Connect with us

Sosial Budaya

Menang Gugatan, “Lagi Syantik” Jadi Tonggak Lahirnya Wadah Cover Lagu, Festival Suara

Published

on

FEM Indoenesia – Big indie Label, Nagaswara, baru-baru ini telah memenangkan gugatan terhadap Gen Halilintar terkait penggunaan lagu “Lagi Syantik” tanpa izin.

Kemenangan tersebut baru didapat Yogi Adi Setiawan dan Pian Daryono, selaku pencipta lagu yang dipopulerkan Siti Badriah bersama Nagaswara setelah empat tahun berjuang melalui proses yang panjang.

Yogi RPH, pencipta lagu “Lagi Syantik”, mengungkapkan bahwa meng-cover lagu merupakan aktivitas yang lumrah, tapi itu jika dilakukan dengan jalur yang benar. 

“Jangan pernah takut untuk meng-cover lagu. Takut itu untuk yang belum tahu. Yang sudah tahu dan mau ngerti biasanya langsung ke pencipta lagu atau ke publishing. Takut itu, biasanya yang melanggar dan nggak sesuai pakem,” ujar Yogi RPH saat menggelar press confrence di studio Nagaswara, Johar Baru, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (19/5/2022).

Sementara itu, CEO Nagaswara, Rahayu Kertawiguna menambahkan bahwa kemenangan ini adalah anugerah hasil dari tidak menyerahnya para tim. “Saya sempat tidak percaya ketika Nagaswara dinyatakan kalah. Sempat depresi bagaimana caranya mencari keadilan bagaimana caranya memenangkan akan hak cipta ini. Mencari keadilan sampai ke tingkat PK. Saya juga enggak percaya di situ bisa menang. Ini anugerah jika kita tidak pernah menyerah,” ujarnya.

Prakarsa Antar Musik Publishing Indonesia (PAMPI) menyambut bahagia dengan putusan majelis hakim dalam putusan Peninjauan Kembali no. 41 PK/Pdt.Sus-HKI/2021 yang memenangkan Nagaswara.

Putusan tersebut menunjukkan bahwa Republik Indonesia memberikan perlindungan terhadap hak-hak para pencipta lagu dari penggunaan sewenang-wenang pihak lain. Kemenangan juga menjadi munculkan platform digifal cover lagu resmi, Festival Suara.

PAMPI yang bekerjasama dengan platform Festival Suara akan memberikan ruang yang resmi dan luas bagi masyarakat yang akan mengcover lagu dapat memilih ribuan lagu-lagu mana yang akan dinyanyikan ulang atau cover.

Para kreator atau penyanyi cover bisa mengakses www.FestivalSuara.com untuk menjadi anggota dan memilih katalog dari para publisher. Prosedur perizinan akan sangat dipermudah secara online dan laporan penggunaan akan diberikan, sehingga pertanggungjawaban kepada pencipta lagu juga dapat dipenuhi.

Sosial Budaya

Perpaduan Agribisnis dan Wisata, Agrofood Expo 2024 dan Gebyar Wisata Nusantara 2024 Resmi Dibuka!

Published

on

FEM Indonesia, Jakarta – Bertempat di Hall A, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, selama tiga hari 13 – 15 Juni 2024, berlangsung pameran agribisnis Agrofood Expo 2024 dan Gebyar Wisata Nusantara 2024.

Meski berbeda konsep namun kedua pameran tersebut kompak dan menarik perhatian masyarakat dari seluruh Indonesia bahkan mulai go internasional.

Mohammad Sukur Sakka selaku ketua penyelenggara pameran dalam laporannya mengatakan Agrofood Expo 2024 dilaksanakan bersamaan dengan “Food & Drink Expo 2024”, “Indonesia Modern Agriculture Expo 2024” mengusung tema “Akselerasi Pertanian yang Maju, Mandiri dan Modern untuk Terwujudnya Kedaulatan Pangan” masih sangat relevan dengan visi dan misi yang ingin Dicapai Kementerian Pertanian.

Ia menjelaskan, pameran diikuti oleh 41 peserta yang berasal dari unsur Kementerian pertanian, BUMN pangan, badan pemerintah, badan kerjasama pertanian, dinas terkait pertanian dan perkebunan, industri agribisnis, makanan dan minuman, asosiasi terkait pertanian dan UMKM pertanian & makanan.

Sedangkan untuk pameran Gebyar Wisata Nusantara 2024, diadakan bersamaan dengan Gebyar Travel Fair 2024 yang mengambil tema “Wisata Aman Nyaman dan Menyenangkan” dengan diikuti oleh 39 peserta yang terdiri dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata, Perusahaan Travel & Tourism, destinasi wisata, UMKM sektor wisata, Desa Wisata dan asosiasi terkait pariwisata.

“Agrofood Expo 2024 dan Gebyar Wisata Nusantara 2024 memadukan konsep B to B dan B to C. Dimana selain menampilkan produk-produk untuk dipamerkan, juga diadakan acara bisnis seperti Buyers Meet Sellers yang mengundang pembeli dan penjual produk agribisnis dan program Buyer Meet Sellers menghadirkan buyer dari India dan Mesir sebagai trader komoditi FnB. Misalnya buah Kiwi dan Apel terbaik di Eropa hadir di Agrofood Expo,” kata Sukur.

“Sedangkan Table Top mengundang penjual dan pembeli jasa sektor pramuwisata. Selain itu lebih dari 200 komunitas travel hadir di pameran gebyar wisata nusantara. PT KAI memberikan diskon hingga +10%, dan menghadirkan beragam content creators travel and food blogger serta guest start yaitu Ricky Harun dan lain-lain,” imbuhnya.

Untuk menarik pengunjung datang, kata Sukur, pihaknya membuat ragam acara antara lain talkshow “Membangun Sistem Pangan Berdaulat dan Berkelanjutan”, live cooking, lomba kreasi masakan, fashion show, festival karya tari, game hunter hunt, beragam workshop, dan lain sebagainya.

“Pameran ini dirancang sejak 20 tahun lalu untuk mempromosikan produk-produk pertanian, baik yang mentah maupun diolah dan untuk membangkitkan wisata di Bali yang terkena imbas akibat peristiwa Bom Bali. Pelan-pelan tapi pasti sektor wisata bangkit kembali dan perekonomian bisa berputar di Bali. Alhamdulillah pameran terselenggara setiap tahun. Pameran pariwisata dan agrobisnis yang secara terpisah, kini bersatu dalam upaya meningkatkan perekonomian Indonesia khususnya di sektor wisata dan agribisnis,” kata Sukur.

Sementara itu, Deputi Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Made Ayu Marthini, SIP, MSc sebelum sambutan membacakan sebuah pantun “Dari Stasiun Tanjung Priok ke Stasiun Kota, Naik Kereta lanjut ke Jatinegara, Pariwisata kita dengan membeli produk dan jalan-jalannya di Indonesia aja”. Disambut kata Cakap dan tepuk tangan pengunjung yang hadir.

Dalam sambutannya, ia mengatakan dirinya hadir mewakili Direktur Pemasaran yang berhalangan hadir karena menghadiri acara di Bali yakni BPJS Bali and Gideon Travel Fair.

Ia mengatakan dalam dua tahun terakhir di tahun 2020 hingga 2022 pandemi covid sudah melanda semua negara tidak terkecuali Indonesia. Data BPS menunjukkan bahwa angka penurunan perjalanan wisatawan termasuk juga ada sektor akomodasi dan sektor-sektor lainnya yang terkait makan minum mengalami penurunan 70%. Sehingga pariwisata adalah sektor yang paling terpuruk dan orang ragu melakukan perjalanan wisata karena adanya pandemi tersebut.

“Syukur Alhamdulillah berjalan dengan recovery maka sektor pariwisata sedikit demi sedikit bisa bangkit kembali salah satunya adalah orang mulai melakukan perjalanan meskipun dengan sangat hati-hati. Saya yakin dan percaya bahwa semuanya berjalan dengan baik termasuk salah satunya adalah pemerintah menargetkan perjalanan wisatawan untuk tahun Nusantara untuk tahun 2024 sebanyak 1.250 juta dolar AS sampai 1,500 juta dollar AS atau Rp 1,5 miliar,” ucapnya.

Ia menuturkan, salah satu yang bisa dilakukan dalam menarik wisatawan untuk melakukan perjalanan adalah dengan adanya event-event yang dilaksanakan seperti saat ini.

“Event dan pameran seperti ini sangat membantu sekali untuk mencapai target mendatangkan wisatawan untuk melakukan perjalanan wisata. Kami yakin sekali kegiatan seperti banyak dilakukan baik di daerah-daerah termasuk di Jakarta yang tidak hanya mengangkat sektor wisata juga sektor UMKM,” tuturnya.

Ditambahkan oleh Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, SH , MH, bahwa pasca Covid-19 daerah Sumenep perlahan tapi pasti mulai bangkit. Ini terlihat kunjungan wisatawan ke Sumenep tahun 2023 mencapai 1.389.366 orang dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya ratusan orang. Sedangkan target wisatawan ke Sumenep di tahun 2024 sebesar 2 juta orang.

Bupati Sumenep mengklaim capaian pertumbuhan ekonomi wilayahnya lebih baik dari nasional dan provinsi Jawa Timur. Ini terlihat dari Data BPS bahwa pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sumenep mengalami peningkatan hingga 5,35 di tahun 2023. Angka ini paling besar diperoleh dari sektor Makanan dan Minuman.

“Pariwisata merupakan lokomotif pertumbuhan ekonomi suatu daerah karena menggerakkan seluruh stakeholder mulai dari pertanian, perikanan, perkebunan, makanan dan minuman, UMKM dan lain-lain,” pungkas Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo.

Continue Reading

Sosial Budaya

Bantu Gaza, BAZNAS RI Dirikan 200 Tenda Darurat dan 20 Toilet Umum di Rafah

Published

on

FEM Indonesia – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI tidak henti-hentinya membantu perjuangan rakyat Palestina. Kali ini dengan mendirikan 200 tenda darurat dan 20 toilet umum yang diperuntukkan bagi para pengungsi Palestina di Rafah, wilayah selatan Jalur Gaza.

Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., menyampaikan, selain mendirikan tenda darurat dan toilet umum, pihaknya juga menyediakan 400 matras, 400 selimut, dan 800 bantal.

“Jadi, masing-masing tenda darurat memiliki 2 matras, 2 selimut, serta 4 bantal yang bisa dimanfaatkan oleh saudara-saudara kita di Rafah,” ujar Kiai Noor dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu (21/5/2024).

Ia menjelaskan, pendirian tenda darurat ini bertujuan untuk menyediakan tempat tinggal sementara yang aman dan nyaman bagi lebih dari 800 pengungsi.

“Fasilitas toilet umum yang dibangun ini diharapkan dapat membantu menjaga kesehatan dan kebersihan para pengungsi, mengingat pentingnya sanitasi dalam mencegah penyebaran penyakit di lingkungan pengungsian,” jelasnya.

Mantan Anggota DPR RI periode 2014-2019 ini menambahkan, bantuan tersebut berasal dari infak yang disalurkan masyarakat Indonesia melalui BAZNAS RI, sebagai wujud kepedulian terhadap rakyat di Palestina.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada para donatur yang telah menyisihkan hartanya untuk membantu rakyat Palestina yang sampai saat ini masih mendapat serangan Israel,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya  terus berkomitmen untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan dari masyarakat Indonesia untuk rakyat Palestina.

“Kami secara bertahap akan terus mengirim bantuan kemanusiaan untuk saudara-saudara kita di Palestina,” tegasnya.

Kiai Noor berharap, dengan bantuan tersebut, para pengungsi Palestina di Rafah dapat merasakan sedikit kelegaan di tengah situasi yang sulit. 

“Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan dan perlindungan kepada mereka, serta memberikan kemudahan bagi kita semua untuk terus berbuat kebaikan dan membantu sesama,” pungkasnya. [rudipurwoko]

Continue Reading

Sosial Budaya

Didampingi Band Wali dan The Virgin, Luvia Bertengger di “Top 50 Langit Musik”

Published

on

FEM Indonesia – Tiga artis penyanyi dari Nagaswara, Wali, The Virgin dan Luvia band menempatkan lagu-lagu mereka di jajaran “50 Langit Musik” edisi Mei 2024 yang dirilis platform musik streaming Langit Musik.

Wali menempatkan single religi berjudul “Pulang (Robbighfirlii)” di urutan 14, sementara The Virgin dengan lagu “Cinta Terlarang 2 (Milik Temanku)” di posisi 24, dan Luvia band lewat hits single “Orang Yang Salah” di urutan 49.

Sebagai pendatang, Luvia band yang baru merilis single terbaru berjudul Lelah dan Kalah tak kurang merasa senang lagu mereka dapat bersaing dnegan lagu-lagu lain di jajaran “50 Langit Musik” bulan Mei 2024.

Pastinya bersyukur lagu ‘Orang yang Salah’ dapat menjadi salah satu lagu pilihan di antara 50 lagu terbaik di mesin pencari Langit Musik,” ucap Zeus, keyboardis Luvia, Selasa (21/5/2024).

Single “Orang Yang Salah” yang dirilis tahun 2022 lau memang terbilang fenomenal. Lagu tersebut mendadak viral di mediao 2023 lalu. Publik Malaysia bahkan sangat menggemari Luvia dan lagu tersebut. “Semoga selanjutnya lagu Luvia ‘Lelah dan Kalah’ dapat masuk ke lagu-lagu pilihan Langit Musik ya,” tambah Zeus.

Luvia band beranggotakan Zeus (keyboard), Lingga (vokal), Lucky (gitar), dan Ian (bass). Band asal Bogor itu kini makin dikenal. Jadwal manggung Luvia pun terbilang banyak.

Sementara, single Wali “Pulang (Robbighfirlii)” yang masuk di “50 Langit Musik” adalah karya religi yang dirilis pada bulan Ramadan lalu. Lagu tersebut menjadi original soundtrack sinetron “TKP Para Wali” yang tayang selama Ramadan di RCTI.

Untuk The Virgin, single “Cinta Terlarang 2 (Milik Temanku)” merupakan sekuel dari hits perdana band itu yakni “Cinta Terlarang”. The Virgin merilis single tersebut pada 9 Januari 2024 bertepatan dengan 15 tahun usia karir mereka di musik.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending