Connect with us

Selebriti

25 Tahun Berkarir, Aktris Dian Sastrowardoyo Ungkap Belajar Akting Secara Otodidak

Published

on

FEM IndonesiaAktris Dian Sastrowardoyo tidak bisa dilepaskan dari sejarah perfilman Indonesia Modern. Diawali dengan film pertamanya, Bintang Jatuh garapan sutradara Rudi Soedjarwo tahun 2000, publik menyaksikan perjalanan kariernya di layar lebar dan layar kaca. 

Wajahnya merupakan kesegaran dan masa depan yang menjanjikan bagi industri film Indonesia ketika ia kemudian membintangi Pasir Berbisik yang disutradarai oleh Garin Nugroho tahun 2001, kemudian diikuti dengan Ada Apa Dengan Cinta? yang diproduksi oleh Miles dan disutradarai oleh Rudi Soedjarwo di tahun 2002.

Setelah lebih dari 20 film kemudian, Dian mengungkap bahwa setiap produksi film memberinya pembelajaran yang berbeda-beda. Setiap karya meninggalkan kesan tersendiri bagi perkembangan karakter pribadinya, serta memberi inspirasi untuk melakukan sesuatu yang lebih besar lagi.

“Saat film Pasir Berbisik dibuat, saya masih sangat muda. Proses syutingnya benar-benar sebuah penggojlokan luar biasa bagi seseorang yang baru berusia 18 tahun, terjun ke lokasi terpencil yang sangat alami, bersama lawan main senior yang namanya sudah ‘besar’. Di situ saya belajar menjadi seorang aktor, dan melihat bahwa proses pembuatan film butuh kerja keras dan dedikasi. Saya harus meninggalkan kehidupan sehari-hari dan diri saya sendiri, untuk kemudian pasrah kepada karakter yang saya perankan,” ujar Dian, baru-baru ini di Jakarta.

Kesuksesan film Ada Apa Dengan Cinta? (AADC) yang menyusul setelahnya kemudian menjadi anak panah yang melejitkan popularitasnya. “Booming-nya film AADC membuat hidup saya berubah total. Saya mulai menyadari bahwa hidup saya sudah menjadi ‘milik’ publik. Kami semua yang terlibat di film ini, mulai dari pemain hingga produser, sebenarnya tidak begitu siap menghadapi kesuksesan sebesar itu. Saya akhirnya menyadari bahwa menjadi public persona adalah pelajaran yang tidak mudah. Saya bersyukur bisa melewati semuanya dengan baik-baik saja,” ungkap Dian.

Namun, film Kartini lah yang kemudian memberinya inspirasi untuk mewujudkan cita-cita besar dalam hidupnya, yaitu mendirikan Yayasan Dian Sastrowardoyo dan program Beasiswa Dian. “Lewat film Kartini saya jadi belajar tentang my own goal. Waktu masuk ke dunia film dan entertainment sebenarnya tujuan saya adalah untuk sekolah. Terinspirasi dari kisah hidup dan karakter Kartini, saya jadi berpikir, mungkin bukan jalan saya untuk punya sekolah, tapi justru membuka jalan bagi orang-orang lain untuk bisa sekolah,” ujar Dian. 

Baginya, program Beasiswa Dian adalah proyek yang sangat personal dan cukup ambisius. “Tapi saya yakin bahwa saya sedang memperjuangkan sesuatu yang punya makna, and it gives my work more meaning,” jelas Dian.

Jika Dian diminta menyebutkan prioritas dalam hidupnya, pendidikan pastilah jadi salah satu yang utama. Pendidikan seperti sebuah pegangan baginya untuk menajamkan pemikiran dan mewujudkan ide-idenya yang tidak pernah habis. Ia bahkan sempat mengambil sekolah penyutradaraan dan penulisan naskah, dan berniat untuk menjalani sekolah seni peran. Untuk apa seorang aktor, yang telah mendapatkan Piala Citra dan berbagai penghargaan sebagai aktor terbaik, belajar seni peran lagi?

“Saya belajar menjadi aktor secara otodidak, tanpa menjalani pendidikan formal. Tapi jika nanti saya sudah menjadi aktor senior dengan banyak pengalaman, dan saya ingin give back, membimbing dan mengajar generasi yang baru, saya ingin melakukannya dengan cara eligible (memenuhi syarat). Untuk itu tentunya diperlukan dasar ilmu yang benar. Apa yang diberikan sekolah formal, ditambah dengan pengalam kita sendiri, akan memperkaya ilmu yang dibagikan. Dan saya ingin menjadi pengajar yang bisa mempertanggungjawabkan materi yang saya ajarkan,” ujar Dian.

Pembelajaran dalam kariernya ini juga ternyata tidak hanya didapatkan dari pendidikan formal. Dian sangat terinspirasi dan tidak sungkan untuk belajar dari sesama pekerja film, baik produser, sutradara, kru, maupun sesama aktor yang dikaguminya. “Menurut saya, kalau kita ingin karya kita makin bagus, kita harus belajar dan mau membuka diri terhadap teman-teman yang menginspirasi kita untuk maju. Kalau kita tidak bergaul dan punya hubungan yang baik dengan semuanya, kita tidak bisa saling belajar satu sama lain, dan kolaborasi tidak akan terjadi.”

Di balik kegigihan dan ketekunannya dalam berkarier sebagai aktor, Dian Sastrowardoyo juga mempunyai visi yang lebih luas bagi perfilman Indonesia, tidak hanya dalam bermain seni peran namun dalam memproduksi sebuah film. Selama masa pandemi, Dian Sastrowardoyo mengambil kursus-kursus online untuk menjadi seorang director. “Kayaknya saya ingin belajar memproduksi film dan main film seperti Charlize Theron dan Margot Robbie. This is the year that I finally went taking that leap of faith,” kata Dian Sastrowardoyo

Sejalan dengan peringatan Hari Film Nasional, dan penerbitan edisi khusus ini, Harper’s Bazaar Indonesia mempersembahkan “A Tribute to Indonesian Cinema Celebrating 25 Years of Dian Sastrowardoyo” yang digelar pada 22 Maret 2024 di La Moda, Plaza Indonesia. 

Rangkaian acara inspirasional ini dihadiri ratusan tamu dari berbagai kalangan, diisi dengan buka puasa yang hangat dan sharing moment bersama Dian Sastrowardoyo.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Selebriti

Ganti Nama Banting Setir Bisnis Herbal dan Properti, Bro Hizrah Sukses Jadi Milyader

Published

on

By

FEM Indonesia, Jakarta – Dulu orang mengenalnya sebagai Hizrah Bacan. Kini pria yang sempat menggeluti dunia musik dan PH itu mengubah imagenya dengan nama baru Bro Hizrah.

Image dulu sebagai Hizrah Bacan, penyanyi gila batu dan gila ahok yang sempat viral karena kisah cinta segitiganya dengan penyanyi dangdut dewinta Bahar dan Bonita ahay itu kini tampil lebih elegan sebagai pengusaha sukses.

Bro Hizrah mengakui perubahan namanya tak lepas dari pengalaman nya di dunia bisnis label musik dan PH yang kini sedang mati suri. Kini Bro Hizrah banting setir ke bisnis baru nya di dunia properti dan herbal 

“Saya mengganti nama dari Hizrah Bacan menjadi Bro Hizrah agar lebih akrab ketika menjalin komunikasi dengan rekan-rekan bisnis saya. Dengan mencantumkan nama bro di depan nama hizrah membuat pergaulan saya lebih akrab dengan siapapun,” ujar Bro Hizrah kepada FEM Indonesia, Sabtu (14/4/2024).

Seperti kita ketahui masyarakat Indonesia pernah dihebohkan dengan penemuan obat herbal lambung yang sangat ampuh sekali yaitu madu hijau. Bro Hizrah sebagai penemu pencipta dan pemilik hak paten madu hijau tersebut mengaku penjualan madu hijau nya bisa tembus ratusan ribu botol perbulan. Bahkan pernah sampai kehabisan stok karena kapasitas pabrik nya dalam produksi sudah tidak mencukupi. Dengan kesuksesan itu Bro Hizrah semakin antusias untuk mengembangkan bisnis herbalnya.

“Dan belum lama ini tepat nya tanggal 4  April tahun 2024, di bulan puasa kemarin saya merilis produk terbaru yaitu Madu Kaisar sebagai herbal untuk mengatasi kejantanan pria,” katanya.

Madu kaisar ini di ciptakan oleh Bro Hizrah sebagai bentuk keprihatinannya terhadap maraknya obat kuat instan yang banyak merengut nyawa karena kandungan kimia nya yang Sangat keras.

Berdasarkan data WHO 40 persen kematian pria di atas umur 50 tahun disebabkan oleh penyakit jantung secara tiba-tiba yang di akibatkan oleh obat kuat instan. “Seperti yang kita ketahui obat kuat instan bukan hanya merusak jantung namun juga bisa merusak ginjal dan juga hati,” ungkap Bro Hizrah. 

Bro Hizrah menegaskan kepada para pria yang mengonsumsi obat kuat instan agar lebih hati-hati. “Sayangilah kesehatan badan anda dan juga keluarga anda jangan anda  konsumsi obat kuat intan tersebut bila anda ingin berumur panjang,” kata Bro Hizrah.

Dari keprihatinan itulah Bro Hizrah membuat Madu Kaisar dengan mendatangkan madu dari negara Afrika dan meracik nya dengan herbal akar maca, tribulus dan lain nya sebagai bahan herbal yang mulai langka keberadaannya saat ini. Dan ini sangat aman sekali untuk jantung ginjal dan juga hati, di samping untuk memperbaiki hormon dan juga mengatasi keluhan kejantan pria.

Kandungan madu kaisar ini juga bermanfaat sebagai buldoser untuk membersihkan pembuluh darah dari plak kolesterol jahat sebagai penyebab penyakit stroke dan juga impotensi dan madu kaisar ini sudah terdaftar di BPOM dan di awasi langsung oleh ahli gizi dan farmasi jadi sudah sangat aman sekali untuk tubuh. Dengan demikian bro hizrah juga akan memasarkan madu kaisar nya di warung-warung jamu agar masyarakat dapat terhindar dari obat kuat instan.

Bukan hanya sukses di bisnis herbal saat ini  Bro Hizrah juga sedang mengembangkan bisnis propertinya dan salah satunya ada wisata alam yang sedang di bangun di atas lahan 10 hektar di daerah Bogor. “Ini merupakan satu-satunya wisata alam terluas dan terindah yang digarap diatas lahan milik saya pribadi” tutur Bro Hizrah yang memiliki 700 ribu pengikut di akun TikTok nya

Wajar kalau bro hizrah saat ini sangat sukses dan punya banyak lini bisnis yang berjalan hal itu karena keuletan dan kerja keras nya yang selalu di lakukan nya dengan tekun dan juga doa yang tak kunjung lepas di setiap jalan ikhtiar yang di lakukan nya.***

Continue Reading

Selebriti

Momen Lebaran 2024, Ayah Ojak Ingin Ayu Ting Ting Nikah Lagi Lebih Cepat!

Published

on

By

FEM Indonesia – Momen Lebaran Idul Fitri 2024, sepertinya sangat berkesan bagi Ayah dari pedangdut Ayu Ting Ting, Abdul Rozak. Pasalnya, Ayu Ting Ting dikabarkan akan segera menikah dengan kekasih TNI-nya, Muhammad Fardana.

Pria yang akrab disapa Ayah Ojak mengaku tak sabar menantikan kepulangan calon menantunya itu dari bertugas di Papua. Sebelumnya, Pada bulan Februari 2024 lalu, Ayu Ting Ting telah bertunangan dengan Muhammad Fardhana dan kini mereka merencanakan pernikahan dalam waktu dekat. 

Meski tanggal pernikahan belum ditentukan, Ayah Ojak sudah berharap untuk memiliki banyak cucu dari mereka.

“Lebaran tahun ini pastinya bersyukur, sehat, keduanya Alhamdulillah, punya mantu lagi. Insyaallah, kalau cepat lebih bagus, tetapi kalau dinas, kan lebih lama,” ungkap Ayah Ojak, Rabu lalu (10/4/2024)..

Namun, dia belum mengungkapkan lebih detail mengenai rencana bahagia sang putri. Ayah Ojak hanya meminta didoakan yang terbaik untuk rencana bahagia buah hatinya tersebut.

“Kami mohon doanya biar lancar. Waktunya memang agak jauh lagi, karena, kan, masih dinas. Semoga anaknya sehat, selamat, makanya kami minta doanya,” tandas ayah Ojak. [foto: koleksiigayutingting]

Continue Reading

Selebriti

Lebaran kedua jadi Momen Spesial artis Ardina Rasti dengan Ibunda, Erna Santoso

Published

on

By

FEM Indonesia – Lebaran hari ke-2 aktris senior Hj Erna Santoso mengaku merasa lengkap hidupnya lantaran masih bisa berkumpul dengan anggota keluarg Ardina Rasti (putrinya yang juga artis), Arie Dwi Andika (menantu) dan kedua cucu kesayangannya, Anara Langit dan Awan Biru.

Selama bulan puasa Erna Santoso dan Ardina Rasti sama-sama sibuk dengan aktifitasnya. Erna mempersiapkan acara buka puasa akbar bersama 1000 anak yatim, sementara Ardina Rasti sibuk menjalani program tv dan sinetron.

“Syukur alhamdulillah, hampir setiap tahun, kami sekeluarga bisa seperti ini. Bisa merayakan Lebaran untuk silaturahmi bersama keluarga di momentum ini secara sederhana. Yang penting, bisa memanfaatkan serta berbagi kebahagiaan di Hari Raya Idhul Fitri 1445 Hijriyah,” ungkap Erna Santoso, Kamis (11/4/2024).

Tambah Erna, meski jarang bertemu ecara intens, namun hampir tak lepas komunikasi dengan Ardina Rasti (anak) dan Arie Dwi Andhika (menantu). Kebetulan keduanya juga berprofesi sebagai artis yang tetap butuh bimbingan dan arahan. Termasuk dengan Anara Langit dan Awan Biru, kedekatannya terjaga antara dia sebagai Eyang (nenek-red) dan kedua cucunya.

“Meski sesekali dilanda kesibukan masing-masing. Tapi, kalau untuk di Hari Raya Idhul Fitri/Lebaran ya tentu saja kita bisa berkumpul dan ini menjadi sangat spesial momentumnya,” imbuhnya

Sementara Ardina Rasti mengaku sangat merasakan hal yang sama. Bentuk kebahagiaan utuh bersama keluarga, katanya khususnya di saat merayakan hari kemenangan Idhul Fitri. 

“Setiap tahunnya, selalu kami rayakan seperti ini, tapi dalam suasana dan cara yang sederhana saja,” kata Ardina Rasti diamini sang suami Arie Dwi Andika.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending