Connect with us

Kuliner

Kenali Rasa, Kecap Bango Ajak Keluarga Hidangkan Resep Kuliner Legendaris

Published

on

FEM Indonesia – Melanjutkan kesuksesan penyelenggaraan Festival Jajanan Bango (FJB) 2022 “Kenali Rasanya Indonesia” bulan Oktober lalu, kecap Bango melanjutkan semangat pengenalan aneka kuliner otentik nusantara di tengah keluarga Indonesia.

Berkolaborasi dengan Chef Ragil Imam Wibowo, Bangomenggelar acara demo masak virtual bertema “Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumahmu” untuk menyebarluaskan dua resep kuliner, yaitu Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh dan Iga Sapi Bakar ala Jangkung.

Adisty Nilasari, Senior External & Digital Communication Manager PT Unilever Indonesia, Tbk. menyampaikan bahwa Bango secara konsisten menjalankan purpose-nya untuk melestarikan kuliner otentik Indonesia, salah satunya melalui penyelenggaraan FJB sejak tahun 2005.

“Di FJB 2022, kami mengangas tema ‘Kenali Rasanya Indonesia’ yang mengedepankan tentang pentingnya masyarakat untuk terus mengeksplorasi aneka kelezatan kuliner nusantara agar bisa mengapresiasi dan akhirnya melestarikan kekayaan kuliner kita,” ujarnya.

Adisty melanjutkan, kehadiran FJB 2022 memang terbukti sangat ditunggu-tunggu oleh para pencinta kuliner. Selama tiga hari, FJB 2022 telah dipadati oleh 97.000 masyarakat untuk mengenali dan merayakan aneka kelezatan kuliner Indonesia. Tentunya semangat pengenalan terhadap kuliner nusantara tidak boleh berakhir di pelaksanaan festival ini saja, tetapi harus terus berlanjut di tengah keluarga Indonesia.


“Untuk itu, berkolaborasi dengan Chef Ragil Imam Wibowo, kami ingin menginspirasi para ibu agar mereka terdorong mencoba menghidangkan aneka resep kuliner legendaris ala FJB di rumah,”tambah Adisty.

Sementara Chef Ragil Imam Wibowo mengatakan bahwa Di FJB 2022 lalu, ia diberikan misi oleh Bango untuk mengeksplorasi begitu banyak kuliner legendaris yang ada dan mengkurasi hidangan-hidangan yang tidak hanya bercita rasa otentik, tapi juga mudah untuk diolah.

“Akhirnya kami sepakat memilih Sate Rembiga dan Iga Sapi Bakar, keduanya memiliki ciri khas dan cita rasa yang istimewa dengan keunikan bahan-bahan dan cara pengolahannya, sehingga patut untuk diperkenalkan lebih luas lagi. Saya percaya, kedua resep yang kami angkat ini sangat bisa diaplikasikan oleh home chefs, yaitu para ibu di rumah.” paparnya.

Kuliner yang disajikan adalah Sate Rembiga adalah sajian khas Lombok, Nusa Tenggara Barat, terbuat dari potongan daging sapi yang dimarinasi dengan aneka bumbu dan rempah. Salah satu ciri khasnya adalah penggunaan terasi Lombok, yang membuat citarasanya begitu berbeda dengan sate lainnya.


Di FJB 2022, hidangan yang langsung disajikan oleh salah satu penjaja Sate Rembiga paling tersohor di Lombok, yaitu
Sate Rembiga Ibu Sinnaseh ini selalu dipadati pengunjung karena kelezatannya. Selanjutnya Iga Sapi Bakar, hidangan andalan penjaja kuliner legendaris Iga Bakar Si Jangkung asal Bandung, Jawa Barat yang juga menjadi salah satu primadona di FJB 2022.

“Kami harap kegiatan ini akan membangkitkan semangat para ibu untuk terus mengeksplorasi, mencoba, dan menghidangkan aneka resep kuliner legendaris ala FJB di rumah, sebagai bagian dari upaya bersama untuk melestarikan kuliner nusantara dari generasi ke generasi,” tutup Adisty.

FEM Travel

Empat Konsep Food Court Ciputra Mal Jakarta Siap Manjakan Lidah Pengunjung

Published

on

FEM Indonesia – Ingin memanjakan pengunjung dengan aneka makanan dilakukan Mal Ciputra Jakarta. Pusat perbelanjaan yang terletak di dekat perempatan lampu merah Grogol, Jakarta Barat, menghadirkan Food Destination di lantai 6 dengan tampilan anyar.

Tak hanya itu di lokasi sejumlah gerai makanan atau food court yang berkolaborasi dengan Jangkrik Kuliner ini tema, dekorasi dan tenant yang disertakan berubah setiap beberapa bulan hingga tahun depan. Hal tersebut dikatakan General Manager Mal Ciputra Jakarta, Ferry Irianto di sela re-opening Food Destination, Sabtu (20/1).

“Dengan adanya konsep baru food court Mal Ciputra Jakarta diharapkan dapat menjadi tujuan untuk para pengunjung dalam mendapatkan kuliner impian yang hadir bervariasi disesuaikan dengan tema, tenant dan dekorasi berbeda setiap periodenya. Hal ini yang akan menjadi ciri khas dan daya tarik dari Food Destination,” ujarnya.

Ferry menambahkan saat berada di Food Destination para pengunjung akan diajak explore kuliner mulai dari Pecinan, Nusantara hingga Street Food. Bahkan dengan desain yang menarik, lokasi ini tidak hanya area untuk makan tapi bisa menciptakan suasana yang nyaman dan bisa menjadi meeting point.

“Para pengunjung bisa dipastikan akan kembali lagi dan menjadikannya sebagai pilihan utama bagi mereka untuk menikmati berbagai macam varian makanan yang ada,” katanya lagi.

Disebutkan bahwa Food Destination 4 periode ini bakal menghadirkan tema, tenant dan dekorasi yang berbeda yang dibagi menjadi 4 periode yakni Little China pada 20 Januari – 3 Maret 2024, Kuliner Nusantara mulai 9 Maret – 9 Juni 2024, Peranakan Food Festival akan berlangsung 15 Juni – 15 September 2024 dan Street Food Festival pada 21 September – 12 Januari 2025.

“Jadi karena tema pertama adalah Little China maka menyesuaikan dengan profile customer dan momen yang akan berlangsung pada periode tersebut yaitu Hari Raya Imlek. Dekorasinya dibuat seolah berada di China Town yang didominasi dengan warna merah yang dipercaya dapat membangkitkan selera makan, lampion, neon box dengan tulisan mandarin yang menggantung dan menghiasi keseluruhan area, serta ada beberapa wall attraction yang dapat dinikmati ketika para pengujung akan meninggalkan Food Destination,” papar Ferry.

Sementara itu di tempat yang sama, Asiong Lie dari Jangkrik Kuliner mengatakan pada periode Little China ini lebih kurang 21 tenant ikut berpartisipasi yang menghadirkan kuliner non halal dan halal. Diantara non halal adalah SamGul, Nasi Campur Kong Hu Pay, Kwecap Veteran Pontianak, Bubur & Sop 81 Pontianak, Mana Do’ Khas Manado, Songsui Pethung, Kuotie 22 Sunny Sanjaya & Chinese Food, Bakmi Alit Pontianak, dan lainnnya.

Sedangkan makanan halal yakni Warung Bang Hen, Mie Kangkung Balacan 89, Chi Cong Fan Pluit Sakti, Nasi Semarang Bu Lani, Siomay & Co, PekingDuckLovers, Es Campur Asli Garut, Rujak Juhi & Asinan Bang Asep.

“Nantinya tiap periode akan diganti tidak hanya tema dan dekorasi. Tapi juga tenant yang berpartisipasi. Misalnya pada Kuliner Nusantara yang berdekatan dengan bulan puasa maka makanan dan minuman yang dihadirkan lebih banyak halal,” jelasnya sambil menambahkan harga makanan dan minuman dibandrol mulai Rp 25.000 hingga Rp 100.000 dengan pembayaran Cashless.

Nah, bagi yang ingin memanjakan lidah dan lambung, datang aja ke Food Destination. [foto/teks : denim]

Continue Reading

Kuliner

Kolaborasi Ryan D’Masiv x Fitri Carlina, Hasilnya : Ayam Forever Supreme!

Published

on

By

FEM Indonesia – Tak hanya bermusik, kedekatan pedangdut Fitri Carlina dan Ryan D’Masiv sebagai sahabat ternyata melahirkan ide yang lain, adalah malah menjalankan bisnis bersama. 

Rencana tersebut kemudian mendapat dukungan dari salah satu rekan mereka yang dikenal sebagai pengusaha berbasis UMKM, adalah Valentino Ivan. Valentino sendiri sudah punya 250 outlet “Ayam Forever” yang tersebar di seluruh kota di Indonesia. 

Ketiganya kemudian mengembangkan bisnis bareng dengan menelurkan sebuha menu nasi ayam dan sambal dengan nama “Ayam Forever Supreme” x Fitri Carlina. Seperti apa rasanya?

“Hari ini yang ditunggu-tunggu, akhirnya kesampaian juga,” ucap Fitri Carlina yang didampingi Ryan D’Masiv dan Valentino Ivan saat berlangsung launching atau perkenalan “Ayam Forever Supreme” x Fitri Carlina, Jl. Ciledug Raya No.4D, RT.10/RW.2, Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (6/12/2023).

Fitri Carlina mengungkapkan, bahwa “Ayam Forever” versinya memberikan beberapa menu istimewa. Menu-menu baru itu menggunakan judul-judul lagu yang pernah dinyanyikan oleh Fitri Carlina. Misalnya paket Goyang Gagak (Gogak), paket Ghosting, dan paket Anti Galau.

“Menunya beda banget, yang pasti lebih nampol! Ada sambal Mbledos, Gogak, dan sambal Anti Galau yaitu Sambal Item Madura. Rasanya sangat dijamin oke semua, rekomended!” jelas Fitri. 

Fitri menambahkan, dari menu-menu baru tersebut, citra rasa gurihnya sangat terasa. Khususnya, sambal Gogak atau Goyang Gagak, sungguh sangat enak.

“Khususnya sambal Gogak itu enak banget, ngga ilang di lidah gitu lho, asyik-asyik,” urainya.

Sementara Valentino Ivan menegaskan, selain dari segi sambal, “Ayam Forever” paket Fitri Carlina juga dilengkapi nasi uduk dan nasi kuning. “Di unsur inilah, jelas berbeda dengan menu-menu di luar sana,” katanya. Penasaran?

Continue Reading

Kuliner

20 Tahun, Mie Sedaap ‘DON’T STOP MIE NOW’ Rayakan Kesuksesannya di Hutan Kota GBK Senayan

Published

on

FEM IndonesiaMie Sedaap produksi WINGS Food merayakan ulang tahunnya yang ke-20 tahun. Selebrasi perayaanya digelar pada Jum’at, 1 hingga 3 Desember 2023 bertajuk COME SEE MIE FEST 2023 di Hutan Kota GBK, Senayan Jakarta.

Di festival ini, Mie Sedaap menyajikan beragam keseruan untuk masyarakat mulai dari Mie Sedaap special experience, pertunjukan musik, creative lab, games seru, video mapping, art installation hingga kolaborasi merchandise limited edition bisa didapatkan para pengunjung. 

Selain beragam aktivitas seru, nggak ketinggalan hadir penampilan spesial dari artis dan penyanyi seperti Isyana Sarasvati, Coldiac, Rahmania Astrini, Chintya Gabriella, Oomleo Berkaraoke serta Diskopantera.

Katria Arintya Anindyantari, Marketing Manager Noodle Category WINGS Group Indonesia

“Kami berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang sudah mencintai Mie Sedaap. Di usia yang tergolong muda, kami semangat untuk mengeksplorasi banyak hal dan make the impossible be possible. Kami berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik untuk konsumen, menjadi pelopor inovasi rasa and reach the impossible dream. Kami optimis perjalanan Mie Sedaap ke depan masih panjang dan masih banyak hal-hal baru dan seru lainnya yang akan Mie Sedaap sajikan. So, DON’T STOP MIE NOW!” ujar Katria Arintya Anindyantari, Marketing Manager Noodle Category WINGS Group Indonesia, Jum’at (1/12/2023).

Mie Sedaap tambah Katria turut mengajak anak muda inspiratif untuk meramaikan kampanye DON’T STOP MIE NOW, salah satunya dengan WD Willy merupakan seorang ilustrator lokal yang karyanya otentik dan unik. Maskot Mie Sedaap hasil kolaborasi ini memiliki lima karakter berbeda yang merepresentasikan tiap varian Mie Sedaap, mulai dari Mie Sedaap Goreng hingga Mie Sedaap Singapore Spicy Laksa.

“Excited banget kolaborasi bareng Mie Sedaap. Sama seperti Mie Sedaap, waktu gue masih umur 20 tahunan gue juga lagi semangat-semangatnya pengen melakukan ini itu, belajar dan berkarya, pokoknya gak ada takutnya melakukan hal-hal baru. Semoga dengan semangat DON’T STOP MIE NOW ini Mie Sedaap terus bisa menginspirasi kalangan muda untuk menggapai cita-cita. Aku pun berharap bisa terus berkarya sampai 20 tahun bahkan lebih ke depannya,” ungkap WD Willy. 

Terdapat juga brand lokal Indonesia di acara tersebut seperti Cosmonauts, Voted dan Nindito. Dengan mengusung spirit atau tema DON’T STOP MIE NOW maka alasan ini pula Mie Sedaap mengajak kolaborasi ini terjadi untuk menginspirasi para kalangan muda.

Untuk memuaskan keinginan kalangan muda yang senang bereksplorasi, Mie Sedaap juga menciptakan tujuh kreasi menu eksplorasi rasa, diantaranya Mie Sedaap K-Spicy Soup with Beef Kimchi Jiggae, Mie Sedaap Goreng Gyu Truffle, Mie Singapore Spicy Laksa Crispy Tempura, Mie Singapore Chilli Crab, Mie Sedaap Japanese Katsu Curry, dan masih banyak lagi. Kreasi menu Sedaap ini disajikan eksklusif selama COME SEE MIE FEST 2023 berlangsung. Jadi, jangan sampai kelewatan cobain di booth-booth Mie Sedaap!

“Dengan semangat DON’T STOP MIE NOW, ke depannya Mie Sedaap akan terus berkomitmen untuk menjadi pelopor inovasi rasa dan menyediakan produk-produk berkualitas terbaik yang dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Hal ini sejalan dengan filosofi WINGS Group bahwa ‘the good things in life should be accessible for all’,” jelas Katria.

Dalam acara, Mie Sedaap akan membagikan keseruan melalui berbagai aktivitas digital di akun Instagram resmi @miesedaapid yang bisa diikuti oleh siapa saja. Penasaran?

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending