jawab besar sebagai perwakilan bangsa.

Perjalanan Lady sebagai Youth Co: Lab Co-Lead di UNDP Indonesia melalui Tim Innovative Financing Lab telah menjadi bagian tak terpisahkan dari eksplorasi Lady dalam dunia pengembangan pemuda. Sebagai seorang Co-Lead, Lady tidak hanya bertanggung jawab untuk merumuskan strategi dan kebijakan, tetapi juga menjadi bagian dari tim yang membangun jaringan yang kuat antara pemuda, pemerintah, dan sektor swasta.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Selebriti

Pernah Mau Dilecehkan Diatas Panggung, Resty Ananta Sigap, Begini Katanya!

Published

on

By

FEM Indonesia Taiwan – Beredar video seorang biduan saat atas panggung yang sedang bernyanyi disambangi seorang pria yang hendak menyawer. Sang pria yang diketahui perangkat desa itu berusaha mencium tapi ditolak dan berujung penyanyi ditendang hingga jatuh tersungkur.

Atas kejadian tersebut, penyanyi Resty Ananta turut merasa dilecehkan akibat tindakan tersebut.

“Jujur liat di postingan pertama di IG itu aku langsung ngelus dada. Sebagai sesama penyanyi aku enggak terima banget,” ujar Resty Ananya, Senin (22/7/2024).

Pelantun single “Tat Tit Tut” (cover) itu tidak habis pikir. Oknum pelaku bukannya minta maaf, tapi malah melakukan tindakan kekerasan. “Mirisnya bukannya minta maaf malah nendang sampe penyanyi dangdut itu terjatuh. Bener-bener enggak punya adab, udah kayak preman,” keluh penyanyi asal Jepara, Jawa Tengah itu.

Penonton naik ke panggung dan hendak melakukan pelecehan juga diakui pernah dialami Resty Ananta di panggung. Namun karena dirinya bersikap tegas dan waspada maka niat tersebut tak terjadi. Ia bersyukur terhindar dari perlakuan yang tidak pantas.

“Nah ini pernah hampir terjadi sama aku. Tapi aku tegas dan waspada,” ujarnya.

Atas itulah, Resty menyarankan agar setiap penyanyi panggung agar waspada dan antisipasi. Supaya, terhindar dari perlakuan tidak senonoh dari oknum penonton.

Para biduan harus memiliki sikap berani dan tegas menolak jika hal seperti itu nyaris terjadi.

“Kita menyanyi bukan untuk dicolek-colek atau dicium-cium. Bahkan kalau sampai ditendang, itu sudah kelewatan,” tandas Resty.

Continue Reading

Ragam

Penasaran “Batuk, Komika Dustin Tiffani Disengaja atau tidak ? Ini Pendapat Dokter

Published

on

FEM Indonesia – Walau batuk bukan suatu yang perlu dikuatirkan namun tidak dapat juga dianggap enteng. Pasalnya jika dibiarkan terus menerus menjadi akut dan memerlukan pemeriksaan dokter.

Jamak jika batuk akut dirawat dengan meredakan gejalanya, seperti mengobati dengan jenis obat batuk batuk over the counter (OTC) yang dijual bebas dan jika dikonsumsi sesuai dosis dapat membantu meredakan batuk yang mengganggu aktivitas dan komunikasi. Selain itu, seperti ini umumnya dipengaruhi juga faktor psikis seperti rasa stress, cemas atau kondisi emosional tertentu.

Semisal dialami komika Dustin Tiffani yang dikenal lantaran ciri khasnya kebiasaan batuk sehingga dijuluki Lord Batuk. Tetapi Dustin mengaku dirinya telah melakukan pemeriksaan kondisi batuk tersebut namun tidak ditemui indikasi gangguan kesehatan.

Sudah pernah diperiksa rontgen, ketika dilihat, dokter mengatakan tidak apa-apa,” katanya.  

Mengomentari batuk Dustin, dr. Gia Pratama dari RS Prikasih mengatakan kemungkinan batuk yang dialami Dustin terjadi karena kebiasaan yang terpicu dari reaksi tubuh terhadap rasa cemas yang berulang.

“Batuk psikis terjadi karena stres, cemas atau dipicu kondisi emosional tertentu. Batuk ini menyebabkan otot-otot di saluran nafas jadi lebih sensitif dan mudah iritasi,” jelasnya.

Sementara dr. Patrioka Ismail, Sp.PD dari RS EMC Cikarang menyatakan bahwa batuk yang berulang dan tidak kunjung sembuh menandakan gejala dari masalah kesehatan tertentu. Ia mencontohkan secara umum batuk disebabkan faktor lingkungan sekitar.

“Paparan polusi, asap rokok, udara dingin, bisa menyebabkan rasa gatal di tenggorokan dan batuk. Apalagi di musim pancaroba seperti sekarang, batuk dapat berasal infeksi virus pada saluran pernapasan, yang biasa dikenal dengan batuk pilek. Pemicunya bisa berasal dari aktivitas di tempat umum, karena daya tahan tubuh menurun dan suhu udara yang dingin,” terangnya.

Sebagai langkah awal, menurut dr.Gia, segera redakan batuk dengan mengonsumsi obat batuk OTC dengan dosis tepat. Selain itu konsumsi pula makanan yang dapat membuat nyaman tenggorokan.

“Ketika mengalami batuk yang berkepanjangan tanpa gejala lain yang menyertai, segera periksakan untuk cek apakah batuk termasuk batuk psikis atau bukan. Bisa juga dengan melakukan relaksasi dan meditasi supaya mengurangi rasa stres atau cemas yang dapat menimbulkan batuk. Konsumsi juga makanan yang membuat lebih rileks yang bisa menghangatkan dan melegakan tenggorokan, seperti jahe, peppermint, atau jeruk nipis. Namun, agar dosisnya tepat, masyarakat bisa meminum obat batuk OTC dengan kemasan satu dosis, selain lebih aman, juga praktis dan mudah dibawa jika perlu,” papar Gia.

Secara umum, obat batuk OTC mengandung bahan-bahan yang berfungsi mengencerkan dahak, mengurangi batuk dan mengurangi alergi atau flu penyebab batuk seperti guaifenesindextromethorphan dan chlorpheniramine.

Selain itu, obat batuk OTC sekarang juga sudah banyak diformulasikan dengan bahan-bahan yang punya efek meredakan batuk dan menghangatkan tenggorokan seperti jahe, serta kandungan yang melegakan tenggorokan seperti jeruk nipis dan peppermint.

Hal senada diungkapkan dokter medis PT Bintang Toedjoe, dr. Elizabeth Angelina. Menurutnya, memperhatikan dosis sesuai anjuran tetap diperlukan jika melakukan swamedikasi obat batuk OTC.

“Formulasi kandungan obat batuk OTC memang dibuat untuk meredakan batuk berdahak maupun kering, dengan mengencerkan cairan dalam batuk berdahak, melawan virus, serta menahan reflek ketika batuk. Konsumsi obat yang direkomendasi yakni 3 kali sehari, 1 sampai 2 sachet untuk dosis orang dewasa,” katanya. [foto : dokumentasi/teks : denim]

Continue Reading

NASIONAL

Baim Wong Maju di Pilgub Jawa Tengah Gandeng Crazy Rich, Joko Suranto

Published

on

By

FEM Indonesia – Selebritas Baim Wong akhirnya menegaskan bahwa dirinya siap mendampingi Joko Suranto sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Tengah di Pilkada Jateng 2024.

Baim Wong juga mengatakan kesiapanya jika dibutuhkan. Pasalnya, Joko Suranto ungkap Baim adalah sosok yang tepat dan sangat dibutuhkan warga Jawa Tengah sebagai pemimpin.

“Bapak Joko Suranto ini baik dan gemar berbagi kebaikan, sedekah, dan sebagainya,” beber Baim Wong. Suami dari Paula Verhoeven ini juga menambahkan, ada tiga alasan utama mengapa Joko Suranto sangat layak memimpin Jawa Tengah. 

Pertama, Joko Suranto dikenal berhati baik dan filantropis. Kedua, ia adalah pengusaha yang ulet dan tidak korupsi. Ketiga, Joko Suranto pro semua program Presiden Jokowi, yang saat ini memiliki tingkat kepuasan masyarakat Indonesia yang sangat tinggi.

Diketahui, sosok Joko Suranto dikenal sebagai Crazy Rich Grobogan, dan terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan warga melalui berbagai proyek sosial yang didanai dari kantong pribadinya.

Joko juga membangun Taman JOSS yang ditengok oleh Baim Wong, dan diharapkan bermanfaat bagi warga setempat memiliki tempat rekreasi yang aman dan nyaman.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending